Sabtu, 19 April 2014

PIZZA SUKA-SUKA



Kenapa pizza ini namanya Suka-suka?.... yaa karena topping nya isiannya seadanya, suka-suka aja mau dikasih topping apa aja hehe. Rencananya memang tidak niat buat pizza, tapi waktu liat stock bahan-bahan dikulkas ada mozzarela, paprika dan jamur jadi kepikiran makan pizza untuk makan siang. Kebetulan ada sisa tumisan daging cincang untuk topping pizza yang tadinya mau dibuat martabak telur tapi nggak jadi, karena kalau pagi-pagi serba buru-buru akhirnya tumisan dagingnya saya buat telur dadar saja.

Pizza ini buatnya serba praktis, untuk saus nya saya pakai saus bolognise botolan siap pakai, selain memakai paprika, tumisan daging sapi dan jamur, saya juga menambahkan jagung manis pipilan/yang sudah disisir. Pokonya untuk toping pizza nya berdayakan saja bahan-bahan yang ada dikulkas, bisa juga dengan menambahkan sayuran seperti bayam atau brokli. Satu resep dough pizza ini jadinya dua buah pizza ukuran sedang, untuk rotinya yang satu saya buat tebal dan satunya lagi saya buat tipis.





Bahan dough :
350 gr terigu protein tinggi
15 gr gula pasir
6 gr ragi instan
20 gr susu bubuk
200 ml air es
50 gr mentega
1 sdt garam

Topping :

sous bolognaise siap pakai, tumis daging sapi, jamur campignon, jagung manis pipil, bawang bombay, paprika merah, oregano dan keju mozzarela 

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kecuali air dan garam aduk rata. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis, jgan lupa tambahkan garam yaa. Diamkan sampai adonan mengembang 2 kali lipat kurang lebih 60 menit.
  2. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
  3. Tipiskan adonan dengan cara digiling atau letakan dalam loyang pizza. Tusuk permukaannya dengan garpu, diamkan 30 menit sampai mengembang.
  4. Oleskan bagian atas adonan roti dengan saus bolognise dan parutan mozzarela, beri topping dan taburi lagi dengan keju mozzarela dan oregano.
  5. Oven lagi selama 15-20menit sampai matang.
  6. Angkat, sajikan. 
Buat saya pizza enak dinikmati selagi masih panas, karena kejunya masih meleleh. hmm...yummy. Selamat membuat pizza suka-suka yaa... Happy cooking baking ^^.






Tidak ada komentar: