Selasa, 17 Desember 2013

LBT#28. STRAWBERRY CHEESE CAKE IN JAR




Tantangan untuk LBT#28 bulan ini adalah Cake in Jar. Cake in jar bisa diartikan sebagai cake yang dikemas di toples kecil. Inovasi cake in jar sebenarnya sudah dimulai sekitar tahun 2011 dan masih banyak diminati hingga saat ini. Cake ini disajikan dalam toples-toples kecil yang lucu sehingga menjadi sangat menarik. Untuk menikmati cake in jar, kita tidak memerlukan lagi pisau untuk memotong cake dan juga piring kue karena kreasi cake in jar bisa langsung dinikmati dari toples kemasannya.

Terdapat dua cara untuk membuat cake in jar. Pertama, bisa membuat adonan kue dan memanggangnya terlebih dahulu, lalu dipotong sesuai bentuk stoples dan disusun bersama beberapa lapisan krim atau tambahan lainnya. Yang kedua dengan cara menuangkan adonan kue ke dalam toples lalu dipanggang. Cake yang bisa digunakan sebagai cake in jar contohnya adalah rainbow cake, black forest, ombre cake, red velvet cake, tiramisu, carrot cake, cheese cake dan lain sebagainya. Untuk krim atau fillingnya bisa memakai buttercream, whipcream, ganache, cream cheese frosting dan lain sebagainya disesuaikan dengan base cake yang dipakai dan tentunya dengan selera masing-masing.

Kemasan yang digunakan biasanya adalah mason jar, toples kaca dengan tutup botol ulir yang diputar. Jenis jar ini biasanya digunakan untuk mengawetkan atau menyimpan acar atau selai. Kita bisa memanfaatkan yang kita punya di rumah, misalnya botol bekas selai, gelas bening atau bahkan cup mika. (Group LBT)




Suka banget liat cake yang dikemas di jar/toples ini, apalagi kalau mampir di gerai bakery&cake pasti deh ada cake in jar ini berjejer manis dan cantik warnanya serta penyajiannya. Belum pernah beli sih, karena menurut saya rasanya pasti sama saja dengan cake yang biasanya gak ada yang special hanya beda cara mengemasnya saja. Basic cake yang saya buat untuk cake in jar ini yaitu vanilla sponge cake dengan filling cream cheese, pakai cream cheese karena suami dan anak-anak kurang suka buttercream dan biar ada asem-asem seger saya selai strawberry homemade.  

Lagi-lagi setor tantangan LBT bulan ini telat, padahal sudah direncanaiin sehari sebelumnya untuk buat CIJ ini biar bisa ontime setornya. Sampai-sampai malam saya sempetin ke supermarket buat hunting cream cheese, eh kok yaa sampe rumah waktu lagi beresin belanjaan baru sadar kalau yang saya beli bukan cream cheese tapi creme fraiche. Apa itu creme fraiche? waduuhh..baru tau deh ada juga keju kaya gini...tepok jidat hehe... Untuk merk yummy memang ada banyak macam-macam jenis keju tapi yang paling sering saya beli cuma cream cheese dan mascarpone nya saja. Akhirnya tertunda deh buat strawberry cheese cake nya, karena saya liat di label creme fraiche ini digunakan untuk soup dan sauce bukan untuk cake. Disaat teman-teman yang lain setor CIJ tepat waktu di tanggal 11 Desember saya malah baru buat deh, tapi harus tetep semangat dong yaa...



Sekedar berbagi info untuk teman-teman yang mau membeli cream cheese merk Yummy jangan  asal ambil seperti saya yaa, tapi liat dulu label produknya bener gak dengan apa yang sedang dicari. Sepintas hampir sama yaa warna dan tulisan nama produknya, klo mascarpone sih sudah jelas banget bedanya jadi gak mungkin yaa salah ambil. Kalo ampe salah sih kebangetan hehee...



STRAWBERRY CHEESE CAKE

Bahan :
Vanilla Sponge cake
6 butir telur
200 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1 sdt vanili bubuk
250 gram terigu protein sedang
100 gram margarin
100 gram butter

Cara membuat :
- Panaskan oven. Alasi loyang 22x22 dengan kertas roti, sisihkan.
- Lelehkan margarin dan butter, dinginkan, sisihkan.
- Kocok telur, gula, emulsifier dan vanili bubuk sampai mengembang.
- Masukkan terigu yg sudah diayak, aduk rata.
- Tambahkan margarin/butter cair, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam loyang, panggang sampai matang.
- Belah melintang menjadi 2 bagian, siap untuk dicetak.

Strawberry Jam
250 gram buah strawberry, belah jadi 4bagian
150 gula pasir
1 sdm air jeruk lemon

Panaskan strawberry dalam panci sampai berair, masukan gula pasir dan air jeruk lemon.
Aduk-aduk terus sampai gula larut, tekan strawberry dengan sendok kayu disisi panci jangan sampai hancur biarkan bertekstur. Setelah kental dan mendidih, angkat. Dinginkan.

Cream Cheese Filling
150 gram cream cheese
50 gram unsalted butter
100 gr wippy cream bubuk+200 ml air dingin


Kocok cream cheese dan unsalted butter samapai lembut/creamy menggunakan wisk, sisihkan. Kocok wippy cream bubuk dan air dingin dengan mixer sampai kaku. Masukan campuran cream cheese kocok sampai tercampur rata dengan kecepatan rendah. Masukan dalam piping bag/plastik segitiga, sisihkan.


Siapkan jar, cetak cake menggunakan gelas yang diameternya lebih kecil sedikit dari diameter jar. Masukan cake dalam jar/toples kecil.


Semprotkan cream cheese filling.


Beri strawberry jam/selai diatas cream cheese.


Lakukan seterusnya sampai bagian atas jar, diakhiri dengan cream cheese dan selai strawberry. Tutup jar simpan dalam kulkas sampai cake in jar benar-benar set dan siap dinikmati.





Cake in jar nya penampakanya berantakan banget yaa layer antar cake, cream cheese filling dan strawberry jamnya bercampur gak jelas acak-acakan. Tapi menurut saya inilah yang bikin CIJ ini keliatan cantik dan seksi... menghibur diri karena liat CIJ punya temen-temen cantik dan rapi layernya hehee... Kalau ditanya soal rasa menurut saya strawberry cheese cake ini enak dan gak bikin enek, vanilla cake yang manis  di gabung dengan cream cheese filling yang rasa kejunya light karena tambahan wippy cream dan butter untuk fillingnya. Apalagi ditambah selai strawberry homemade yang manis-manis asem tambah yummy deh, perpaduan cocok banget. Thanks LBT....


29 komentar:

Anonim mengatakan...

beli jar nya dimana ya

Isna Sutanto mengatakan...

di ace hardware atau di toko bahan kue juga ada.

Adelia Firandi mengatakan...

Ini buat berapa loyang mbak?

Isna Sutanto mengatakan...

untuk cakenya saya buat pakai loyang ukuran 22x22cm, lalu dibelah melintang dan dicetak bulat pakai gelas mba.

Anonim mengatakan...

Mbak, ini tahan brp lama ya? Trus penyimpanannya apa hrs di kulkas? Sama dijual brp mbak? Hehe, maaf banyak nanya..

Salam kenal, Intan

Isna Sutanto mengatakan...

Salam kenal juga mba Intan....
untuk lebih awet memang harus disimpan dikulkas mba, dalam jar tertutup rapat bisa tahan sampai seminggu. ini gak dijual mba, untuk dikonsumsi sendiri aja hehehe...

Rany Adutawati Tersenyum mengatakan...

Makasih ya sis resepnya..... jd pengen cpt2 nyoba nich... hehehe

Isna Sutanto mengatakan...

@mba rany : sama2 mba, semoga suka yaa :)

indah lestari mengatakan...

mbak harga jar nya kisaran brapa ya ?
di jambi susah nyari nya -_-

Isna Sutanto mengatakan...

haloo mba Indah....

kalau yg saya pakai ini jar bekas selai atau saus bolognise mba, di ace hardware ada jar seperti ini sekitar @20ribuan. Bisa juga pakai gelas mba, untuk tutupnya bisa menggunakan kain atau plastik motif yg diikat pita. kalau untuk jualan, coba mba nya cari di TBK bisanya menjual toples2 kecil dari plastik, insya allah harganya lebih murah.
semoga membantu yaa mba... :)

Anonim mengatakan...

Mbak ada cp gak pgn nyoba jg pgn nanya personal message biar lwbh enak eheheh

Isna Sutanto mengatakan...

salam kenal mba Intan....
Di kanan atas ada cp saya, bisa email or fb :)

ENCHEF MITHA mengatakan...

Salam kenal mbak isna....
Cream cheesenya bisa di skip gak...? Ato malah bisa diganti dengan yang laen....
Soale di tempatku sini gak ada creme cheese.... whiped cream aja hanya di satu toko doank yang jual... itupun sering kehabisan.... hihihihi....

Isna Sutanto mengatakan...

Salam kenal mba enchef Mitha....

untuk frostingnya bisa diganti butter cream, ganache, atau disesuaikan saja dengaan bahan yg ada

Saufadilla NI mengatakan...

Itu cream yg mba buat, udh manis belum yaa??

Isna Sutanto mengatakan...

hai mba Saufadilla....

karena ini cream cheese frosting jadi rasa manisnya light mba, kalau mba mau frosting yg rasanya manis bisa pakai butter cream.

Anonim mengatakan...

Tbk itu apa mba?

Isna Sutanto mengatakan...

TBK itu, Toko Bahan Kue :)

Jenny Winarta mengatakan...

Siang, salam kenal mbak isna, saya mau tanya, proses dari awal pembuatan sampai akhir jadinya kira" butuh waktu brp lama ya?

Isna Sutanto mengatakan...

Haloo mba Jenny.....
salam kenal juga yaa :) saya buat selai strawbery nya sebelumnya, terus disimpan dikulkas. kalau untuk membuat basic cake, filling dan menyusun di jar mungkin bisa sampai 2-3 jam. Atau mba bisa membuat cake nya malamnya.

Kusmala Rizky mengatakan...

Hallo mba isna ^^
Cake nya di panggang di dalam oven berapa lama ?
Terimakasih ^^

anonymous mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr., Wb. mbak isna, ovennya brp derajat Celsius? Dan brp lama? Tks 😊

Wassalamu'alaikum Wr., Wb.

Isna Sutanto mengatakan...

Waalaikumsalam wrwb...
Halo mba kusmala dan no name :)

Setiap oven berbeda2 panas nya oven listrik belum tentu sama dengan oven gas, oven gas yg biasa kita pakai belum tentu sama juga dengan oven orang lain. Jadi kenali oven masing-masing hehe... Kalau saya untuk cake biasa pakai suhu 160'C, waktu manggang bisa diliat dari cake nya. Kalau pinggir dan bagian atas sudah kering kecoklatan, bisa dilakukan tes tusuk. kalau tidak ada adonan yg masih basah menempel di lidi berarti cake sudah matang. Semoga jelas yaa mba :)

Mutia Resfi Kinasih mengatakan...

Hai mbak, mau tanya itu adonan untuk berapa jar dengan volume berapa ml (mili liter) ya? Lalu kalau sponge cake nya mau dibuat rasa cokelat tinggal ditambah cokelat cair atau bubuk (atau kira2 apa?) dan kira2 seberapa banyak? Terimakasih banyak mbak.

Fransiska mengatakan...

Kayanya pas buat cemilan.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum,mb isna...
sya mau tanya,kira kira kalau cake nya di kukus akan merubah rasa dan bentuk atau tidak?terima kasih..

Nonov Thaniaa mengatakan...

Bisa minta pin bbm atau apa gtu yg bisa hub mbak , saya terinsfirasi mba untuk menjual , dan ingin tau selebih nya

Aldrie Ryvan mengatakan...

Ba mau tanya nih pngn tau nih ngaduk wipi krim.y brpa lama biar kaku gitu... Trus harga krim cheese brp ya..?Mksh mba

Glands Justien mengatakan...

wow mantab mba... mba aku mau ajak mba begabung untuk jual produknya di TempatJualan.co.id ..
harga satuannya berapa ya mba ?? Terimakasih ^_^