Sabtu, 19 Oktober 2013

PUDING BUNGA


Puding bunga ini menu berbuka puasa beberapa hari yang lalu, seger yaa liatnya kaya ditaman aja bunga bertebaran berwarna-warni hehe... Puding kaca ini sempat booming loh tapi seperti biasa saya selalu telat buatnya maklum faktor 'M' nya kebanyakan. Puding kaca ini banyak variasinya gak hanya berbentuk bunga atau bentuk yang lucu-lucu lainnya tapi bisa juga diisi potongan puding warna-warni/mozaik,  pokoknya sesuai selera aja mau diisi dengan bentuk apa aja. Oh yaa ada juga art jelly puding yaitu seperti melukis dalam puding dengan menggunakan suntikan yang diisi agar-agar yang masih panas/cair, kalau ini sih harus punya keahlian khusus yaa buat membentuk agar-agarnya. Kalau saya sih kayanya belum kepikiran buat nyoba art jelly ini tapi bikin penasaran juga sih. Jadi untuk sekarang buat yang mudah dan praktis dulu aja deh.




PUDING BUNGA

Bahan Puding bunga/warna :
1 bungkus agar-agar plain
150 gr gula pasir/sesuai selera
750 ml susu cair
1 sdt vanilla
Pasta/pewarna makanan, sesuai selera

Cara membuat :
  1. Campur bubuk agar-agar dan gula pasir aduk rata. 
  2. Tuang susu cair, masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Angkat, masukkan vanilla aduk rata.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai warna yang diinginkan.
  4. Tuang dalam cetakan bunga atau cetakan apa saja sesuai selera.
  5. Biarkan hingga puding dingin dan set baru keluarkan dari cetakan. Sisihkan.

Bahan puding Kaca :
1 bungkus jelly bubuk rasa lechy/plain
180 gr gula pasir/sesuai selera
700 ml air

Cara Membuat :
  1. Campur jelly bubuk dan gula pasir aduk rata, tuangi air dan masak sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Matikan api biarkan uap panasnya hilang. Sisihkan.
Penyelesaian :
  1. Letakkan puding bunga dan susun melingkar di dasar cetakan agar-agar yang sudah dibasahi air. 
  2. Tuang puding kaca secara perlahan-lahan di atasnya.
  3. Biarkan dingin, kemudian masukkan kulkas hingga mengeras dan puding set.
  4. Siap disajikan dalam keadaan dingin.


7 komentar:

Novia Fransisca Dewi mengatakan...

Kunjungi
Bahasa Inggris Online

Yeyen Deriyana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yeyen Deriyana mengatakan...

Cantik banget mbak pudingnya, boleh ijin di save resepnya ya mbak isna...
mbak kunjungi blog saya ya http://dapurnyamamakeyla.blogspot.co.id/
lagi belajar ngeblog hehe....

Isna Sutanto mengatakan...

Halo Yeyen... Ketemu disini yaa kita :)

Mangga klo mau save resep yen, ayoo semangat ngeblog yuuuk seru... hehee :)

Yeyen Deriyana mengatakan...

Mbak itu puding bunganya 2 tumpuk ya? sorry banyak nanya hehe,,,

Isna Sutanto mengatakan...

Iya, agar-agar yg bentuk bunga nya ditumpuk baru disiram puding kaca nya. Gak papa klo gak ngerti tanya aja hehee.... :)

eza hafiza awaliyah mengatakan...

Beautiful 😘😘😘😘