Senin, 21 April 2014

OATMEAL BANANA BRAED



Sudah berkali-kali saya buat banana bread ini, kadang saya tambahkan topping coklat chip, parutan keju atau potongan pisang yang dicampur di adonannya. Alhamdulillah selalu puas dengan hasilnya. Resep banana bread ini menurut saya termasuk resep anti gagal, cara membuatnya mudah sekali hanya mencampur bahan yang basah ke dalam bahan kering/tepung, mengaduk adonannya pun cukup sampai tercampur saja jangan sampai halus dan lembut.

Untuk kali ini saya mencampurkan 100 gram oatmeal dengan mengganti tepung terigu dengan jumlah yang sama. Dan untuk rasa dan tekstur menurut saya sama saja seperti banana bread yang full tepung terigu.  Banana bread ini selalu menjadi favorit saya karena buatnya mudah dan cepat, jadi cocok banget dijadikan menu untuk sarapan atau camilan. Saya juga pernah membuat cheese banana bread, resep bisa dilihat disini yaa. Dan berikut saya share lagi resep banana bread yang sudah saya modifikasi.





OATMEAL BANANA BREAD
(Adapted from Joy of Baking Modif by Me)


Bahan-bahan :
130 grams terigu serba guna/protein sedang

100 gram oatmeal
100 grams gula pasir
30 grams gula aren bubuk
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
120 gram butter/margarin, lelehkan dan dinginkan
 4 buah pisang ambon ukuran besar (sekitar 450 gram), hancurkan dengan garpu
1/2 sdt vanilli bubuk

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang loaf (saya pakai 2 loaf kecil), olesi dasar dan sisinya dengan mentega, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
  2. Dalam sebuah mangkok/baskom yang agak besar, ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir, gula aren bubuk dan oatmeal. Campur rata. Sisihkan.
  3. Dalam mangkok lain, campur pisang, telur, mentega leleh dan vanilla. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet. Aduk cukup hanya sampai bercampur saja, tidak usah sampai lembut dan halus.
  4. Tuang ke dalam loyang. Beri irisan pisang diatasnya. Panggang dalam oven selama 60 menit atau sampai matang dan kecoklatan. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi bersih.
  5. Angkat. Dinginkan lalu potong-potong. Sajikan.


Tidak ada komentar: