Senin, 24 Maret 2014

BAKPIA PATHUK KACANG HIJAU & STEP BY STEP



Menurut Wikipedia, Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.
Bakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Mengingat masyarakat Jogja cukup banyak yang beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.


Bakpia merupakan jajanan khas dari Yogjakarta yang sering dijadikan oleh-oleh bila berkunjung ke sana. Bakpia yang saya tahu ada dua, yaitu bakpia basah seperti bakpia Pathuk ini dan bakpia kering yaitu bakpia yang renyak kulinya. Bahan-bahan yang digunakan kedua jenis bakpia ini hampir sama hanya beda di cara membuat kulitnya saja, untuk filling pun bisa diisi dengan berbagai macam rasa, seperti kacang-kacangan, keju coklat, selai bahkan ada juga yang diisi dengan ubi ungu.

Perbedaan bakpia basah dan bakpia yang kering yaitu dicara membuat kulitnya. Untuk bakpia basah, setelah kedua lapisan kulit dijadikan satu cukup sekali saja melipat adonan kulitnya kemudian dibulatkan dan rendam dalam minyak terlebih dahulu, baru diberi isian. Sedangkan untuk bakpia kering, kedua lapisan dijadikan satu kemudian dibentuk seperti amplop digilas lagi dan bentuk lagi seperti amplop lakukan sampai tiga kali, ini bertujuan agar kulit berlapis-lapis sehingga menghasilkan kulit yang renyah. Bakpia kering tidak perlu direndam dalam minyak sebelum diberi bahan isian, jadi setelah proses lipat gilas bisa langsung diberi filling.



Ini pertama kalinya saya buat bakpia ternyata setelah di praktekan proses membuatnya tidak sesulit kalau kita membaca resep yang kelihatannya ribet. Saya membuat bakpia basah isi kacang hijau, seperti bakpia pathuk yang otentik dengan isian kacang hijau. Resepnya saya liat dari mba Diah Didi, dan berikut saya membuat step by step nya semoga dapat mempermudah teman-teman yang mau mencoba membuat bakpia.

BAKPIA PATHUK KACANG HIJAU

Bahan isi/Kumbu kacang hijau 
250 gr kacang hijau (saya pakai kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam) 
200 gr gula putih
1/8 garam 
50 ml santan kental (saya pakai 100ml )
2 lembar daun pandan 

Cara membuat :
kacang hijau yang sudah di rendam dibersihkan, kukus selama 30 menit sampai matang dan empuk, haluskan. Setelah dihaluskan campur dengan gula, santan, garam dan daun pandan. Aduk rata. Masak dengan api sedang biakan sampai adonan kering dan santan sudah terserap.  Angkat, biarkan dingin,

Untuk satu resep kumbu kacang hijau ini jadinya lumayan banyak, jadi kalau mau sekali pakai atau tidak mau nyetok lebih baik buat saja setengah resep.

Bahan Lapisan
Kulit I :
125 gr tepung protein sedang 
65 gr tepung terigu protein tinggi 
2 sdm gula pasir 
100 ml air 
1/2 sdt garam
200 ml minyak sayur (50 ml tuk campuran adonan, sisanya tuk merendam adonan) 

Kulit II :
65 gr tepung terigu protein sedang (all porpuse) 
25 ml minyak goreng 
1/2 sdm mentega
Cara membuat :
Kulit II : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan. 
Kulit I : Panaskan air, masukan gula, aduk sampai gula larut. Angkat. Campur kedua tepung dan garam, masukkan air gula aduk sampai kalis dan tercampur rata. Tuang minyak sayur sedikit demi sedikit sebanyak 50ml, uleni hingga adonan kalis. 
Adonan kulit I yang berwarna putih dan kulit II berwarna kuning


Timbang adonan kurang lebih 15-20 gram atau ukuran disesuaikan selera masing-masing. Kalau saya bagi kedua adonan kulit menjadi 20 bagian.


Tipiskan adonan kulit I


Ambil adonan kulit II lalu ratakan di atas permukaan kulit I secara merata.


Lipat seperti amplop.

Satukan ujung-ujungnya ditengah.


Bulatkan adonan kulit.


Rendam bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit. Adonan jangan terlalu lama berendam, karena nanti hasil kulitnya menjadi terlalu renyah.


Pipihkan adonan.


Beri isian kacang hijau ditengahnya.


Bentuk menjadi bulat pipih.
Panggang sampai matang kurang lebih 15 menit, balik bakpia lalu panggang lagi sampai kedua sisinya matang dan berwarna kecoklatan. Bisa juga di panggang menggunakan wajan anti lengket atau teflon dengan api kecil.



Tidak sia-sia ngoprek di dapur... puas banget dengan hasil si bakpia pathuk ini, isian kacang hijaunya lembut dan tekstur kulitnya lembab tapi tidak kering, hampir-hampir miriplah sama bakpia yang di Yogja itu hehee. Komentar si ayah sih kalau disuruh icip-icip selalu bilang enak, dan belum aja bakpia yang ini habis udah request minta dibikinin bakpia yang renyah. Oke deh yah..... insya allah ntar di buatin yang versi bakpia kering, penasaran juga nih hehee...



Selamat mencoba yaaa.... Happy baking ^^.



28 komentar:

Krishna Kaa mengatakan...

hai mbak, pingin nyoba bakpianya. saya tinggal di bali juga, pingin tau beli working mat/alas buat ngegilas adonan itu dmn ya?

Isna Sutanto mengatakan...

halo juga mba... sama yaa kita :)
saya beli di ols mba di facebook,namanya chiaki baking tools.

Anonim mengatakan...

Hlo mbak, aku udah nyoba sesuai resep....bahan kulit 1 n 2 ok sesuai digambar, cuma setelah dipanggang jadinya rada keras ya, pdhal rasanya udah ok lho.
Kira2 salahnya dimana ya mbak?aku tepung pake standard flour.
Trimakasih seblomnys

Anonim mengatakan...

Mhn info contoh merk tepung yg berprotein tinggi dan yg sedang. Soale pd kemasan ga ada keterangannya.

Isna Sutanto mengatakan...

sewaktu direndam dalam minyak lama or gak? klo terlalu lama kulit jadi kering dan tidak lembab.

Isna Sutanto mengatakan...

protein tinggi merk cakra, prot sedang segitiga biru.

Inggih Laras Ati mengatakan...

wah infonya bermanfaat sekali...
mau segera coba nih. Btw yg bakpia renyahnya udah ada belum post nya yah?

Isna Sutanto mengatakan...

haloo mba inggih....

resep bakpia renyah sudah ada mba, search aja bakpia coklat dan keju :)

cheaper shop collection mengatakan...

Mba isna sy mau tanya... di panggangnya di suhu brapa ya mba? Pakai oven tangkring bisa ga ya mba?. Makasi mba... saya ijin save resep yah... :)

Ardiyanti Ulyana mengatakan...

Terimakasih mbak isna, sangat membantu foto step by stepnya. dan saya juga sudah membuatnya juga ^^ saya copy resepnya mbak ke blog saya, saya udah mencamtumkan link blog nya mbak. terimakasih :)

Edy Priono mengatakan...

pengin buka usaha d rumah bareng istri,, saya sama skli gak bsa masak, tp pgn bsa masak,, makasih banyak buat infonya,,,

aditya adriyanto mengatakan...

Terima kasih resepnya mbak Isna. Kebetulan saya lg belajar bikin kue dan kue pertama yg ingin saya coba praktek adl bakpia. Smoga bermanfaat mudah-mudahan bisa membuka usaha. Amin

majesticmaiden mengatakan...

Halo mba.. mau tanya dong kalau untuk bagian isinya itu mba pakai santan 100ml kan ya? Itu santan kental atau rada encer mba? Lalu mendingan pakai santan bikin sendiri atau pakai santan instant aja? Makasih... Anyway nice sharing mba. Weekedn ini mau coba hihi

Isna Sutanto mengatakan...

haii Majesticmaiden.....

saya pakai santan instant yang kemasan kecil ditambah air sampai 100ml lalu aduk rata. Kalau mau pakai santan dr kelapa asli juga bisa lebih enak dan gurih tuh :)

Adrian Eng mengatakan...

Setahu aku,bakpia adalah makanan ringan ex-budaya keturunan chinese di tanah jawa,khususnya pada zaman kolonial sekitar 1920 yaitu babah kwok.
trims,.....YC0LOG

Trigo mengatakan...

Mba Isna,
Maaf tepung protein tinggi sama tidak tinggi itu apa yah? saya di Inggris dan tidak ada itu disini ..lol mohon infokan dan emial alangsung klo bersedia: t-neo-star@hotmail.com

Terima kasih!

rino kusnanto mengatakan...

resep ini jadi berapa bakpia ya?

Eka Tanjung mengatakan...

Terima Kasih ilmunya ya. Senang sekali dapat resep yang joss. Sehingga istri di rumah bisa mempraktikkannya dengan mudah. Sore hari ditemani teh hangat, makan Bakpia Pathuk buatan sendiri bersama kawan-kawan Londo di dekat Amsterdam.

Meihua D'Princes mengatakan...

Copas Copas ah besok mo bikin bakpia pathok ala mbak isna.... Thanks tipsnya.

Cs Blog Rohandi mengatakan...

Sejarah Bakpia Pathok 25 - Kue pia memang kue yang sangat enak di sajikan untuk di kala cuaca hujan atau bisa juga kita sajika di kala pagi, atau malam hari. Disini kita akan membahas tentang sejarah kue pia, akan tetapi kue pia yang kita maksud disini adalah bakpia khas jogja. Apakah itu ? ya kue pia khas jogja yang sudah banyak orang ketahui adalah Bakpia Pathok 25.

DrCat mengatakan...

salam dari Malaysia, sedang google info kueh bakpia , ada kawan baru balik dari Jogja bawa kueh ini.....lalu jumpa blog ini:) nice!

Anonim mengatakan...

Mbak Isna. Ijin menyimpan foto tutorial di Album FB saya ya. Biar bisa dipakai setiap saat.

Anonim mengatakan...

Mbak Isna. Ijin menyimpan resep dan foto tutorial di Album FB saya ya. Biar bisa dipakai setiap saat. Uut Utami Yogyakarta.

Siti Arofah mengatakan...

ijin save via fb bu Isna... Suwuun

Bakpia Pathok Jogja mengatakan...

Sukses terus buat. Bakpia memang tiada duanya

Distributor Selang mengatakan...

ijin save via fb bu Isna... Suwuun

Sedot lemak mengatakan...

smakin sukses ya bu, Suwuun

pipit herawati mengatakan...


terimakasih resp bak pia, mbak Ina ini memang cocok bagi ibu- ibu yang ingin membuat kue, tolong ada ada resep yang baru lagi . Cara membuat nya ditulis lengkap sekali , dan kita tidak ragu-ragu untuk mencobanya.


Sekali lagi saya ucapkan terima kasih . Salam hangat selalu