Senin, 14 April 2014

BAKPIA COKLAT & KEJU





Tantangan LBT#31 untuk bulan April ini yaitu Bakpia, bakpia yang dibuat bisa bakpia basah atau bakpia kering. Untuk filling atau isian juga sesuai dengan selera saja, biasa pakai kumbu kacang hijau seperti bakpia pathuk yang klasik, ubi ungu, keju, coklat, selai strawbery, nanas dan lain sebagainya. Ini kali kedua saya buat bakpia, bakpia yeng pertama saya buat yaitu bakpia pathuk isi kumbu kacang hijau. Pertama kali buat bakpia alhamdulillah langsung sukses dan puas dengan hasilnya. Resepnya bisa disini, ada petunjuk cara membentuk dan membuatnya juga.



Bakpia yang saya buat kali ini yaitu bakpia kering, sudah di request juga sama ayah waktu buat bakpia pathuk yang pertama dulu. Kata ayah ntar kalau bakpia yang ini sudah abis buat bakpia yang kering isi coklat yaa...hehehe, saking enaknya makan bakpia tuh jadi takut keabisan. Bakpia kering yang saya buat ini saya isi dengan coklat dan keju, karena anak-anak sukanya keju dan ayah mintanya coklat. Resepnya masih pakai punyanya mba Diah Didi yang bakpia kering, untuk resep isian yang coklat dan keju sama saja hanya bedanya yang satu ditambahkan coklat bubuk sedangkan yang keju ditambahkan parutan keju cheddar.

Waahh....nggak bisa berkata-kata deh waktu nyicipin bakpia ini, begitu digigit teksturnya renyah banget dan kulitnya keliatan berlapis-lapis. Saking renyahnya kulitnya jadi sedikit beremah dan lapisan luarnya jadi ngelupas. Kalau menurut saya penampakan dan rasa bakpia ini nggak kalah sama bakpia oleh-oleh kota gudeg itu, sampai terharu loh bisa buat bakpia sendiri hehe.



BAKPIA COKLAT DAN KEJU

Bahan Kulit I
250 gr tepung terigu protein sedang
125 ml minyak goreng
75 ml air
50 gr gula halus
1/2 sdt garam

Bakpia Kulit II
100 gr tepung terigu protein sedang
50 ml minyak goreng

Bahan Isian :
100 gr tepung terigu protein sedang yang sudah di sangrai selama 5 menit. Dinginkan.
25 gr susu bubuk
1 sdm air es, saya pakai 2 sdm
125 gr gula halus/gula tepung
50 gr margarin

15 gr coklat bubuk
30 gram keju cheddar parut

Cara membuat : Campur semua bahan isian, aduk sampai rata. Bagi dua bahan isian, yang satu tambahkan coklat bubuk dan yang satunya ditambahkan keju cheddar parut. Aduk sampai tercampur.

Cara membuat kulit bakpia :
  1. Campur semua bahan kulit I, uleni hingga rata sampai adonan kalis dan lembab.
  2. Campur semua bahan kulit II hingga rata, adonan hasilnya mawur tapi sedikit lembab.
  3. Bagi kedua adonan menjadi 20 bagian, gilas adonan I lalu ratakan adona II diatasnya, lipat seperti amplop lalu gilas lagi, lipat seperti amplop lagi lalu gilas, lakukan sampai 3 kali.
  4. Pipihlah adonan lalu beri bahan isian, bentuk bulan pipih.
  5. Panggang pada suhu 180'C selama 15-20 menit sampai matang, balik bakpia lalu panggang lagi sampai sisinya berubah warna kecoklatan.
  6. Angkat, dinginkan, lalu simpan dalam wadah tertutup. 

Makasih yaa buat LBT yang selalu memberikan tantangan yang baru dan inovatif, membuat kita berani dan semangat mencoba sesuatu yang baru dan jadi lebih kratif. Salam LBT.....sukses selalu yaaa *_^






18 komentar:

andrianykh mengatakan...

sy jg sdh buat mbak krn sy sukaaa sekaliii dg bakpia renyah..resep mbak diah..apalg kalau sy isi dg rasa coklat hmmmm g tau sdh mkn brp biji hahaha.. ini sj sisa isian coklatx masih ada d kulkas jd ada rencana mau bikin lg hehe...

Isna Sutanto mengatakan...

kalau saya lebih suka yang isian keju mba, rasanya manis2 gurih. waahh...saya jadi inget masih punya isian kacang ijo sisa buat bakpia pathuk di frezer, makasih mba dah diingetin hehee....

Anonim mengatakan...

Mbak Isna, mau nanya... kalau adonan 1 dan 2 dibagi 20 itu masing2 berapa gram yah? Kemudian adonanx setelah digiling numpuk begitu nggak perlu didiamkan lagi selama beberapa waktu? Misalnya 1 jam. Saya tertarik untuk membuatnya soalnya saya baca resepnya nggak perlu ditunggu2 adonannya. Makasih sebelumnya :)

Isna Sutanto mengatakan...

Kalau mau beratnya sama rata, adonan utuh ditimbang aja dulu baru beratnya dibagi 20, lalu timbang lagi. adonan tidak usah didiamkan lagi mba.

Aprilla Maya mengatakan...

Mbak Isna, kalo bakpia kering ini kulit tidak direndam ke dalam minyak seperti bakpia basah kan?
Terimakasih.

Isna Sutanto mengatakan...

Haloo mba Aprilla....
klo bakpia kering tidak direndam dalam minyak mba, kalau direndam nanti kulitnya basah tidak bisa kering.

selma alan mengatakan...

Kalau pakai oven listrik apa perlu dibalikkan bakpianya mbak? Misal pakai api atas bawah

Anonim mengatakan...

Mbak...sy ingin bikin pia isi coklat saja tanpa keju.....resep bahan isiannya spt apa ya? Ada yang berubah komposisinya? Tks mbak

Isna Sutanto mengatakan...

Hai...hai....
Pakai satu resep isian diatas tapi coklat bubuknya ditambah jadi 30 gram.

Anonim mengatakan...

Mbak Isna tolong tanya adonan isian coklatnya semestinya basah & gampang dibentuk ya? punya saya gampang hancur dan jadi remah kalo dibulatkan, kira2 kenapa ya?

batih 18 mengatakan...

Mbak kenapa kulit II yg saya bikin jadi lembek sekali ga mawur ya? Padahl udh ngikutin resepnya?

Isna Sutanto mengatakan...

Halo...
Kalau ada api atas gak perlu dibalik bakpianya mba selma :)

Isna Sutanto mengatakan...

Iya mba aprilla tidak usah direndam dalam minyak kalau buat bakpia yg kering.

Isna Sutanto mengatakan...

Kalau terlalu beremah bisa ditambah air dingin nya sedikit aj sampai bisa dibentuk.

Isna Sutanto mengatakan...

Adonan seharusnya mawur tapi lembab masih, bisa jadi jumlah minyak nya terlalu banyak mba... Bisa tambah tepung biar tidak terlalu lembek.

ida zip mengatakan...

salam kenal Mba Isna Sutanto. saya eksekusi resep ini beberapa hari lalu, saya kasih temen utk cobain. Eh dikira nastar, katanya lumer. Haha,,,, saya jadi bingung kenapa dikira nastar :D

terima kasih banyak sharing resepnya.
ida

Rahmah Vexon mengatakan...

Izin save resepnya yaa mbak.. aku sukaaa bangettt makan bakpia kering, lha aku blum tau cara buatnya... hihi.. jazakillaahu khoir..

Sens Flo mengatakan...

Saya mau coba yg isian coklat dan keju.