Kamis, 24 April 2014

NUGGET PISANG KEJU



Pisang lagi....pisang lagi.... jangan pernah bosan yaa kalau saya selalu posting olahan dari pisang. Kalau kemaren saya buat setup pisang dan oatmeal banana braed kali ini saya buat nugget pisang keju. Resep nya saya contek dari nugget pisang nya mba Renny Asti. Dalam membuat nugget pisang ini saya memakai pisang ambon yang kulitnya sudah hitam jadi bagian dalamnya bener-bener masak dan rasanya legit banget. Niatnya pisang yang memang sengaja saya diamkan ini  mau saya buat banana cake, tapi karena males bikin cake yang pake mixer akhirnya saya kepikiran buat nugget saja. 

Warna nugget pisang nya kurang menarik yaa... kelihatan gelap lapisannya. Apa karena nugget pisang yang di foto ini sudah saya simpan semalam di frezer yaa, soalnya kalau nugget yang langsung saya goreng setelah di balur bahan pencelup dan tepung panir warna nya coklat keemasan setelah digoreng dan yang ini nggak sempat saya foto karena langsung habis buat camilan anak-anak. Roti tawar yang saya gunakan juga roti tawar gandum, dan bisa jadi ini juga yang menyebabkab warna nuggetnya jadi gelap.

Selepas dari warnanya yang kurang menarik, kalau menurut saya rasa nuggetnya enak banget, apalagi kalau dimakannya waktu masih panas-panas, kerasa banget garing nya. Oiya sayangnya saya kelupaan ngasi keju lembaran di adonannya, inget-inget waktu udah masuk kukusan, yaa sudahlah hehe....tetep berasa kok kejunya.



NUGGET PISANG KEJU

Bahan :
2 bh pisang ambon , haluskan
4 lbr roti tawar tanpa kulit, saya pakai roti gandum
100 ml susu cair
50 gr keju cheddar parut
1 butir telur , kocok lepas
35 gr gula pasir
1/2 sdt garam
4 lembar keju lembaran, saya nggak pake

Bahan pelapis : 

Campur 25 gr tepung terigu+75 ml air  

100 gr tepung panir kasar

Cara membuat : 

  1. Sobek-sobek roti tawar, rendam dalam susu cair sampai lembut. Masukkan pisang, parutan keju dan gula pasir, aduk rata. Tambahkan telur kocok, garam aduk sampai tercampur rata.
  2. Tuang setengah adonan di loyang 16 x 16 X 4 cm yg telah dialasi plastik. Letakkan keju lembaran, tutup dengan sisa adonan. Kukus selama 25 menit. Angkat. Dinginkan.
  3. Potong-potong atau cetak sesuai selera, Celupkan pada bahan pelapis lalu balut dengan tepung panir, simpan dalam lemari es sekitar 30 menit .
  4. Goreng hingga kuning keemasan, angkat dan sajikan.

Selamat mencoba yaa....


4 komentar:

Risa Aricha mengatakan...

.mauu cobaaaa... :D
.resepnya simplee...

Isna Sutanto mengatakan...

Silahkan mba risa... semoga suka yaa :)

pungky fentiyana dewi lestary mengatakan...

mbak 100ml susu cair itu,pakai susu apa mbak? apa kayak susu kental manis indomilk 100 ml tanpa campuran air?

Isna Sutanto mengatakan...

haloo mba Pungky.....

susu cair seperti uht mba, saya pakai merk ultra full cream. Kalau mau pakai susu kental manis+air juga bisa.