Jumat, 04 April 2014

LASAGNA TUNA



Sebenernya buat lasagna ini nggak direncanain, ini buatnya akhir bulan kemaren. Biasa kalau akhir bulan stock makanan di rumah menipis, isi kulkas pun melompong jadi bahan-bahan yang biasanya keselip karena nggak keliatan jadi jelas deh. Nah kemaren  pas buka kulkas kelihatan deh harta karun yang selama sebulan sembunyi di kulkas karena ketutupan bahan-bahan yang lain, dia adalah si mozzarella. Alhamdulillah kadaluarsanya masih sampai akhir bulan ini jadi masih aman dan kemasannya pun masih tertutup rapat. 

Petama liat mozzarella langsung terlintas deh buat bikin pizza, cek bahan-bahan pendukung yang lain masih punya cornet, tuna kalengan, saus spagheti siap pakai dan jamur champignon kaleng, sip semua sudah lengkap kalau mau dibuat pizza. Tapi waktu beres-beres lemari dapur jadi ragu mau bikin pizza karena liat makaroni dan dus lasagna, waduh.... bingung deh antara pizza, makaroni panggang dan lasagna, laper mata hehee. Sebelum jatuhkan pilihan tanya anak-anak aja dulu, dan mereka mintanya lasagna, oke deh kebetulan juga udah lama nggak buat lasagna. Langsung esekusi.





Saya memilih membuat lasagna tuna, karena kebetulan juga belum pernah membuat lasagna campur tuna, kalau pizza atau makaroni panggang pakai tuna sudah pernah saya buat. Untuk saus tunanya sengaja saya tambahkan wortel dan kacang polong, sayang tidak punya stok sayuran lain, kalau ada brokoli, paprika, tomat cerry atau nanas bisa juga ditambahkan. Alhamdulillah bisa menikmati lasagna untuk makan siang, yang di pirex cup itu jatahnya anak-anak, tapi karena kurang banyak jadi nambah yang di pinggan besar.

oh yaaa.... coba perhatiin deh permukaan yang di pinggan besar sama yang versi cup beda yaaa, yang di cup itu waktu manggangnya pas jadi kejunya masih meleleh dan bagian dalamnya cremy banget. Sedangkan yang di pinggan besar kelamaan di oven jadi bagian atasnya kering banget, kejunya sudah tidak meleleh lagi dan keras. Alhamdulillah bagian dalamnya masih creamy dan lembut, jadi masih enak... enak banget malah hehee.


LASAGNA TUNA
Bahan:
- 6 lembar lasagna
- keju Mozarella 
- oregano, untuk taburan

Saus tuna:
- 3 sdm margarine untuk menumis
- 1 buah bawang bombay, cincang kasar
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1 kaleng  tuna chunk in oil
- 100 gram kacang polong beku
- 1 buah wortel ukuran sedang, potong dadu
- 300 gram/1 kaleng saus spaghetti siap pakai, saya pakai Del Monte
- 1 sdt gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk

Saus Bechamel/saus putih:
- 2 sdm mentega
- 50 gram tepung terigu serba guna
- 500 ml susu cair
- 50 gram keju cheddar parut
- 1/2 sdt pala bubuk
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam

Cara membuat: 
  1. Saya menggunakan lasagna ready bake/langsung dipanggang. Jika menggunakan lasagna yang bukan siap pakai, maka rebus terlebih dahulu lasagna dalam air mendidih dan  garam hingga al dente. Tiriskan dan lumuri dengan sedikit minyak agar tidak lengket. Sisihkan. 
  2. Panaskan margarine, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan tuna, kacang polong, wortel aduk-aduk hingga sayuran layu. Masukkan saus spaghetti, aduk rata. Tambahkan gula pasir, garam dan merica. Aduk, cicipi rasanya dan angkat. 
  3. Saus bechamel : Lelehkan mentega dengan api kecil. Masukkan terigu, aduk rata. Tuangi susu cair sambil terus diaduk di atas api kecil sampai halus dan lembut serta tidak menggumpal. Masukkan keju cheddar parut, garam, merica bubuk dan pala bubuk. Angkat. Sisihkan.
  4. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin. Tata kulit lasagna, saus daging, saus putih. Tata lagi kulit lasagna, ulangi sampai habis. Akhiri dengan saus putih di bagian atas.
  5. Taburi dengan keju mozarella dan oregano. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 30-40 menit sampai bagian atasnya kuning sedikit kecoklatan dan matang.
     






2 komentar:

eva wahyu mengatakan...

aku maauuuuu..... nyam nyam nyam... kapan aku bisa bikin yo mbak??? susah nyari pasta lasagna di Blitar.

Isna Sutanto mengatakan...

di sepermarket kaya carefour, hypermart gitu disana gak ada yaa mba... ganti aja sama pasta lain kaya makaroni or spagheti hehee....