Rabu, 06 Maret 2013

Cheese Banana Bread

Kalo punya buah pisang di rumah ga pernah cepet abisnya.....selalu aja tuh pisang nongkrong di meja makan ga ada yg nyolek. Daripada lama-lama tuh pisang jadi makin item&busuk yaa mending diolah aja deh.... Punya pisangnya sihh ga banyak cuma 4buah pisang ambon ukuran sedang, dan lagi-lagi dibikin jadi banana bread aja yang gampang, cepet ga pake mixer-mixeran.


 BANANA BREAD
(Adapted from Joy of Baking)

Bahan-bahan :
1 3/4 cups (230 grams) terigu serba guna (protein sedang/segitiga biru)
1/2 cup (100 grams) gula pasir
1/4 cup (30 grams) gula aren bubuk
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
1/2 cup (113 grams) butter/margarin, lelehkan dan dinginkan
3 buah pisang ambon ukuran besar/cavendish matang (sekitar 450 grams), hancurkan dengan garpu
1 sdt pure vanilla extract
Keju cheddar parut


Cara membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang loaf (aku pakai ukuran 24x10x6 cm), olesi dasar dan sisinya dengan mentega, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
2. Dalam sebuah mangkok/baskom yang agak besar, aduk dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir dan gula aren bubuk. Campur rata. Sisihkan.
3. Dalam mangkok lain, campur pisang, telur, mentega leleh dan vanilla. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet. Aduk cukup hanya sampai bercampur saja, tidak usah sampai lembut dan halus.
4. Tuang ke dalam loyang. Taburi keju cheddar parut. Panggang dalam oven selama 60 menit atau sampai matang dan kecoklatan (sesuaikan dengan oven masing-masing ya...). Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi bersih.



Nah.....kalo udah jadi camilan kaya gini cepet ludesnya....maklum dirumah tuh gak begitu suka buah pisang dimakan gitu aja, tapi klo udah diolah jadi cake or pisang goreng laris manis deh... :)



Menurut ku sih tekstur banana bread ini memang padat, ngenyangin makan sepotong 2potong juga dan rada seret ditenggorokan....jadi mending sedia air putih yaa klo mo ngemil si cheese banana bread ini....heheheee

Tidak ada komentar: