Jumat, 28 Februari 2014

MIE BIT/MIE MERAH HOMEMADE




Setelah kemarin membuat mie hijau dari sawi/caisim, sekarang giliran membuar mie merah yang dibuat dari campuran bit. Bahan dan cara membuatnya masih sama dengan resep mie hijau yang pernah saya buat, bisa dilihat disini. Hanya bentuknya saja yang berbeda, kali ini bentuk mie nya saya buat seperti bentuk kwetiaw dengan menggunakan pasta maker yang biasa digunakan untuk membuat cheese stick.  Karena menggunakan bit warna mie nya jadi cantik, kalau kata saya sih antara merah atau pink tua...suka banget dengan warnanya.

Senang banget bisa buat mie sendiri, lebih sehat dengan tambahan sayuran, tidak memakai pengawet dan warnanya juga cantik bisa dibuat sesuai warna favorit hehe. Jadi semakin semangat dan pengen terus bereksperimen mencoba resep mie yang lain dan tentunya dengan warna yang full calor menggunakan pewarna alami. Mie merah ini kemarin saya buat cwie mie malang dengan pangsit goreng homemade juga dan masih sisa 2 gulung lagi, rencananya mau saya buat mie goreng buat sarapan anak-anak. Oiya resep cwie mie dan pangsit gorengnya menyusul yaaa ^_*






MIE BIT/MIE MERAH HOMEMADE

Bahan :
500 gram terigu protein tinggi
2 buah bit blender dengan 1 gelas air
3 buah telur utuh kocok lepas dalam gelas ukur, tambahkan dengan air dari perasan bit sampai 250ml
 1 sdt garam

Cara membuat:
  1. Aduk rata tepung dan garam, tuangi telur yang sudah dicampur jus bit. Aduk rata dan uleni hingga kalis. Lalu tipiskan dengan rolling pin, teruskan gilas dengan mesin pembuat mie hingga beberapa kali, sampai adonan halus.
  2. Beri taburan tepung sagu, lalu gilas dengan pemotong bentuk mie.
  3. Timbang sesuai kebutuhan lalu gulung mie yang sudah ditaburan tepung sagu. Susun mie dalam wadah kedap udara atau dikemas dalam plastik untuk setiap porsi.
  4. Mie siap digunakan.
Tips:
Simpan mie dalam ukuran satu kali pakai dalam plastik, saya timbang 100 gram tiap plastiknya. Lalu simpan dalam wadah kedap udara dan masukkan  ke dalam kulkas. Mie bisa tahan sekitar seminggu.






2 komentar:

Mommy Erssa mengatakan...

Mbak Isna makasih, resepnya sudah saya coba, tapi saya modifikasi sedikit dengan penambahan tepung sagu supaya lebih kenyal yg otomatis sari bitnya juga bertambah,selebihnya ngikutin resep.

Unknown mengatakan...

itu rasa mienya seperti mie biasa?