Selasa, 07 Juni 2016

SOTO KUDUS (SOTO AYAM BENING)




Bismillah. 
Hari pertama di bulan Ramadhan. Semoga selalu di beri kesehatan dan kelancaran menjalankan ibadah puasa sampai hari kemenangan tiba. Amin. Mohon maaf lahir dan batin yaa temen-temen, selamat menjalankan ibadah puasa untuk yang menjalankan.
Di bulan Ramadhan suka bingung gak sih nentuin menu untuk sahur dan berbuka, kalau saya iyees. Sebenarnya sih kalau untuk saya dan suami menu seadanya saja  sudah cukup yang penting ada sayuran dan buah. Nah, karena kakak Kay ikut puasa juga jadi saya harus cari makanan yang bikin kakak napsu makan apalagi waktu sahur. Waduh... ini jadi pekerjaan rumah banget deh buat saya. Apalagi kakak lebih suka makan nasi garingan gitu aja tanpa sayuran berkuah, jadi saya mesti pinter-pinter nyelipin sayuran di lauk atau camilannya anak-anak.

Salah satu makanan yang jadi kesukaan anak-anak yaitu soto kudus ini. Soto ini jadi andalan buat saya, karena soto ini kuahnya bening dan tidak memakai santan, jadi anak-anak suka. Penyajian soto kudus biasanya menggunakan mangkok kecil, nasi sudah sekalian disusun di bagian bawah mangkuk baru diberi suwiran ayam, tauge atau kol dan disiram kuahnya. Ciri khas dari soto ini yaitu ada taburan bawang putih goreng dan kecap manis. Kalau buat saya perkedel kentang gak boleh ketinggalan, ini wajib ada kalau mau menikmati soto yang kuahnya bening. Jadi cara menikmatinya pekedel dihancurkan dalam mangkuk soto biarkan bercampur dengan kuahnya, jadi kuah tambah sedap dan gurih loh. Itu versi saya loh yaaa... kalau temen-temen punya cara lain menikmati soto yaa monggo, sesuaikan dengan selera aja yaa ;)

SOTO KUDUS

Bahan :
1/2 kg ayam bagian dada
1500 ml air
3 lembar daun salam
3cm ruas lengkuas, memarkan
2 batang serai,  memarkan
2 cm jahe,  memarkan
Garam dan gula pasir secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (saya gak pake)
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica

Bahan pelengkap :
Bawang putih goreng
Taoge rebus (saya pakai kol)
Perkedel kentang
Sambel rawit
Jeruk nipis
Kecap manis

Cara membuat :
- Didihkan air dalam panci untuk merebus ayam.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, sereh, dan jahe sampai harum.
-Tuang bumbu kedalam rebusan ayam . Tambahkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Masak hingga ayam matang. Angkat.
- Goreng ayam sebentar sampai kulit kecoklatan lalu suwir-suwir daging nya. Bisa juga langsung disuwir tanpa digoreng dulu.
- Sajikan ayam suwir bersama pelengkap dengan siraman kuah soto.



Selasa, 31 Mei 2016

TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN



Bismillah.
Ada yang pernah makan tongseng kambing? Tentu saja saya pernah,  doyan malah hehe.  Tapi kalau ditanya,  ada yang pernah masak tongseng kambing? Jawabannya belum pernah. Eh itu jawaban dulu loh yaa... Kalau sekarang sih udah pernah.  Gak percaya?  Nih buktinya.
Saya masak daging kambing itu bisa dihitung dengan jari, paling setahun cuma 3 kali aja, itupun daging nya kalau gak dikasih ya dapet pembagian pas Idul Adha. Tapi kalau ditanya berapa kali makan daging kambing dalam setahun? waahh gak kehitung deh banyaknya hehee... Oiya tongseng kambing itu mirip-mirip dengan gulai, bedanya tongseng memakai tambahan sayuran yang ditumis seperti kol, tomat dan daun bawang. Pada umumnya membuat tongseng memakai santan, tapi yang saya buat ini tanpa santan, karena saya ingin kuahnya itu light saja tidak terlalu kental.

Bahan :
500 gram daging kambing
250 gram kol, iris
5 buah bawang merah iris
3 siung bawang putih iris
10 buah cabai rawit, potong
1 buah tomat, potong-potong
1 batang daun bawang, potomg
3 sdm kecap manis
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
1 batang sereh
1500 ml air
Garam dan gula pasir, secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
3 cm kunyit
1 cm jahe

Cara membuat :
  1. Rebus daging kambing dan daun salam sampai setengah matang, potong-potong daging sesuai selera, masukan lagi dalam panci.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas dan sereh sampai harum. Masukan dalam rebusan daging, masak sampai daging empuk. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit sampai harum. Tambahkan kol, tomat, daun bawang dan kecap, hingga layu.
  4. Masukan dalam rebusan daging, masak lagi hingga mendidih. Angkat, sajikan.



Kambing Tanpa Santan

AYAM KRISPY SAUS KEJU



Assalamualaikum.
Ayan krispy ini adalah  menu praktis yang saya buat untuk makan siang anak-anak beberapa hari yang lalu.  Sudah hampir seminggu ini  tukang sayur langganan libur, katanya sih mau persiapan menyambut bulan ramadhan di kampungnya.  Jadi seminggu ini saya sudah nyetok daging-dagingan, ikan dan seafood  yang saya beli di pasar.  Nah,  dada ayam ini satu-satunya yang tersisa di freezer. Karena tidak setiap hari saya ke pasar  jadi kebutuhan lauk-pauk dan sayuran saya stok saja. Rencananya dada ayam ini mau saya buat ayam teriyaki,  tapi karena beberapa hari yang lalu saya sudah buat semur ayam jadi biar enggak bosen saya bikin ayam krispy saja.

Untuk mendapatkan ayam krispy yang renyah,  fillet daging ayam jangan terlalu tebal dan ketika membalut ayam dengan tepung pastikan ayam terbalut telur dan adonan tepung dengan rata. Dan yang paling penting ketika ayam diguling-gulikan dalam bahan pelapis jangan lupa sambil dipijit-pijit/dicubit sambil dibolak-balik dan terus ditaburi tepung.  Proses seperti ini lah yang akan membuat lapisan ayam ketika digoreng menjadi keriting dan garing.  Oiya ketika menggoreng panaskan minyak dengan api sedang dan harus benar-benar panas, gunakan minyak yang banyak agar ayam benar-benar terendam dan matang sempurna. Untuk menemani ayam krispy awalnya saya mau buat saus mayonaise untuk cocolannya,  tapi ternyata mayonaise nya tinggal sedikit jadi saya ganti dengan saus keju yang gak kalah enak tentunya. Sajikan ayam krispy dengan saus apa saja yang menjadi kesukaan keluarga yaa... Dengan tambahan salad atau dimakan dengan kentang pasti jadi lebih nikmat. Kalau ini ayam krispy saya sajikan dengan nasi kuning yang saya buat untuk sarapan dan bekal anak-anak,  karena masih ada sisa jadi sekalian untuk makan siang aja.
Selamat mencoba yaa :)



Bahan :
1 buah dada ayam, iris tipis
1/4 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng
2 butir telur, kocok lepas

Bahan pelapis : (campur jadi satu)
150 gram tepung terigu
20 gram maizena
1/2 sdt baking powder (optional)
1sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Bahan saus keju :
1 sdm margarin
1 sdm tepung terigu
300 ml susu cair
50 gram keju cheddar parut
sejumput garam

Cara membuat :
Lumuri daging dengan garam dan merica bubuk, diamkan 30 menit dalam kulkas.
Gulingkan daging dalam bahan pelapis sambil ditekan tekan, masukan dalam kocokan telur hingga rata lalu balur lagi dengan bahan pelapis sambil di pijit- pijit sampai tepung rata.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat, tiriskan.
Untuk sausnya, panaskan margarin, tambahkan terigu aduk sampai terigu tercampur dengan margarin. Masukan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk, tambahkan keju parut dan garam. Aduk terus sampai saus licin dan tidak menggumpal, setelah meletup-letup matikan api.
Sajikan ayam krispy dengan saus keju.






Rabu, 20 April 2016

CUMI ASIN PETE BALADO




Bismillah.
Kalau ditanya masaka apa yang sederhana tapi bikin nasi sebakul abis... hmm kalau saya sih, salah satunya ya cumi asin gini. Simple aja bahannya apalagi bikinnya juga gak pake lama. Tapiii... efeknya bikin nggak berhenti makan, nikmat tiada tara deh pokoknya hehee. Biasanya cumi asin saya tumis aja pakai cabe hijau atau cabe rawit yang banyak, tapi kali ini biar tampil beda dibumbu balado. Dan yang nggak boleh ketinggalan kalau masak cumi asin gini yaa si hijau dong pastinya, siapa lagi kalau bukan pete :).

Ngomong-ngomong soal si hijau, awalnya saya nggak pernah makan sama sekali dan nggak pernah tertarik liatnya. Tapi semakin sering liat postingan masakan temen-temen yang masak pakai si hijau ini kok penasaran juga, apalagi kalau saya tanya gimana rasanya jawabannya cobain aja, rasanya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata... enak deh. Nah loh! makin penasaran tapi ragu mau masak sendiri, sampai akhirnya pas beli nasi padang di gulai sayurnya ada si hijau yang dimasak masih pakai kulitnya. Bismillah akhirnya dicoba juga, woww... woww... beneran enak loh. Kesan pertama begitu menggoda... akhirnya keterusan deh hahaa... Lah, kok malah curhat sih, back to cumi yaa.
Kalau cumi asin baladonya nggak pakai pete juga monggo gak masalah dong, tinggal di skip aja. Oiya nambahin garamnya belakangan aja yaa, karena cumi asin yang saya beli ini biarpun sudah direndam air panas dan dibilas sampai dua kali masih tetep asin. Jadi daripada ntar keasinan mending nggak usah pakai garem dulu aja, Kalau setelah diicip kurang asin baru tambah garam. Silahkan dicoba yaa, pesen saya mending jauh-jauh dari timbangan dulu deh kalau masak beginian. Emang kenapa? yaa tau sendiri kan jawabannya hehee *_^


Bahan :
250 gram cumi asin
2 papan pete, belah mejadi dua
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
1 sdt gula pasir
100 ml air
Garam (saya tidak pakai karena cumi sudah asin, tambahkan jika kurang asin sesuai selera)
minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
4 buah cabai merah
10 buah cabai rawit merah
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Cara membuat :
- Rendam cumi asin dalam air panas, diamkan 20 menit. Bilas lalu tiriskan.
- Panaskan minyak,  tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum.
- Masukkan cumi asin,  aduk rata.  Tambahkan air,  gula dan garam (lebih baik jangan dulu ditambahkan karena cumi sudah asin).  Masak sampai air sedikit menyusut.
- Tambahkan pete,  aduk.  Masak hingga pete setengah matang dan bumbu meresap. Angkat.








Kamis, 14 April 2016

TAHU GORENG OATMEAL



Bismillah.
Selamat pagiii... Rencana masak apa hari ini? Hmm... Bingung yaa? Sama dong :). Kegalauan emak-emak dipagi hari yaa gini, nentuin menu buat keluarga... Iya gak sih? Apa saya aja yaa yang gitu...  Lah pagi-pagi udah banyak pertanyaan nya, curcol deh hehee...
Ini kemaren saya bikin tahu dibentuk bola yang di balut oatmeal terus digoreng. Inspirasi dari cafe tahu yang weekend kemarin saya datangin.  Sebenarnya sudah lama setiap lewat jalan raya Baturiti saya lihat cafe ini.  Sebagai fans fanatik tempe, saya tidak terlalu penasaran... tapi kalau dikasih gratisan sih boleh banget lah hahaa. Dan akhirnya mampir juga karena anak-anak sudah minta makan siang sekalian istirahat.

Salah satu menu yang menarik perhatian saya yaitu tofu goreng yang diselimuti oatmeal dan disajikan dengan mayonaise. Saya suka sekali dengan lapisan  oatmeal gorengnya, enak dan renyah.  Tofu nya saya ganti dengan tahu biar tekstur tidak terlalu lembut.  Untuk membuat tahu yang garing,  setelah tahu di cuci peras airnya menggunakan kain tahu (kain tipis yang biasa digunakan untuk membungkus tahu). Kalah tidak ada,  letakan tahu diantara kedua telapak tangan lalu tekan perlahan.  Untuk isian bisa ditambahkan sesuai selera keluarga,  saya tadinya mau menambahkan keju parut eh lupa.  Tahu oatmeal ini bisa juga dibuat stok makanan frozen,  simpan dalam wadah tertutup rapat lalu masukkan di freezer.  Begitu mau digoreng, tawing sebentar disuhu ruang.



Bahan :
10 buah tahu putih
1/2 buah wortel, parut
1 batang daun bawang, iris halus
50 gram udang cincang
minyak untuk menggoreng

Bumbu :
2 siung bawang putih, haluskan (saya pakai 1/2 sdt bawang putih bubuk)
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt ebi bubuk (optional)

Bahan lapisan :
2 sdm tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas (saya pakai putih telur)
oatmeal secukupnya

Cara membuat :
  1. Cuci bersih tahu, tiriskan. Peras tahu agar tidak terlalu berair, haluskan dengan garpuh.
  2. Campur tahu dengan bumbu, udang, wortel parut, dan daun bawang. Aduk rata.
  3. Ambil satu sendok makan adonan tahu, bentuk bulat. Lapisi seluruh permukaannya dengan tepung terigu, celupkan dalam kocokan telur lalu lapisi dengan oatmeal hingga rata. 
  4. Susun dalam wadah tertutup, simpan dalam frezzer 30 menit.
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kecoklatan. Angkat, tiriskan. sajikan dengan rawit atau saus sambal.