Rabu, 19 Februari 2014

NASI BAKAR TERI MERAH PUTIH




Sudah seminggu ini saya gak pernah nengokin blog, dan resep yang saya share ini pun sudah beberapa minggu yang lalu saya buat dan baru bisa saya entry sekarang. Beberapa hari yang lalu saya kurang enak badan dan batuk pilek begitu juga dengan si kecil ade Khansa yang ikut-ikutan ketularan mamanya. Memang akhir-akhir ini cuaca tidak bersahabat dari yang tadinya panas banget tiba-tiba jadi hujan setiap hari, jadi dari yang tadinya kegerahan ehh sekarang jadi dingin deh cuacanya.

Nasi bakar ini saya buat dari campuran beras merah dan beras putih, sudah ada beberapa bulan ini kami sekeluarga mengkonsumsi beras merah. Kenapa di campur dengan beras putih? nah itu dia... kalau langsung benar-benar saya ganti beras merah saja, kaka Kay yang protes. Jadi awal-awal waktu pertama konsumsi beras merah, perbandingan beras merah dan beras putihnya 1:2 dan sekarang saya ganti jadi 2:1, secara bertahap nanti saya ganti jadi beras merah saja.






Nasi bakar ini bisa dicampur ikan asin apa saja, bisa juga pakai hati ampela ayam, ayam suwir, oncom, atau ikan tongkol dan lain-lain. Dimodifikasi sesuai selera dan kebutuhan saja. Saya menambahkan ikan asin jambal roti karena masih ada stok sedikit, kalau mau pakai ikan teri saja tambahkan jumlah nya biar lebih berasa. Sebenarnya paling enak memakan irisan cabe yang ditumis bersamaan dengan bawang, tapi supaya anak-anak juga bisa ikutan makan jadi saya tambahkan cabe rawit utuh saja. Berikut ini resepnya :


NASI BAKAR TERI MERAH PUTIH

Bahan-bahan :
2 porsi/2piring nasi merah putih
50 gram ikan teri medan, seduh, goreng.
50 gram ikan jambal roti, potong dadu kecil, goreng.
1/2 papan tempe, iris memanjang kira-kira 1cm, goreng.
4 lembar daun salam
8 tangkai daun kemangi, petiki
8 buah cabe rawit merah 2 sdm minyak goreng untuk menumis
daun pisang untuk membungkus
 
Bumbu tumisan :
6 siung bawang putih, iris.
6 siung bawang merah, iris
2 batang sereh, ambil bagian putihnya, iris.
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam (optimal, karena sudah ada rasa asin dari teri dan jambal roti)
1 sdt gula pasir

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih sampai harum. Masukkan irisan sereh, beri merica, garam dan gula, aduk sampai semua bahan tercampur. Angkat.
  2. Tuang tumisan bawang kedalam wadah yang berisi nasi merah.Tambahkan teri, jambal roti dan tempe, aduk. Bagi adonan menjadi 4 bagian.
  3. Siapkan daun pisang untuk membungkus. Beri sebuah daun salam di setiap bungkus, taruh 1 bagian adonan nasi. Letakan cabai rawit merah dan kemangi diatasnya. Gulung hingga rapat, semat ujungnya dengan lidi atau ikat dengan tali.
  4. Panaskan pemanggang/happy call, taruh nasi bugkus di atasnya, bakar hingga aromanya keluar.
  5. Angkat. Siap disantap.





Tidak ada komentar: