Kamis, 13 Februari 2014

LBT#30. ONION CHEESE PIE






Setelah bulan lalu LBT merayakan hari jadinya yang ke-3 dan setelah bermanis-manis dengan hidangan anniversary LBT yang kebanyakan serba cake dan serba manis kini giliran siasin yang tampil. Bulan ini tema untuk LBT#30 adalah savoury pie atau pie yang memiliki rasa yang asin untuk isiannya. Menarik yaa, karena biasanya pie diisi dengan filling yang manis dan  disajikan sebagai desert. Tapi kali ini pie diisi dengan yang asin-asin sehingga lebih cocok dijadikan menu utama, karena kebanyakan pie asin dicampur dengan sayuran, daging, bisa juga memakai sosis atau smookebeef dan keju.






Savoury pie yang saya buat sangat simpel dan bahan-bahan untuk isiannya pun sederhana hanya campuran telur, daun bawang dan keju. Resepnya saya liat dari buku pastry&Pie nya mba Ike Hermawan dan mba Wulan Sucipto, sudah lama banget beli buku ini dan baru dicoba resepnya sekarang.  Ternyata simpel bahannya belum tentu rasanya juga simpel loh. Pie ini beneran enak, isiannya ngeju, ada aroma bawang dan tekstur isiannya lembut serta crust nya renyah. Saya buat pakai loyang pie kecil diameter 10cm, dan satu resep ini hasilnya 4 buah pie. Alhamdulillah semua komentarnya enak, malah si ayah bilang "kok sedikit banget bikinnya pie nya kurang nih". Tenang yah besok bikin lagi pake loyang pie yang gede biar mantap hehe...




ONION CHEESE PIE

Bahan crust/kulit :
175 gram tepung terigu serbaguna
75 gram margarin
1 sdm air dingin (saya 3sdm)
1/4 sdt garam
25 gram keju cheddar parut

Bahan isian :
1 sdm minyak sayur
3 batang daun bawang, iris halus
3 butir telur ukuran sedang
2 sdm cream cheese
150 gran keju cheddar parut

Taburan :
keju parmesan/cheddar parut

Cara membuat :
  1. Kulit pie: campur terigu dan margarin, aduk dengan sendok kayu. Setelah tercampur remas-remas dengan tangan sampai adonan berbutir. Beri air dingin, garam dan keju parut, remas-remas lagi sampai kalis dan dapat dibentuk. Bungkus dengan plastik warp, simpan dalam kulkas 30 menit.
  2. Panaskan oven 200'C. Keluarkan bahan kulit dari kulkas dan giling setebal 1/2 cm.
  3. Siapkan loyang pie bongkar pasang (saya pakai loyang pie mini diameter10cm) olesi dengan margarin, cetak adonan pie di dalamnya. Tusuk-tusuk bagian tengah dengn garpuh.
  4. Panggang selama 10 menit, agar bagian tengah tidak naik ketika di panggang beri biji-bijian atau beras di dalamnya  dengan alas kertas roti. Angkat. Tunggu sampai dingin, sisihkan.
  5. Isian: Panaskan minyak, tumis daun bawang aduk-aduk kira-kira 1 menit. Angkat, sisihkan. Kocok telur dengan kecepatan sedang sampai mengembang, masukan cream cheese kocok lagi. Beri keju cheddar parut, aduk rata. Tambahkan tumisan daun bawang aduk lagi sampai rata.
  6. Madukan adonan isi dalam kulit pie lalu taburi keju cheddar/parmesan.
  7. Panggang selama 20-25 menit sampai permukaan kecoklatan, angkat dan sajikan.






5 komentar:

ayudiah respatih mengatakan...

teteh aku dah nyoba resep yang ini makasih ya...^^

Isna Sutanto mengatakan...

sama2 mba ayu, makasih yaa udah coba resepnya :)

Anonim mengatakan...

Kalau ga ada cream cheese bisa diganti cheedar semua gak mba?

Isna Sutanto mengatakan...

bisa di skip cream cheese nya, diganti sama cheddar juga boleh

mykitchengallery mengatakan...

Mba, mau nanya, telur nya dikocok sampai mengembang gmn ya? mengental gitu ya?