Jumat, 25 April 2014

CHURROS LABU KUNING



Churros adalah kue khas Spanyol yang bisa juga disebut Spanish doughnut. Adonannya mirip adonan kue soes, tapi bukan dipanggang melainkan digoreng. Di negara asalnya, churros sering disantap sebagai menu sarapan. Teksturnya renyah dan paling nikmat disantap sambil dicelupkan ke dalan saus coklat atau diberi taburan gula halus saja.

Churros yang saya buat ini memakai campuran labu kuning, masih dalam rangka memanfaatkan labu kukus yang ada difrezer. Resepnya saya liat punya mba Diah Didi dan saya hanya mengganti ubi dengan labu kuning saja tanpa mengganti bahan lainnya. Churros merupakan camilan favorit keluarga saya, biasanya kalau buat churros saya selalu membuat 2 kali resep. Kalau buat nya cuma satu resep selesai goreng, angkat langsung habis, dan begitu seterusnya, bukan cuma yang nunggu yang ngabisin churrosnya tapi yang goreng juga ikutan ngemil. Jadi begitu selesai digoreng churrosnya pun habis, boro-boro mau difoto hehee. Biasanya setengah saya goreng sisanya saya simpan di kulkas dan langsung di kemas dalam plastik segitiga. Jadi begitu mau digoreng tinggal semprotkan saja adonan ke dalam wajan.





 Awalnya saya menyemprotkan adonan di loyang terlebih dahulu, simpan dikulkas lalu goreng. Tapi ternyata adonannya lengket di loyang biarpun sudah saya taburi tepung sebelumnya. Mungkin karena adonannya terlalu lembek. Dan saya baru ngeh, kalau labu kuning setelah dikukus dan dihaluskan teksturnya lebih lembek dan berair. Akhirnya saya semprotkan langsung saja adonannya ke dalam wajan, untuk mutus adonannya saya pakai gunting yang sebelumnnya dicelupkan dulu kedalam minyak panas. Malah lebih cepet dan praktis. 

CHURROS LABU KUNING

Bahan :
150 gr labu kuning parang, kukus haluskan
200 gr terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
80 gr margarin
200 ml air
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
3 butir telur
Gula halus dan kayu manis, untuk taburan.
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Ayak terigu dan baking powder, sisihkan.
  2. Dalam panci masukan air, margarin, gula, garan dan vanili. Masak sampai margarin meleleh, kecilkan api. 
  3. Masukan campuran tepung, aduk sampai rata dan adonan kalis. Matikan api, angkat. Biarkan dingin.
  4. Tambahkan telur satu persatu dan labu kuning sambil terus dikocok menggunakan mixer, hingga adonan halus dan lembut.
  5. Masukan adonan ke dalam plastik segitiga, beri spluit 1M atau bentuk spluit sesuai selera.
  6. Panaskan minyak goreng lalu kecilkan apinya. Semprotkan adonan secara memanjang ke dalam wajan, ukuran dan bentuk sesuai selera.
  7. Sajikan hangat dengan taburan gula halus dan kayu manis.


Note :
- Dalam mencetak adonan churros bisa juga dengan cara menyemprotkan adonan di loyang yang sudah di taburi tepung, simpan sebentar dalam frezer sampai adonan sedikit keras dan bisa diangkat, lalu goreng.
- Kalau dengan cara seperti ini adonan bisa dibentuk macam-macam, misalnya bentuk bulat, love/hati atau bunga.



Churros labu kuning ini hasil garing di bagian luar tapi waktu digigit bagian dalamnya lembut, beda dengan churros yang hanya memakai tepung terigu saja. Tapi kalau buat saya dan keluarga mau yang mana saja tetep laris manis...... yumyum. Selamat mencoba yaaa, dijamin nggak mau berhenti ngemil *_^



6 komentar:

BFO mengatakan...

Malam mba, wah resepnya oke2 nih. Boleh nanya ngga kamera yg di pake kamera apa? Gambarnya apik banget hehe, makasih

Isna Sutanto mengatakan...

Camera Canon lens 50mm. Makasih sudah berkunjung yaaa :)

luvlieka mengatakan...

Salam kenal mba Isna, seneng baca blog nya :)

Kira2 labu kuning bisa diganti apa ya?

Isna Sutanto mengatakan...

hai Luvlieka......

salam kenal juga yaaa, labu kuning bisa diganti ubi ungu, ubi merah atau kentang.

else desiana mengatakan...

Selamat sore mbak Isna, kalo labu diganti pisang bisa enggak ya? Kalo bisa, jenis pisangnya apa? Trimakasih , sangat menginspirasi.

Isna Sutanto mengatakan...

Halooo mba else....

Saya belum pernah coba, tapi Kalau dilihat dari teksturnya sepertinya bisa diganti pisang. Mba bisa pakai pisang ambon atau pisang Cavendish yg sudah masak.