Jumat, 28 Februari 2014

MOCHI PANDAN ISI KACANG TANAH





Pertama kalinya ikutan meramaikan even Pawon Ibu, tema untuk bulan ini adalah mochi. Kebetulan sekali sudah lama ingin membuat mochi sendiri tapi belum kesampean, nah mumpung waktunya tepat akhirnya bisa juga praktek membuat mochi.

Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. mochi memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket. Sedangkan di Indonesia, kue mochi asal Sukabumi biasa dijajakan persimpangan jalan besar di Bogor. Kue mochi nya berisi adonan kacang dan dikemas dalam keranjang bambu yang diberi merek dalam tulisan kuo-i yang dibaca swang sie yang artinya banyak kebahagiaan Sumber: Wikipedia.





Cara membuat mochi ada dua cara yaitu mencampur semua bahan, membentuknya lalu dikukus seperti membuat klepon. Sedangkan cara yang kedua yaitu mencampur semua bahan lalu dikukus sampai adonan tidak lengket baru dibentuk. Mochi yang saya buat ini menggunakan metode yang kedua, resep nya saya liat di Hesti Kitchen resep aslinya dari Christines Recipes. Mochi yang saya buat ini sudah saya modifikasi menggunakan pasta pandan dan untuk fillingnya saya menggunakan kacang tanah.

MOCHI PANDAN

Bahan :
220 gram tepung ketan putih
110 gram gula pasir
200 ml santan atau bisa di ganti dengan susu
1/2 cup tepung ketan sangrai, untuk taburan
Pasta pandan/pewarna

Filling :
100 gram kacang tanah sangrai
2 sdm gula kastrol
2 sdm air panas

Cara membuat :

Filling :  campur kacang tanah dan gula kastrol, blender kasar. Tambahkan air dan aduk sampai tercampur rata dan dapat dipulung/dibulatkan.



Campur tepung ketan dan gula, aduk rata. Masukan santan/susu sambil diaduk rata. Beri pewarna atau pasta, tuang dalam pinggan tahan panas yang berukuran lebar yang telah diolesi minyak agar matangnya cepat. Kukus selama 30 menit atau sampai ditusuk adonan tidak lengket,


Angkat adonan ketan dan tuang diatas work mat yang sebelumnya di beri tepung ketan sangrai


Pipihkan dengan rolling pin lalu potong-potong kotak


Beri isian di tengah lalu tutup dan rapatkan.


Bulatkan adonan, bisa dengan cara di putar-putar/glindingkan.
Sajikan.



Karena terbuat dari tepung ketan sudah pasti rasanya kenyal dan lembut dimulut, rasa manis mochi dan fillingnya buat saya sudah pas. Walaupun sudah dingin dan disimpan di wadah yang kedap udara semalaman tekstur mochinya tetap chewy, kenyal dan lembut. Saya tidak dapat membedakan dengan tekstur mochi yang memakai cara dibentuk dulu baru dikukus karena saya belum pernah mencobanya. Tapi aslinya cara membuat mochi yaitu mengukus semua bahan dulu dari dibentuk seperti yang saya lakukan. Mau menggunakan cara yang mana terserah pada teman teman saja yaaa....Selamat mencoba ^^.





7 komentar:

TRIVA mengatakan...

Saya suka makan moci,mau coba bikin ah!,terimakasih resepnya ya.

Isna Sutanto mengatakan...

sama2 Triva, selamat mencoba

Rurry Nurmalasari mengatakan...

pengen coba ah buat mertuaku..mudah2an resepnya cocok. makasih resepnya mba

Kiki Nurayla Azry mengatakan...

Aku lagi nyoba resep nya nih mbak. Selain di roll + dipotong pipih. Bisa ga dibulet buletin gitu?

Isna Sutanto mengatakan...

sama-sama rurry :)

Isna Sutanto mengatakan...

hai mba kiki....

ini yg aku buat dibuletin mba kiki mochinya. bisa juga dicetak dicetakan coklat loh.

Inas Basymeleh mengatakan...

Terima kasih resepnya mba 😃 Pengen nyoba buat juga