Kamis, 14 April 2016

TAHU GORENG OATMEAL



Bismillah.
Selamat pagiii... Rencana masak apa hari ini? Hmm... Bingung yaa? Sama dong :). Kegalauan emak-emak dipagi hari yaa gini, nentuin menu buat keluarga... Iya gak sih? Apa saya aja yaa yang gitu...  Lah pagi-pagi udah banyak pertanyaan nya, curcol deh hehee...
Ini kemaren saya bikin tahu dibentuk bola yang di balut oatmeal terus digoreng. Inspirasi dari cafe tahu yang weekend kemarin saya datangin.  Sebenarnya sudah lama setiap lewat jalan raya Baturiti saya lihat cafe ini.  Sebagai fans fanatik tempe, saya tidak terlalu penasaran... tapi kalau dikasih gratisan sih boleh banget lah hahaa. Dan akhirnya mampir juga karena anak-anak sudah minta makan siang sekalian istirahat.

Salah satu menu yang menarik perhatian saya yaitu tofu goreng yang diselimuti oatmeal dan disajikan dengan mayonaise. Saya suka sekali dengan lapisan  oatmeal gorengnya, enak dan renyah.  Tofu nya saya ganti dengan tahu biar tekstur tidak terlalu lembut.  Untuk membuat tahu yang garing,  setelah tahu di cuci peras airnya menggunakan kain tahu (kain tipis yang biasa digunakan untuk membungkus tahu). Kalah tidak ada,  letakan tahu diantara kedua telapak tangan lalu tekan perlahan.  Untuk isian bisa ditambahkan sesuai selera keluarga,  saya tadinya mau menambahkan keju parut eh lupa.  Tahu oatmeal ini bisa juga dibuat stok makanan frozen,  simpan dalam wadah tertutup rapat lalu masukkan di freezer.  Begitu mau digoreng, tawing sebentar disuhu ruang.



Bahan :
10 buah tahu putih
1/2 buah wortel, parut
1 batang daun bawang, iris halus
50 gram udang cincang
minyak untuk menggoreng

Bumbu :
2 siung bawang putih, haluskan (saya pakai 1/2 sdt bawang putih bubuk)
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt ebi bubuk (optional)

Bahan lapisan :
2 sdm tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas (saya pakai putih telur)
oatmeal secukupnya

Cara membuat :
  1. Cuci bersih tahu, tiriskan. Peras tahu agar tidak terlalu berair, haluskan dengan garpuh.
  2. Campur tahu dengan bumbu, udang, wortel parut, dan daun bawang. Aduk rata.
  3. Ambil satu sendok makan adonan tahu, bentuk bulat. Lapisi seluruh permukaannya dengan tepung terigu, celupkan dalam kocokan telur lalu lapisi dengan oatmeal hingga rata. 
  4. Susun dalam wadah tertutup, simpan dalam frezzer 30 menit.
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kecoklatan. Angkat, tiriskan. sajikan dengan rawit atau saus sambal.




4 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

waah sehat, bergizi dan pastinya enak nih... mau nyoba ya... :)

Lina mengatakan...

Hay mba isna...
Gak nyangka oatmeal yg rasanya selalu aneh bagi lidah saya.. hehe... ternyata busa difungsikan seperti panir...
Boleh lah dicoba lain waktu...
Tp apakah tidak nengurangi kandungan gizinya dengan proses goreng itu mba...?

Obat Segala Macam Jenis Penyakit Kulit mengatakan...

Kalo di tasikmalaya kaya tahu oncom ya .. hehehe .. sukses terus mba atas resep nya ...

Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)