Selasa, 31 Mei 2016

TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN



Bismillah.
Ada yang pernah makan tongseng kambing? Tentu saja saya pernah,  doyan malah hehe.  Tapi kalau ditanya,  ada yang pernah masak tongseng kambing? Jawabannya belum pernah. Eh itu jawaban dulu loh yaa... Kalau sekarang sih udah pernah.  Gak percaya?  Nih buktinya.
Saya masak daging kambing itu bisa dihitung dengan jari, paling setahun cuma 3 kali aja, itupun daging nya kalau gak dikasih ya dapet pembagian pas Idul Adha. Tapi kalau ditanya berapa kali makan daging kambing dalam setahun? waahh gak kehitung deh banyaknya hehee... Oiya tongseng kambing itu mirip-mirip dengan gulai, bedanya tongseng memakai tambahan sayuran yang ditumis seperti kol, tomat dan daun bawang. Pada umumnya membuat tongseng memakai santan, tapi yang saya buat ini tanpa santan, karena saya ingin kuahnya itu light saja tidak terlalu kental.

Bahan :
500 gram daging kambing
250 gram kol, iris
5 buah bawang merah iris
3 siung bawang putih iris
10 buah cabai rawit, potong
1 buah tomat, potong-potong
1 batang daun bawang, potomg
3 sdm kecap manis
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
1 batang sereh
1500 ml air
Garam dan gula pasir, secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
3 cm kunyit
1 cm jahe

Cara membuat :
  1. Rebus daging kambing dan daun salam sampai setengah matang, potong-potong daging sesuai selera, masukan lagi dalam panci.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas dan sereh sampai harum. Masukan dalam rebusan daging, masak sampai daging empuk. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit sampai harum. Tambahkan kol, tomat, daun bawang dan kecap, hingga layu.
  4. Masukan dalam rebusan daging, masak lagi hingga mendidih. Angkat, sajikan.



Kambing Tanpa Santan

Tidak ada komentar: