Minggu, 28 April 2013

MEXICAN COFFEE BUN (ROTI BOY)



Anak-anak suka banget roti yang satu ini dan jadi jajanan wajib kalau lagi ngemall, apalagi bau coffee nya pas lagi dipanggang dari jarak jauh aja udah tercium bikin laper.....klo dah gitu kaka Kay dah langsung minta beli tuh. Ga sabaran... Roti boy ini termasuk roti manis yang beraroma kopi yang didalamnya diisi lelehan butter atau bisa juga diisi filling lain sesuai selera seperti coklat, keju, selai dan sebagainya.  Saya dan keluarga hobi banget makan roti apalagi kalau bikin sendiri berasa puas aja makannya, cuma karena saya nguleni adonannya manual jadi berasa pegel-pegal aja nih tangan apalagi proses profingnya yang lama sampi 2kali  (adonan mengembang 2kali adonan awal) jadi berasa lama banget buatnya. Maklum gak punya BM (bread maker) masih masuk list aja blom dibeliin sih heheeee....ngareup buangett



 Untuk adonan dasar rotinya saya  pakai resep soft bread NCC dan untuk topping diatasnya saya pakai resepnya Ricke-ordinarykitchen yang memakai kopi hitam yang diseduh sedikit air di tambah pasta coffee mocca. Menurut saya biarpun tidak memakai essence roti ini sudah ngopi banget baunya. 

Mexican Coffee Bun (Roti Boy) 

Bahan-bahan:
200 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
6 gr ragi instant
1/4 sdt vanila bubuk
1/4 sdt Bread Improver (optimal)
50 gr gula pasir halus
2 kuning telur kocok lepas
100 ml air es
50 gr mentega
1/4 sdt garam

Filling :
Salted butter/mentega asin beku. potong dadu kira-kira @10 gram

Topping :
50 gr mentega
50 gr gula halus
1 butir telur
60 gr terigu protein sedang
15 gr susu bubuk instant
1 sdm kopi bubuk hitam, larutkan dengan 1 sdm air panas dinginkan.

Cara membuat :
  1. Campur terigu, susu bubuk, vanila, bread improver, ragi instant dan gula pasir aduk rata.
  2. Tambahkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sampai uleni adonan hingga kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam uleni lagi hingga kalis elastis, adonan mulus, licin dan  adonan tidak mudah sobek saat ditarik.
  4. Simpan dalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak dan tutup dengan serbet lembab atau plastik warp diamkan kira-kira 45-60 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat (proffing 1).
  5. Kempeskan adonan uleni lagi sebentar lalu bagi menjadi 9-11 bagian sama berat kira-kira 40-50 gram diamkan 10 menit.
  6. Pipihkan adonan beri isian butter beku rapatkan dan bulatkan lalu simpan dalam loyang yang sudah diolesi mentega tipis diamkan 30-40 menit sampai mengembang (proffing 2)
  7. Cara membuat adonan topping : kocok mentega dan gula halus sampai benar-benar lembut tambahkan telur kocok rata.  Masukan terigu dan susu bubuk aduk rata. Masu larutan kopi hitam dan pasta coffee mocca aduk rata.  Masukan dalam kantong segitiga/piping bag simpan dalam kulkas sampai siap digunakan.
  8. Panaskan oven 200'c, setelah proffing 2 semprotkan topping secara melingkar diatas permukaan roti sampai 3/4 bagian saja.
  9. Panggang roti selama 10-12 menit tergantung panas oven masing-masing yaa sampai permukaan roti mengering. Angkat dan sajikan selagi hangat.


Alhamdulillah hasilnya enak tidak mengecewakan, tekstur rotinya lembut banget sebanding deh ngulenin adonannya yang bikin tangan pegel-pegel hehee.... Topping nya warnanya lebih gelap dibanding roti boy pada umumnya mungkin karena saya pakai larutan kopi hitam instant  jadi warnanya kehitaman.  Sebenarnya hasil roti boy yang saya buat ini kering dan mulus dibagian atasnya tapi di foto-foto ini rotinya kelihatan tidak bundar, lembab dan toppingnya nya tidak mulus (kulitnya ada yg terlupas). Ini karena roti yang saya pakai untuk difoto adalah roti yang sudah diinapkan semalam yang saya simpan dalam wadah kedap udara, jadi kulitnya menempel di wadahnya dan paginya saya panaskan lagi sekitar 2-3menit dalam oven. Waktu roti ini matang keluar dari oven sudah mau magrib jadi saya tidak langsung jeprat-jepret karena langsung mengerjakan aktifitas sore ngurus anak-anak dan siap-siap sholat magrib. Alhamdulillahnya untuk rasa tidak berubah biarpun sudah diinapkan dan di panaskan lagi.



Sabtu, 27 April 2013

BOLA-BOLA DAGING




Bahan-bahan :
350 gram daging sapi giling
1 buah bawang bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah paprika merah dan kuning, potong dadu
3 sdm kecap manis
2sdm saus tiram
1 sdm kecap inggris
garam, merica, gula pasir secukupnya sesuai selera
80-100 ml air
penyedap rasa (optimal)
2 sdm minyak

Cara membuat:
  1. Campur daging cincang dengan sedikit garam dan merica aduk rata, bulatkan sambil ditekan biar kencang lalu goreng sebentar hanya sampai berubah warna saja. Angkat sisihkan.
  2. Pakai minyak sisa menggoreng untuk menumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, tambahkan kecap manis, saus tiram dan kecap inggris aduk rata.
  3. Masukan sedikit air beri garam.merica gula pasir dan pengedap bila suka.
  4. Cicipi rasanya, apabila sudah pas masukan bola-bola daging diamkan sampai bumbu meresap baru tambahkan paprika. aduk rata jangan terlalu lama.
  5. Angkat dan sajikan


Ini salah satu menu favorit kaka Kay. Saya lebih sering memasak daging sapi giling karena lebih lembut dan tidak ada seratnya jadi ade Khansa juga bisa ikut makan. Daging gilingnya cepet sekali empuk jadi tidak perlu diungkep terlalu lama dan paprikanya juga biar tetep cruncy.

Jumat, 26 April 2013

CREPES KEJU & STRAWBERRY



 Asal kata “crepe” dari bahasa Latin crispa yang artinya curled (dilipat). Crepe adalah sejenis pancake atau kue dadar tetapi lebih tipis yang berasal dari Perancis, umumnya terbuat dari adonan telur, tepung, butter dan susu/air. Penyajian crepe dapat digulung atau dilipat, dapat juga diisi dengan berbagai macam isian. Crepes dapat dimakan dengan makanan apapun apabila ia diasinkan, dan diisi dengan keju, daging, telur, jamur atau sayur-sayuran. Crepe yang manis dapat dijadikan sebagai desert/makanan penutup. Crepe dapat diisi dengan berbagai jenis makanan manis seperti selai, coklat leleh, susu, es cream, buah-buahan, kacang, kayu manis dan sebagainya. Sebagai topping atau atasnya dapat digunakan gula bubuk, jus lemon, buah-buahan yang dipotong dan whipped cream. Mille Crepes adalah crepes yang disajikan dalam tumpukan banyak seperti cake dan bisa diisi dengan berbagai macam filling seperti whipcream, ganache, vla atau selai, dapat juga disisipi buah2 an, coklat chip dan kacang-kacangan.





Anak–anak kaka Kay dan ade Khansa suka banget sama camilan satu ini, crepes ini request nya kaka kay sebelum berangkat ngaji tapi sore, ‘pulang ngaji kaka mau makan crepes yang keju yaa ma...’ pesen kaka sebelum berangkat ngaji. Alhamdulillah siap dilaksanakan karena pas banget requestnya ga terlalu ribet dan bahan-bahannya udah tersedia di rumah. Saya buat crepes dengan isian keju kesukaan kaka Kay, coklat meses buat ade Khansa dan isi selai stawberry ditambah potongan buah strawberry special buat mama hehee......Klo ayah sih semua filling doyan. Ini dia resep crepes yang selalu saya pakai....




Bahan-bahan:
200 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1 butir telur
50 gram gula pasir halus
300 susu cair
¼ sdt garam
2 sdm mentega, lelehkan

Cara membuat:
  1. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam dalam satu wadah. Sisihkan
  2. Kocok lepas telur dan gula pasir halus dengan menggunakan wisk sampai gula larut. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Tuang campuran telur dan susu ke dalam wadah tepung terigu sambil diaduk rata, tambahkan mentega leleh aduk sampai semua bagan tercampur rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket/wajan martabak, tuang satu sendok sayur kecil adonan segera ratakan sampai tipis.
  5. Beri coklat mesis atau parutan keju cheddar , segera lipat dua dan lipat lagi dua bagian.


Yang sempat diabadikan hanya yang isi keju dan strawberry ini, karena crepes isi coklat buatnya sedikit ternyata coklat mesesnya tinggal sedikit dan gak punya stok lagi. Ini pun sisa beberapa potong crepes saja yang saya tahan untuk di jepret-jepret dulu. Abis masih di wajan aja nih crepes dah di tungguin sama kaka dan ade, jadi setiap mateng langsung ludes terus..... Hasil crepes nya memang tidak bisa setipis dan segaring crepes yang di jual abang-abang atau gerai-gerai crepes yang di mall itu, karena saya pakai wajan teflon yang ukuran kecil yang saya putar dan menggunakan belakang centong sayur untuk meratakan adonannya biar berbentuk bulat dan tipis.

 Bergaya maem crepes buatan mama sambil berjemur di belakang rumah.....
cup....cup....muach chayang




Selasa, 23 April 2013

Sambel Goreng Kentang


Ini dia makanan favorit saya 'sambal goreng kentang' apalagi ditambah udang dan telur puyuh makin sedap aja tuh. Siapa juga yang ga suka sama masakan ini apalagi dimakan pake ketupat dan sayur pepaya muda/labu siam  waahh mantap deh (jadi berasa lebaran itu sih....plus opor ayamnya yaa....hehe.....).


Bahan-bahan :
 500 gr kentang, kupas kulitnya potong dadu kecil lalu goreng
200 gr udang, kupas bagian kepala dan kulitnya
15 butir telor puyuh rebus
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas geprek
1 batang serai
2 sdm minyak goreng, untuk menumis
30 ml air
1 sdt garam
1/4 sdt merica
1 sdt gula pasir
kaldu bubuk/penyedap rasa bila suka (optimal)

Bumbu halus:
8 buah cabe merah besar
5 buah cabe rawit merah
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah tomat ukuran sedang

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daun salam, lengkuas dan serai. Tambahkan udang aduk rata sampai udang berubah warna lalu tambahkan air.
  2. Beri garam, merica, gula pasir dan penyedap. Masukan kentang dan telur puyuh aduk rata. Cicipi rasanya.
  3. Aduk sampai kering/air berkurang, angkat.
  4. Selamat mencoba 

LBT#24. TORTILLA BEEF SAUCE MAYO

          Di Mexico, Amerika Tengah, Amerika Serikat dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortilla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di Benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol. Berdasarkan ilmu asal kata (etymology), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar.
         Tortilla yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke Dunia Baru dari Spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan Spanyol. Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi, yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortilla jagung. Tortilla gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab, negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan, walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya. Di Tiongkok dikenal laobing, kue tebal berbentuk bundar seperti pizza, sementara di India ada roti yang terbuat dari gandum. Keduanya adalah contoh kue dari negara lain yang mirip dengan tortilla. Sumber dari Wikipedia.
 


Tema LBT#24 untuk bulan ini adalah membuat Tortilla Homemade, antusias banget buatnya karena saya hobby banget makan tortila yang dikemas seperti di resto ayam cepet saji atau di gerai-gerai kebab. Untuk resepnya saya menggunakan resep tortilla dari Food.com. Alhamdulillah setelah liat cara membuatnya di youtube apalagi cara menggilas adonannya agar bentuknya bisa bundar dan tipis akhirnya saya coba eksekusi di dapur.
 Tortilla adalah sejenis pancake bundar tipis terbuat dari tepung jagung. Secara tradisional, tortilla dibuat dari adonan tepung jagung yang disebut masa, yang diuleni di atas batu yang disebut metate kemudian dibentuk bundar lalu dipanggang dalam oven dari tanah. Kini, tersedia totilla siap pakai dengan diameter yang bervariasi. Sebelum digunakan, panggang tortilla hingga sedikit kecokelatan di kedua sisinya. Bila ingin lebih praktis, panaskan dengan menggunakan wajan dadar. Tortilla bisa diperlakukan sebagai roti atau diberi adonan isi kemudian dilipat atau digulung.



Bahan Tortilla :
2 cups tepung serba guna protein sedang
1/2 sdt garam
1/4 cup minyak zaitun/mentega putih
1 sdt baking powder
1/2 cup air panas atau 1/2 cup susu (bisa ditambah menjadi 3/4 cup apabila adonan blom kalis)

Cara Membuat :
  1. Masukan bahan kering seperti tepung,garam dan baking powder dalam wadah.
  2. Masukan minyak zaitun dalam wadah bahan kering, lalu aduk dengan menggunakan ujung jari sampai berbutir.
  3. Tambahkan air/susu, aduk/uleni sampai semua bahan menyatu dan tidak lengket pada wadah. Tutup adonan menggunakan plastikk wrap diamkan 30 menit.
  4. Bagi adonan menjadi 6-8 bagian lalu bulatkan, diamkan lagi selama 5-10 menit tutup mengguanak lap bersih hingga adonan agak lembab.
  5. Ambil satu adonan, pipihkan gilas sampai tipis.
  6. Panggang dalam wajan datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, kecilkan apinya. Panggang adonan kira-kira 30detik untuk satu sisi, lakukan hal yg sama untuk sisi lainnya.
  7. Angkat, simpan dalam lipatan lap bersih/serbet dan siap digunakan.

 Cara menggilas adonan agar bundar dan tipis yaitu gilas adonan keatas putar 45derajat,
gilas lagi keatas sampai adoan bundar lalu terakhir gilas berulang-ulang sampai adonan tipis.



Bahan Beef Sauce Mayo :
  
300 gr daging sapi giling
1 buah bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah paprika merah, potong dadu kecil
1/2 buah paprika kuning, potong dadu kecil
1 sdm kecap inggris
3 sdm saus tiram
2sdm minyak goreng, untuk menumis
garam, merica dan gula pasir secukupnya
Pelengkap:
Daun selada, iris-iris sekitar 1cm
Mayonais
Saus tomat
Saus sambal

Cara Membuat :
  1. Siapkan wajan, panaskan minyak tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan layu. Masukan daging giling aduk sampai berubah warna. dan daging mengeluarkan air.
  2. Tambahkan kecap inggris, saus tiram aduk rata. Tambahkan garam, merica dan gula pasir. Cicipi rasanya.
  3. Masukan Paprika merah dan kuning masak sampai daging matang atau air berkurang/kering.
  4. angkat. Sisihkan.
Penyelesaian :
Ambil selembar kulit tortilla olesi dengan mayonaise, saus tomat dan saus sambal (bila suka pedas). Beri daun selada dan tumisan daging lalu gulung.



 Seneng-seneng......hasilnya enak banget, kalau gak karena tantangan dari LBT untuk buat tortilla homemade mungkin saya masih tetep beli yang siap pakai (mana harganya lumayan mahal....).  Ternyata buatnya simpel banget bahan-bahannya juga ga banyak macamnya dan gampang banget didapat. Satu adonan ini saya bagi 8 buah jadi tortillanya tidak terlalu besar.  Saya buat tortilla ini sampai 2kali karena bahan isiannya masih sisa banyak akhirnya besok paginya saya buat lagi untuk sarapan dan emang udah di request kaka kayla.


 Thanks LBT semoga makin solid yaaa.....