Rabu, 30 April 2014

ROTI TAWAR COKLAT (BREAD MAKER)



Masih posting tentang rerotian nih, jangan bosen yaa. Alhamdulillah sudah hampir sebulan ini saya selalu membuat roti tawar sendiri, seminggu bisa 3 kali buat roti. Bisa roti tawar, roti manis atau roti yang gurih, tergantung permintaan anak-anak dan ayahnya aja. Kali ini saya membuat roti tawar coklat dengan water roux, dan sebetulnya ini bikinnya udah 2 minggu yang lalu. Saya suka sekali membuat roti dengan water roux karena rotinya jadi empuk dan lembut teksturnya. Tapi baru kali ini water roux saya buat menjadi roti tawar.

Roti tawar ini saya buat langsung dari bread maker (BM), dan ternyata untuk satu resep roti dengan water roux yang biasa saya pakai ini terlalu penuh kalau untuk dibuat menggunakan BM. Saya lupa main cemplang-cemplung bahan aja ke dalam wadah BM, baru sadar waktu adonannya mengembang wooww... gede banget dan luber sampai ke sisi-sisinya. Akhirnya saya kempesin di bagian tengahnya, biar waktu proses pemanggangan nggak gosong di pinggiran BM nya. Makannya bentuk roti tawarnya bagian tengah jadi cekung dan permukaan atasnya nggak rapi.

Hitam-titam di bagian atas roti itu bukan gosong yaa, itu choco chip, rencanannya pengen bikinn roti tawar coklat yang bertaburan choco chip di rotinya. Tapi karena telat masukin choco chipnya, ehh jadi bagian atasnya aja yang kena choco chipnya.Tapi kalau ditanya soal rasa dan teksturnya, alhamdulillah sesuai dengan yang saya harapkan, empuk-empuk enak. Dimakan gini aja tanpa olesan apa-apa udah enak apalagi waktu masih panas pas baru keluar dari BM, nikmatnya pake banget hehe.



Ini saya share cara membuat roti tawar secara manual dan yang memakai BM. Kalau untuk BM pilihan menu untuk membuat roti tawar berbeda-beda nomornya tergantung tipe BM nya. Saya menggunakan kenwood BM250, dan karena banyak juga yang tanya bagaimana sih penampakan BM yang biasa saya pakai, maka saya lampirkan juga si BM yang selalu menemani saya dalam membuat roti didapur. 

Kenwood BM250

ROTI TAWAR COKLAT

Water roux :
- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

Campur air dan tepung terigu dalam panci, aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental jangan sampai mendidih. tandanya apabila diaduk dengan sendok akan terbentuk jejak sendok di dasar panci.

Bahan :
- 400 gr tepung protein tinggi
- 200 gr tepung protein sedang
- 20 gr coklat bubuk
- 100 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur utuh+1kuning telur
- 10 gr ragi instant
- 200 gr water roux
- 170-200ml air hangat
- 75 gr margarin
- 1 sdt garam

 Cara membuat roti tawar secara manual/diuleni pakai tangan :
  1. Campur terigu, susu bubuk, coklat bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata.
  2. Tambahkan water roux, kuning telur, putih telur dan air hangat sedikit demi sedikit sampai diuleni hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam uleni lagi hingga kalis elastis, adonan mulus, licin dan  adonan tidak mudah sobek saat ditarik.
  4. Simpan dalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak dan tutup dengan serbet lembab atau plastik warp diamkan kira-kira 45-60 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat.
  5. Kempeskan adonan uleni lagi sebentar lalu bulatkan dan diamkan selama 10 menit.
  6. Simpan adonan ke dalam loyang roti tawar atau loyang loaf. Diamkan adonan sampai mengembang 2kali lipat.
  7. Panaskan oven 200'C, panggang roti selama 15-20 menit.
  8. Angkat, olesi permukaannya dengan mentega. Biarkan dingin lalu iris mengunakan pisau roti/pisau bergerigi

 Cara membuat roti tawar menggunakan Bread Maker (BM) :
  1. Tuang bahan yang cair terlebih dahulu seperti telur dan air ke dalam wadah BM. Tambahkan bahan water roux.
  2. Ayak terigu, susu bubuk, dan bubuk coklat, sebarkan di atas adonan cair di dalam wadah BM.
  3. Letakkan garam di salah sudut (anggap namanya sudut 1), gula di sudut yang lain (sudut 2), dan margarin di sudut lain lagi (sudut 3). Gali sedikit lubang di bagian tengah tapi jangan sampai menembus ke cairan di bagian bawah lalu letakkan ragi instan. 
  4. Tekan menu, lalu pilih no. 1 (Basic), tekan tombol on.
  5. Biarkan hingga roti matang sekitar 3,5 jam.
  6. Saat mesin sudah berhenti, keluarkan wadah roti, lepas roti dengan bantuan spatula, balik wadah untuk mengeluarkan rotinya. Biarkan dingin, roti siap diiris.
Semoga sharing saya tentang BM ini bermanfaat yaaa, selamat mencoba... happy baking... dan selamat membuat roti tawar homemade, yang insya allah jauh lebih sehat dan enak.






11 komentar:

Anonim mengatakan...

Aslmlkm Teh Isna, makasih ya dah ditunjukin penampakan brad pitt eh bread makernya, hehehe.... Mo dimasukin ke wish list tp kayaknya mahal banget ya harganya?
-ida-

Isna Sutanto mengatakan...

wahh klo brad pitt sih saya mau juga tuhh hehee...

tergantu tipenya mba, ada banyak merk BM yang tercangkau kok. coba aja googling mba, met hunting yaa :)

Mawarmelati mengatakan...

Mba, kalo pake breadmaker & mau chocochips nya tersebar di roti, kira2 kapan ya masukin nya?

Isna Sutanto mengatakan...

Hallo mba Somadiah fathullh...

sewaktu bm mengaduk adonan dan adonan sudah tercampur biasanya bm akan mengeluarkan bunyi, nah masukan choco chipnya.

inneke mengatakan...

Salam kenal mbak Isna.saya Inneke.kmrn saya coba resep mbak ini dng menggunakan BM yg sama jg.tp kok hasil roti sy agak asam dan keesokan harinya jd keras ya mbak....kira2 saya salahnya dimana ya....semua takaran dan step by stepnya sdh sama dng resep mbak.terima kasih untuk masukannya....

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mbk. Salam kenal. .. aw td uda cb resep ni... berhasil tanpa BM he he.... semua suka. Ty ya mbak...

Unknown mengatakan...

pakai mesin mixer roti lebih enak kali ya sis? :D

Unknown mengatakan...

Itu pakai mesin mixer roti gan? :D

Unknown mengatakan...

assalamualaikum mba isna..klo beli BM itu ada buku resep"nya kan mba? boleh saya minta copy'an dr resep" itu mba ?? thanks bgt mba :D

Unknown mengatakan...

Salam krnal mbak ine. Saya baru j bli BM..tp y gt..blm berani mencobanya..boleh saya minta kontak WA ato yg lain buat tanya2. Klo g keberatan mbak. Mksh sblmnya😊

Glentina Pasaribu mengatakan...

Saya juga senang bikin roti dengan Brad Maker.
Bener mba. Dengan water roux, rotinya jadi lembuutt banget..