Senin, 10 Februari 2014

MIE HIJAU HOMEMADE



Lagi happening banget nih mie telor homemade dan berwarna-warni pula warna mie nya jadi semakin penasaran pengen ikutan bikin. Sebelumnya saya gak punya alat pembuat mie ini tapi karena penasaran jadi beli juga deh nih pasta maker. Toh gak ada ruginya juga punya alat ini, secara kami sekeluarga suka banget sama yang namanya mie dan mau di masak model apa aja selalu laris manis.

Dan ternyata buat mie tuh gampang banget yaa... jadi bangga banget waktu berhasil bisa bikin mie sendiri. Untuk perdana saya buat mie hijau dengan campuran jus sawi hijau, yaitu daun sawi yang diblender dengan air dan diperas/disaring lalu diambil airnya saja. Bisa juga dicampur dengan bit, wortel, bayam atau tinta cumi untuk menghasilkan warna mie diinginkan. Untuk resepnya saya pakai resep mie telor NCC yang sudah saya modifikasi. Kayanya bakalan sering nih buat mie telur homemade, gampang, rasanya enak dan yang pasti lebih sehat dengan campuran sayuran dan tanpa pengawet pastinya.




MIE HIJAU

Bahan :
500 gram terigu protein tinggi
3 buah telur utuh
100 gram jus sawi hijau
1 sdt garam

Cara membuat:
  1. Aduk rata tepung dan garam, tuangi telur yang sudah dicampur jus sawi. Aduk rata dan uleni hingga kalis. Lalu tipiskan dengan rolling pin, teruskan gilas dengan mesin pembuat mie hinga beberapa kali, sampai adonan halus.
  2. Beri taburan tepung sagu, lalu gilas dengan pemotong bentuk mie.
  3. Beri taburan tepung sagu sebelum dikemas dalam plastik.
  4. Mie siap digunakan.
Tips:
- Simpan mie dalam ukuran satu kali pakai dalam plastik, saya timbang 100 gram tiap plastiknya. Lalu simpan dalam wadah kedap udara dan masukkan  ke dalam kulkas. Mie bisa tahan sekitar seminggu.



  • Aduk rata tepung dan garam, tuangi telur, aduk rata dan uleni hingga kalis.
  • Tipiskan adonan dengan rolling pin, teruskan gilas dengan alat penggilas mie hinga beberapa kali, sampai adonan halus.
  • Beri taburan tepung sagu, lalu potong dengan pemotong mie.
  • Mie siap digunakan.
  • - See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2256#sthash.Sys0Q3ny.dpuf



    8 komentar:

    Rika Oktianti mengatakan...

    mauuuuu

    Isna Sutanto mengatakan...

    ayoo mba rika, bikin yuukk ^^

    Tika Dewi Kasturi mengatakan...

    pengen bikin tapi ga punya alatnya mba, ada saran?
    itu mienya jg bisa kenyal kah mba?

    Isna Sutanto mengatakan...

    Bisa aja kalau gak pakai pasta maker, digilas pake rolling pin berulang2 sampai adonan halus, gilas yg tipis lalu dipotong memanjang pakai pisau jd semua dikerjaain manual.

    mie yg saya buat hasilnya kenyal mba tika, taburi sagu biar ga kengket satu sama lain.

    Sashy mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    andrianykh mengatakan...

    sawinya diblender pake air?

    Isna Sutanto mengatakan...

    Iya sawi di blender dengan air dan diambil air perasannya sebanyak 100 gram. untuk banyaknya sawi dan air yg di blender sesuaikan saja dgn warna yg diinginkan.

    Anita Fauziah mengatakan...

    air perasannya 100ml ya mba?