Kamis, 07 April 2016

PIE UBI UNGU




    Bismillah.  Sebenernya sudah lama pengen buat pie ubi ungu, tapi masih rencana terus belum pernah kesampean. Dan akhirnya minggu lalu gak ada hujan gak ada angin langsung diesekusi juga deh nih pie. Buatnya memang gak direncanain, begitu liat ubi ungu halus di frezer langsung dikeluarin buat di tawing, alhamdulillah bisa buat tajil buka puasa sekalian.

Untuk kulit pienya saya pakai resep yang tanpa telur, dan isiannya saya pakai resep pumkin pie nya Jamie Oliver yang pernah saya buat. Bahan dan cara membuatnya sama persis hanya mengganti labu kuning dengan ubi ungu saja, bisa dilihat disini. Hasilnya sama enaknya dan lembut, manisnya juga pas dan kulit pienya renyah. Setelah dikeluarkan dari oven, filling memang masih lembek tapi begitu dingin/set filling akan sedikit padat dan mengeras.  Kalau buat saya pie ubi ini lebih nikmat dimakan dingin setelah disimpan dikulkas, penambahan kulit lemon parut pada adonan kulit pie juga hasil coba-coba saya untuk membuat kulit beraroma lemon, dan ini tidak wajib jadi bila tidak tidak suka diskip aja yaa. Disesuaikan selera aja lah yaaa :).




PIE UBI UNGU


Bahan crust/kulit :
125 gram terigu all pupose
1 sdm gula bubuk
100 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu
1/2 sdt garam

1 sdt kulit lemon parut (optional)
1-2 sdm air es


Bahan filling : 
- 250 gr ubi ungu
- 250 ml susu cair  
- 100 gr gula pasir
- 1 vanili pod, keruk isinya, bisa juga diganti dengan vanili bubuk
- 1 butir telur

Cara membuat :

  1. Kulit : Campur terigu, gula halus, garam, dan parutan kulit lemon aduk rata. Masukan mentega dingin, aduk dengan ujung-ujung jari atau menggunakan pisau pastri sampai berbentuk remahan. Tuang air es, aduk dengan sendok kayu sampai adonan tercampur rata. Bungkus dengan plastik wrap, simpan dalam kulkas selama 30 menit.
  2. Keluarkan adonan kulit, giling tipis kira-kira setengah senti lalu cetek dalam loyang pie (saya pakai loyang diameter 18cm). Tusuk-tusuk dengan garpu lalu simpan lagi dalam kulkas selama 30 menit.
  3. Filling : Campur jadi satu dalam panci, ubi ungu, susu cair, gula pasir dan vanili masak dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih. Tutup panci jangan terlalu rapat, masak sampai labu benar-benar matang dan air nya menyusut. Angkat, dinginkan lalu blender sampai halus. Sisihkan.
  4. Sambil menunggu adonan filling dingin, Panggang kulit pie selama 10 menit atau sampai setengah matang. Jangan lupa alasi dasar kulit pie dengan kertas roti dan beri pemberat, bisa dengan kacang-kacangan agar ketika dipanggang dasar kulit tidak menggelembung. Ambil kertas roti dan pemberatnya panggang lagi selama 5 menit. Angkat, sisihkan.
  5. Kocok telur lalu tuang kedalan adonan filling yang sudah dingin, aduk menggunakan wish sampai tercampur.
  6. Tuang diatas kulit pie lalu panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan filling mengeras di bagian pinggirnya dan lembek di bagian tengah.
  7. Angkat, biarkan dingin sampai filling terlihat set. Potong dan sajikan.
Selamat mencoba yaa..... :)



3 komentar:

irulaz mengatakan...

asli, ngeliatnya aja bikin lapar hihi
bisa lah di praktekkan di rumah ntar :-)

selma alan mengatakan...

Cantik banged pienya mba...pengen jadinya...

Dewi mengatakan...

Minggu lalu baru bikin ini. Enyaaak banget. Bikin siang, malam sudah habis. Padahal cuma berdua *rakus*.
Resep2 disini memang anti gagal deh pokoknya.