Kamis, 03 April 2014

SALAD SAYURAN & UDANG



Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Salad didefinisikan oleh The Dictionary of American Food and Drink, sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain. Menurut sejarah, salad telah dikonsumsi orang Romawi dan Yunani kuno. Kata salad berasal dari bahasa latin "sal" yang berarti "garam". Garam pada saat itu adalah bumbu yang penting untuk memberi rasa bagi makanan. Kata "sal" diserap ke dalam bahasa perancis kuno menjadi salade dan di akhir abad ke-14 diserap dalam Bahasa Inggris menjadi salad atau sallet. (Sumber: Wikipedia).



Salad salah satu makanan yang jadi favorit saya. Sebenernya ini buatnya sudah berminggu-minggu yang lalu, dan ini salah satu salad yang sempat saya foto karena mau saya setor untuk meramaikan even Pawon Ibu bulan lalu. Alhamdulillah masih bisa ikutan walaupun setornya mepet banget di detik-detik terakhir hehee... posting di blognya juga  baru sekarang, telat banget yaa.

Saya paling suka salad sayuran seperti ini, paling enak diracik pada saat mau disantap jadi begitu buat langsung deh dimakan, jadi sayurannya masih seger. Dressing nya pun yang simple saja seperti saus mayonaise yang saya buat ini dan yang paling jadi favorit saya yaitu campuran olive oil, merica hitam dan lemon juice. Oh iya di Indonesia juga ada makanan sejenis salad loh, seperti lalapan yang dimakan bareng sambel, karedok pakai bumbu kacang, terancam pakai bumbu urap yaitu dari campuran parutan kelapa dan cabe, dan masih banyak lagi. Tapi kenapa yaa cara orang Indonesia menikmati salad ini salalu dimakan barengan dengan nasi, termasuk saya juga begitu hehee... kayaknya kok kurang mantep klo di makan gitu aja.  Berikut saya share resep salad sayuran udang dengan saus mayo :



SALAD SAYURAN & UDANG

Bahan:
100 gram udang kupas, buang kepala dan kulitnya dan sisakan ekornya
1/2 sdt air jeruk lemon
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

100 gram lettuce, sobek-sobek/iris kasar
50 gram kol putih, iris kasar
50 gram kol ungu, iris kasar
100 gram wortel, iris memanjang/serut
1 buah ketimun, potong dadu
1/4 buah paprika merah, potong dadu

Bahan Dressing:
150 gram mayones
1 sendok makan saus tomat
1/2 sendok teh air jeruk lemon
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh merica bubuk

Cara membuat:
  1. Lumuri udang dengan air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk. Diamkan 15 menit.
  2. Rebus udang dalam air mendidih sampai matang. Tiriskan.
  3. Dressing, aduk rata mayones, saus tomat, air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk.
  4. Sajikan salad dengan dressingnya.





Tidak ada komentar: