Selasa, 08 April 2014

DONAT TAPE



Setelah kemarin buat roti-rotian sekarang waktunya buat donat, udah lama kayaknya nggak buat donat sendiri. Donat yang sudah pernah saya buat yaitu donat kentang, donat ala jco, donat ubi ungu bahkan croisant donat juga sudah pernah saya buat, mumpung punya tape singkong atau kata orang sunda mah namanya peyeum pengen coba ahh buat donat tape. Saya memakai resep donat tape ncc punyanya bu Fatma Bahalwan.  Donat tape ini adonannya sama dengan adonan donat biasanya yang hanya memakai tepung terigu, mungkin karena tape tidak terlalu berair dan teksturnya masih ada seratnya kali yaa jadi adonannya tidak begitu lembek. Sehingga ketika akan dibentuk adonan tidak begitu lengket ditangan, jadi waktu membuat lubang donat tinggal ditarik saja.

Adonan donat tape ini bau tapenya sama sekali tidak tercium, warnanya pun hampir sama dengan donat biasa. Tapi begitu digoreng baru deh keluar aroma tapenya, hmm... baunya semerbak kemana-mana persis seperti tape goreng tepung yang sedang digoreng. Cara membentuk donat bisa dengan menggunakan cetakan donat atau membuat lubang donat dengan cara menarik adonan. Dan cara menggorengnya cukup dengan menggunakan sumpit yang diputar-putar di lubang donat, sampai donat terendam minyak dan berubah warna menjadi kecoklatan.



Untuk hasilnya saya puas dengan donat tape ini, teksturnya lembut dan tidak terlalu padat. Kalau saya lebih suka donat yang hanya memakai taburan gula donat atau gula halus saja, daripada donat yang memakai berbagai macam topping.  Dan untuk selanjutnya kayaknya saya bakalan buat donat labu kuning nih, mumpung masih punya labu yang sudah di haluskan di frezer.



DONAT TAPE
Resep : Fatmah Bahalwan

Bahan A:
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
11 gr ragi instan
40 gr gula pasir
20 gr susu bubuk
½ sdt baking powder double acting, saya gak pakai

Bahan B:
200 gr tape singkong, haluskan
1 btr telur
175 ml air dingin

Bahan C:
40 gr mentega/margarin
1 sdt garam

Bahan lain: 
Minyak untuk menggoreng
Gula donat untuk taburan

Cara membuat : 
  1. Campur semua bahan A, aduk rata, masukkan bahan B, uleni hingga rata bergumpal-gumpal.
  2. Beri bahan C, uleni terus hingga kalis elastis.
  3. Potong dan timbang adonan masing-masing 40gr, bulatkan. Diamkan selama 40 menit.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api kecil. Lubangi bagian tengah tiap bulatan, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
  5. Angkat, dinginkan. Taburi dengan gula donat, atau beri topping sesuai selera.
Selamat mencoba yaa, semoga resep ini cocok. Salam donat... hehee ^^.


2 komentar:

VERONICA DHANI mengatakan...

belum pernah pakai tape mbak,,,,pengen nyoba juga, masuk daftar tunggu eksekusi niy,,,, :)

Isna Sutanto mengatakan...

ini juga saya baru pertama kali buat mba vero, dan ternyata enak.. recomended deh :)