Selasa, 11 Februari 2014

MIE AYAM CEKER



Mie ayam ini dibuat dari mie hijau homemade, resepnya bisa dilihat disini. Ceritanya ini saya buat mie ayam kampung atau mie ayam abang-abang yang suka keliling bawa gerobak tuh. Saya suka banget mie ayam seperti ini apalagi kalau di tambah ceker ayam, hmmm pasti tambah mantap sambil dimakan pedes-pedes. Kalau disini pelengkap mie ayam nih selain tumisan ayam kecap juga pakai telur rebus, kalau saya sih gak suka jadi gak pernah pakai.

Wahh... masih gak percaya bisa buat mie ayam sendiri, seneng banget. Soalnya saya sekeluarga hobi banget makan mie apalagi anak-anak, jadi kayaknya bakalan sering nih buat mie sendiri. Komentar si ayah setelah makan mie ayam ini "kalau mama yang jual mie ayam kaya gini, bisa tutup tuh penjual mie ayam  disini". Hehee.... semoga emang beneran enak yaa yah. Next time time mau coba mie yang lain ahh, pertama kali buat dan puas dengan hasilnya. Alhamdulillah.






MIE AYAM CEKER

Bahan:
5 gulung mie hijau homemade, diseduh
sawi hijau/caisim, diseduh, dipotong-potong
daun bawang, diiris untuk taburan

Bahan Tumisan Ayam:
8 buah ceker ayam, rebus dengan 1 sdt garam dan 3cm jahe memarkan
500 gram dada ayam fillet, dipotong kotak
3 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar
2 sdm saus tiram
3 sdm kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
500 ml air
1 sdm minyak untuk menumis

Bahan Kuah:
Tulang ayam sisa fillet, cuci bersih hingga tidak ada darah
1,5 ltr air
4 siung bawang putih, memarkan
3 cm jahe, memarkan
garam, merica dan gula secukupnya
daun bawang untuk taburan
bakso secukupnya

Minyak ayam bawang :
200 ml minyak sayur
5 bh bawang putih
5 cm kunyit, memarkan
4 cm jahe, memarkan
1 sdt merica butiran
kulit ayam, sisa fillet
Cara : tumis semua bahan sampai kulit ayam kering, dinginkan minyak lalu saring. Simpan dalam botol yang tertutup rapat.

Minyak untuk mie per porsi :
1 sdm minyak ayam bawang (minyak
1 sdt kecap asin
1 sdt kecap asin

1/2 sdt kecap ikan
1/4 sdt minyak wijen

Cara membuat :
  1. Tumisan ayam : panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk rata sampai berubah warna. Tambahkan ceker ayam yang sudah direbus, saus tiram, kecap manis, garam dan merica bubuk. Aduk rata.
  2. Tuang air secara bertahap. Masak sampai matang dan kental.  Angkat dan sisihkan.
  3. Kuah : Panaskan air sampai mendidih, masukkan tulang ayam. Masak dengan api kecil. Tumis bawang putih & jahe hingga harum, masukkan ke dalam kaldu. Tambahkan bakso, garam, merica dan gula. Masak kembali sampai mendidih dan taburi daun bawang, matikan api. Sisihkan.
  4. Penyelesaian : Dalam mangkuk, aduk minyak untuk mie. Tambahkan mie dan caisim/sawi hijau yang sudah direbus. Beri tumisan ayam dan ceker. Taburi daun bawang
  5. Sajikan dengan kuah dan bakso.






1 komentar:

Diana Puspita mengatakan...

mbak isna.. cinta banget sama mbak.. jago masaknyaa..
barusan cobain resep nya mbak, bener2 enak mie ayamnyaa.. makasih ya mbak..