Rabu, 20 April 2016

CUMI ASIN PETE BALADO




Bismillah.
Kalau ditanya masaka apa yang sederhana tapi bikin nasi sebakul abis... hmm kalau saya sih, salah satunya ya cumi asin gini. Simple aja bahannya apalagi bikinnya juga gak pake lama. Tapiii... efeknya bikin nggak berhenti makan, nikmat tiada tara deh pokoknya hehee. Biasanya cumi asin saya tumis aja pakai cabe hijau atau cabe rawit yang banyak, tapi kali ini biar tampil beda dibumbu balado. Dan yang nggak boleh ketinggalan kalau masak cumi asin gini yaa si hijau dong pastinya, siapa lagi kalau bukan pete :).

Ngomong-ngomong soal si hijau, awalnya saya nggak pernah makan sama sekali dan nggak pernah tertarik liatnya. Tapi semakin sering liat postingan masakan temen-temen yang masak pakai si hijau ini kok penasaran juga, apalagi kalau saya tanya gimana rasanya jawabannya cobain aja, rasanya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata... enak deh. Nah loh! makin penasaran tapi ragu mau masak sendiri, sampai akhirnya pas beli nasi padang di gulai sayurnya ada si hijau yang dimasak masih pakai kulitnya. Bismillah akhirnya dicoba juga, woww... woww... beneran enak loh. Kesan pertama begitu menggoda... akhirnya keterusan deh hahaa... Lah, kok malah curhat sih, back to cumi yaa.
Kalau cumi asin baladonya nggak pakai pete juga monggo gak masalah dong, tinggal di skip aja. Oiya nambahin garamnya belakangan aja yaa, karena cumi asin yang saya beli ini biarpun sudah direndam air panas dan dibilas sampai dua kali masih tetep asin. Jadi daripada ntar keasinan mending nggak usah pakai garem dulu aja, Kalau setelah diicip kurang asin baru tambah garam. Silahkan dicoba yaa, pesen saya mending jauh-jauh dari timbangan dulu deh kalau masak beginian. Emang kenapa? yaa tau sendiri kan jawabannya hehee *_^


Bahan :
250 gram cumi asin
2 papan pete, belah mejadi dua
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
1 sdt gula pasir
100 ml air
Garam (saya tidak pakai karena cumi sudah asin, tambahkan jika kurang asin sesuai selera)
minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
4 buah cabai merah
10 buah cabai rawit merah
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Cara membuat :
- Rendam cumi asin dalam air panas, diamkan 20 menit. Bilas lalu tiriskan.
- Panaskan minyak,  tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum.
- Masukkan cumi asin,  aduk rata.  Tambahkan air,  gula dan garam (lebih baik jangan dulu ditambahkan karena cumi sudah asin).  Masak sampai air sedikit menyusut.
- Tambahkan pete,  aduk.  Masak hingga pete setengah matang dan bumbu meresap. Angkat.








3 komentar:

selma alan mengatakan...

Kalau kami bilangnya sotong mba...biasa digoreng aja udah enak. Apalagi dibikin begini..slurp selera banged. Pete memang enak kalau dibalado. Makasi resepnya ya mba 😊

selma alan mengatakan...

Kalau kami bilangnya sotong mba...biasa digoreng aja udah enak. Apalagi dibikin begini..slurp selera banged. Pete memang enak kalau dibalado. Makasi resepnya ya mba 😊

Obat Segala Macam Jenis Penyakit Kulit mengatakan...

Kalo Aku sih Suka pake Belut terus di campur tahu sama pete dan telur .. wuiiih rasa nya nikmat sekali ..