Senin, 11 April 2016

SOSIS SOLO



Bismillah.
Ahh... Kenapa tiba-tiba saya kangen makan sosis solo yaa.  Rasanya memang sudah lama saya gak bikin sendiri jajanan yang satu ini, ngebayangin nya aja udah bikin saya nelen ludah.  Sosis solo yang masih anget-anget gitu dimakan pake cabe rawit, beuh...sedapnya udah gak bisa ditunda-tunda ini sih.  Jadilah pagi itu saya langsung meluncur ke dapur,  untung nya bahan udah lengkap dan punya stok ayam di freezer.

Sosis solo ini bentuknya mirip lumpia, serupa tapi tak sama kalau kata saya sih :). Bentuknya mirip tapi isian dan tekstur nya beda yaa,  kalau lumpia isinya lebih dominan sayuranya ketimbang ayam atau udangnya. Sedangkan sosis solo isiannya hanya ayam yang sudah dibumbui,  ada yang menambahkan daun bawang iris seperti isian yang saya buat ada juga yang tidak. Untuk tekstur luar nya lumpia lebih garing sedangkan sosis solo kulit nya lebih lembut.  Karena sebelum digoreng kulit sosis solo ini dibalut telur kocok dulu,  jadi setelah dingin kulit nya akan kempes.  Ini yang jadi ciri khas nya sosis solo,  kalau bikin sosis solo gak pake dibalut telur dulu kalau kata saya yaa bukan sosis solo namanya hehee...



SOSIS SOLO

Bahan kulit  :
150 gr tepung terigu
300 ml santan cair/air biasa
1 butir telur
1/2 sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Bahan isi :
250 gr dada ayam.  Rebus sampai matang, suwir-suwir halus.
6 butir bawang merah iris
3 siung bawang putih iris
1/2 sdt merica bubuk
1/2sdt gula pasir
1sdt garam
100 ml santan kental
1 batang daun bawang,  iris tipis

Bahan pencelup :
1 butir telur kocok lepas

Cara membuat :
- Campur semua bahan kulit,  aduk rata hingga adonan halus dan tidak bergerindil lalu saring.  Buat dadar kulit tipis menggunakan wajan anti lengket.
- Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan ayam suwir aduk rata.  Tambahkan garam,  gula,  merica dan santan.  Aduk sampai bumbu meresap dan kering, tambahkan daun bawang aduk lagi hingga rata. Matikan api.
- Ambil selembar kulit sosis,  beri 1sdm isian lipat seperti lumpia.  Celup dalam kocokan telur hingga rata,  goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kecoklatan. Angkat,  tiriskan.



Oiya saya membuat dadar kulit nya pakai wajan ukuran diameter atasnya 18cm, seperti wajan yang  dipakai untuk menumis isian ayam dipoto atas. Hasilnya jadi 16-18 lembar kulit,  kalau pakai wajan lebih besar hasilnya jadi lebih sedikit yaa.  Tapi mungkin lipatnya jadi lebih tebal dan sosis solo nya juga jadi lebih besar.
Kalau males buat isian ayam yang disuwir bisa juga pakai ayam giling atau yang dihaluskan dengan food processor.  Seperti sosis solo yang dulu pernah saya buat,  bisa dilihat disini.  Oke deh... Selamat mencoba yaa :)




2 komentar:

Indah Septiana mengatakan...

Mba isna, numpang tanya
Kulitnya bs disimpen dikulkas kah?
Tahan bpa lama? Lengket nggak?

Terima kasih

Indah Septiana mengatakan...

Mba isna, numpang tanya
Kulitnya bs disimpen dikulkas kah?
Tahan bpa lama? Lengket nggak?

Terima kasih