Rabu, 28 September 2016

NASI KEBULI DAGING KAMBING



Assalamualaikum.
Selamat pagiii....

Bismillah. Setelah berbulan-bulan off ngeblog akhirnya saya sempetin juga buat entry resep lagi. Kalau dibilang sibuk sih enggak juga, masak dan buat camilan juga masih tetep tiap hari. Dan beberapa masih ada yang saya sempetin untuk dipoto. Lah... terus masalahnya apa? Apa yaaa... Males kali yaa hehee. Biasanya itu saya ngeblog malam atau siang setelah anak-anak pulang, tapi karen tahun ini jadwal sekolah anak-anak beda jadi berubah pula jadwal saya duduk manis depan laptop. Adek sekolah pagi dan si kakak sekolah siang, belum lagi jadwal les dan ngaji yang berubah pula karen kakak sekolah siang. Eh.. Kok malah curcol yaa :)

Ini masukan lama yaa,  tepatnya sih setelah Idul Adha. Karen menu nya kambing,  dan saya nggak pernah masak kambing kalau bukan dapet dagingnya dari kurban. Jadi masak daging kambing tuh cuma setahun sekali aja hehe. Ini saya buat nasi kebuli pakai magic com, jadi masak dagingnya dipisah. Daging saya presto dulu biar cepet, untuk bumbu nya buat sekalian yang banyak terus bagi dua untuk nasi dan daging. Ini nasi kebuli ala-ala saya, serba praktis, cepet dan gak mau ribet soalnya. Monggo dicoba,  intinya kalau masak daging kambing biar bau khas nya itu hilang,  banyakin aja bumbu dan rempah-rempahnya.

Bahan :
500 gr daging kambing
Rebus daging kambing yang sudah dipotong dengan daun jeruk, cengkeh, kayu manis, bunga pekak dan sereh. Saya pakai presto cuma 30mnt. Angkat dan sisihkan.
3 cup beras
Kayu manis, cengkeh, pala geprek/bubuk pala, bunga pekak, kapulaga, sereh

Bumbu Halus:
15 butir bawang merah 
6 siung bawang putih 
1 sdm ketumbar sangrai 
1 sdt merica bubuk 
1/2 sdt jintan sangrai 
2 btr kapulaga 
1/4 sdt adas (gak pake) 
3 cm kunyit bakar 
2 cm jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum, ambil 1/2 bagian bumbu untuk nasi. 
Masukan daging kambing beserta rempah-rempahnya, aduk rata. 
Tambahkan garam, gula pasir, irisan bawang bombay dan air kaldu. Masak sampai bumbu meresap dan air habis, angkat. 
Bila suka daging kambing yang kering, goreng daging dengan sedikit minyak sebentar saja atau sajian langsung. 
Masak nasi kebuli menggunakan magic com. Cuci beras, tambahkan kayu manis, cengkeh, pala geprek/bubuk pala, bunga pekak, kapulaga, serai, garam, 1/2 bumbu halus yang sudah ditumis dan air kaldu. Takaran air kaldu seperti memasak nasi biasa. 
Sajikan nasi kebuli, daging kambing, acar, bawang goreng, emping dan taburan kismis jika suka.

Acar Nanas :
Didihkan air beri gula dan garam. Dinginkan. Tambahkan cuma/air jeruk nipis, aduk. Masukan potongan nanas, ketimun, wortel, bawang merah dan cabai rawit. Simpan acar Dalam kulkas. 



Alhamdulillah nikmat banget.  Nasi kebuli dinikmati pake acar nanas yang banyak cabe potongnya plus emping dan taburan bawang goreng. Tips buat makan nasi kebuli ini,  sembunyiin timbangan ya hihiii...


8 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimaksih resepnya Mbak Isna , Insya Allah nanti di coba ��

Isna Sutanto mengatakan...

Sama-sama, semoga cocok yaa :)

andriany firdaus mengatakan...

Selalu nengokin blognya bun tapi tdk pernah ketemu menu baru hehe jadi rindu.sama yg punya blog

andriany firdaus mengatakan...

Selalu nengokin blognya bun tapi tdk pernah ketemu menu baru hehe jadi rindu.sama yg punya blog

Isna Sutanto mengatakan...

halo mba Andriany....
akhir2 ini saya suka posting resep di instagram mba, lebih praktis soalnya :) silahkan follow @isnasutanto yaa

selma alan mengatakan...

MasyaAllah sedapnya.. Fotonya jg cakep.pengen buat jadinya. Makas ya mba buat resepnya

andiensdiary.blogspot.com mengatakan...

Mbaa.. Ternyata orang Bogor juga yang nemplok di Denpasar ya.. Sama kaya aku.. Aku pertama liat postingan foto mba di instagram karna upload kompakan.. Trus td aku liat profile mba ternyata orang bogor.. Salam kenal mba :)

Admin mengatakan...

http://indosporcle.blogspot.com