Senin, 28 Agustus 2017

PEYEK REBON



Assalamualaikum wrwb.

Haloooo.... Pa kabar? masih inget kan sama blog ini hehee....
Ternyata oh ternyata, sudah hampir setahun loh saya gak entri resep lagi. Sedih yaaa :(
Oke deh, yang lalu biarlah berlalu...kita mulai lembaran baru yaa, cieeee... semoga bisa rutin lagi share resep biar barokkah dan manfaat. Amin.

Buat pemanasan gak mau ngomong panjang-panjang ahh, eh maksudnya ngetik hehe... langsung share resep peyek rebonnya aja ya. Adonan ini hanya menggunakan tepung beras saja, namun hasilnya renyah tidak keras karena ditambah kuning telur. Untuk membuat peyek kacang tanah atau peyek kacang hijau bisa juga menggunakan adonan yang sama. Untuk kacang tanah bisa dibelah menjadi dua agar renyah hasilnya dan untuk membuat peyek kacang hijau, kacang direndam terlebih dahulu semalaman. Ini hasilnya lumayan banyak dan sampai 5 hari masih renyah gak melempem. Sepertinya sampai seminggu juga gak berubah, tapi saya gak bisa uji coba kerenyahan peyek ini sampe berapa lama. Wong dicemilin terus sama si ayah.... dibilang buat makan peyeknya malah buat temen nonto bola. Yaa sudahlah, next kita buat peyek kacang hijau yaa yang gak pake santan. Biar bebas ngemil tanpa merasa bersalah *_^

PEYEK REBON 

Bahan :
50 gram rebon
10 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris
180 gram tepung beras
1 butir kuning telur
350 ml santan
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
4 siung bawang putih
1-2 sdt ketumbar
3 butir kemiri, sangrai
2 cm kencur
Garam secukupnya

Cara membuat :
Aduk tepung beras, bumbu halus, dan santan sampai rata.
Tambahkan kuning telur, dan daun jeruk. Aduk rata.
Ambil satu sendok sayur adonan beri rebon. Tuang ke sisi penggorengan yang berisi minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang.
Siram-siram rempeyek sampai terlepas dari sisi penggorengan. Goreng sampai kuning dan kering.
Tiriskan, setelah dingin simpan dalam toples yang rapat.

Selamat mencoba...


2 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

foto peyeknya kayaknya enak :) saya blm pernah mencoba membuat peyek, karena mikirnya pasti susah. tapi ngeliat resep ini, kayaknya gampang ya... nanti mau nyoba bikin deh... makasih ya... :)

Isna Sutanto mengatakan...

haii mba Santi
bener klo ngebayangin bikin nya ribetnya, prakteknya sih mudah mba... cuma yaa itu harus sabar berlama2 depan kompor buat gorengnya :)