Rabu, 09 April 2014

CUMI-CUMI MASAK HITAM



Seafood seperti udang, cumi dan kepiting adalah makanan favorit keluarga saya, mau dimasak apa aja pasti suka. Beberapa hari yang lalu kaka Kay request minta cumi hitam, padahal awalnya sama sekali nggak mau makan cumi kalau dibuat hitam seperti ini, hanya mau makan cumi kalau di goreng tepung dan dibuat saus tiram saja. Memang kalau diliat dari penampakannya cumi masak hitam ini kurang menarik ya, warnanya pucet dan gelap. Karena warnanya itu lah yang buat kaka Kay awalnya nggak pernah mau icip-icip, setelah nyoba jadi ketagihan...'dont judge the book from the cover' terbukti deh hehee.

Tinta cumi ini lah yang memberikan rasa masakan menjadi enak dan gurih, saat membersihkan jangan sampai kantung tinta cumi pecah yaa. Seperti saya kantung cuminya sebagian ada yang pecah jadi warna masakannya kurang hitam. Dalam memasak cumi-cumi gunakan api besar dan jangan di masak terlalu lama karena akan menyebabkan kulit cumi-cumi ini semakin mengkerut dan keras. Cukup sampai lapisan kulit cumi berubah warna saja.

Berikut ini tips cara membersihkan cumi-cumi agar kantung hitamnya tidak pecah, pegang kuat ekornya, lalu tarik bagian kepalanya secara horizontal, otomatis tinta hitam pada cumi juga akan ikut keluar. Potong tepat didekat kantung hitam tersebut jangan sampai pecah. Kemudian potong tentakel tepat dibagian mulut, sebelum matanya, buang bagian yang keras dalam mulutnya dengan cara ditekan nanti bagian yang keras itu akan keluar dengan sendirinya. Keluarkan juga tulang transparan yang seperti plastik. Cumi-cumi memiliki lapisan ungu berbintik, untuk mendapatkan cumi yang putih bersih harus mengelupas lapisan ini dengan cara menarik perlahan ke seluruh badan cumi.



CUMI-CUMI MASAK HITAM

Bahan :
500 gram cumi, cuci bersih buang bagian tulang yang seperti plastik jangan sampai kantung tinta nya pecah.
1/2 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam

1/2 buah bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, diiris tipis
3 siung bawang merah, diiris tipis
2 cm jahe, dimemarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 batang lengkuas, memarkan
4 buah cabai hijau, dipotong serong
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
100 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Lumuri cumi dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah, jahe, daun salam, dan daun jeruk sampai harum.
  3. Masukkan cabai hijau. Aduk sampai layu. Tambahkan cumi. Aduk rata.
  4. Masukkan air, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai kuah kental.
  5. Angkat. Sajikan.





1 komentar:

arya gita mengatakan...

Salam kenal dan salam berbagi Gan. mau menyebarkan informasi Rental Mobil Murah di Kuta bali Seandainya ada teman atau saudara yang datang dari luar kota ke bali dan butuh kendaraan bisa menguhubungi kami.(pengen cobain cake'nya yummy :)