Selasa, 31 Mei 2016

AYAM KRISPY SAUS KEJU



Assalamualaikum.
Ayan krispy ini adalah  menu praktis yang saya buat untuk makan siang anak-anak beberapa hari yang lalu.  Sudah hampir seminggu ini  tukang sayur langganan libur, katanya sih mau persiapan menyambut bulan ramadhan di kampungnya.  Jadi seminggu ini saya sudah nyetok daging-dagingan, ikan dan seafood  yang saya beli di pasar.  Nah,  dada ayam ini satu-satunya yang tersisa di freezer. Karena tidak setiap hari saya ke pasar  jadi kebutuhan lauk-pauk dan sayuran saya stok saja. Rencananya dada ayam ini mau saya buat ayam teriyaki,  tapi karena beberapa hari yang lalu saya sudah buat semur ayam jadi biar enggak bosen saya bikin ayam krispy saja.

Untuk mendapatkan ayam krispy yang renyah,  fillet daging ayam jangan terlalu tebal dan ketika membalut ayam dengan tepung pastikan ayam terbalut telur dan adonan tepung dengan rata. Dan yang paling penting ketika ayam diguling-gulikan dalam bahan pelapis jangan lupa sambil dipijit-pijit/dicubit sambil dibolak-balik dan terus ditaburi tepung.  Proses seperti ini lah yang akan membuat lapisan ayam ketika digoreng menjadi keriting dan garing.  Oiya ketika menggoreng panaskan minyak dengan api sedang dan harus benar-benar panas, gunakan minyak yang banyak agar ayam benar-benar terendam dan matang sempurna. Untuk menemani ayam krispy awalnya saya mau buat saus mayonaise untuk cocolannya,  tapi ternyata mayonaise nya tinggal sedikit jadi saya ganti dengan saus keju yang gak kalah enak tentunya. Sajikan ayam krispy dengan saus apa saja yang menjadi kesukaan keluarga yaa... Dengan tambahan salad atau dimakan dengan kentang pasti jadi lebih nikmat. Kalau ini ayam krispy saya sajikan dengan nasi kuning yang saya buat untuk sarapan dan bekal anak-anak,  karena masih ada sisa jadi sekalian untuk makan siang aja.
Selamat mencoba yaa :)



Bahan :
1 buah dada ayam, iris tipis
1/4 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng
2 butir telur, kocok lepas

Bahan pelapis : (campur jadi satu)
150 gram tepung terigu
20 gram maizena
1/2 sdt baking powder (optional)
1sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Bahan saus keju :
1 sdm margarin
1 sdm tepung terigu
300 ml susu cair
50 gram keju cheddar parut
sejumput garam

Cara membuat :
Lumuri daging dengan garam dan merica bubuk, diamkan 30 menit dalam kulkas.
Gulingkan daging dalam bahan pelapis sambil ditekan tekan, masukan dalam kocokan telur hingga rata lalu balur lagi dengan bahan pelapis sambil di pijit- pijit sampai tepung rata.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat, tiriskan.
Untuk sausnya, panaskan margarin, tambahkan terigu aduk sampai terigu tercampur dengan margarin. Masukan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk, tambahkan keju parut dan garam. Aduk terus sampai saus licin dan tidak menggumpal, setelah meletup-letup matikan api.
Sajikan ayam krispy dengan saus keju.






4 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

Ternyata gak terlalu sulit bikinnya ya mba, anak saya pasti suka nih kalo dibikinin, soalnya senengnya sama yg krispi2 gitu... makasih resepnya ya

Isna Sutanto mengatakan...

Haii mba Santi...
Silahkan dicoba mba, anak2 saya suka banget ini bikinnya juga gak ribet. Sama2 yaa :)

Diana Puspita mengatakan...

udah coba resep ini, hasilnya saya kaget sendiri, gak percaya ini masakan sendiri karena enak bangeet.. hehe
makasih banyak resep nya ya mbakk..

Isna Sutanto mengatakan...

haiiii.... mba Diana,
Alhamdulillah mba kalau cocok resepnya. seneng deh dengernya :)