Jumat, 21 Februari 2014

CRUNCY APPLE BANANA OATS MUFFIN



Ini nih yang paling sering saya buat untuk sarapan, praktis buatnya tinggal cemplang cemplung aja dan yang pasti orang di rumah suka muffin. Kalau buat saya paling enak dimakan pas hangat-hangat baru keluar dari oven, enak kerasa banget moist nya. Saya memakai resep muffin yang biasanya saya buat dan ini hasil utak-atik resep, yaitu untuk gulanya sebagian saya ganti gula aren bubuk dan yogurtnya saya kurangi dan diganti dengan menambahkan susu cair. Sengaja apelnya saya potong dadu biar ada sensasi cruncy nya begitu muffin ini dikunyah, sebagai pengganti almond atau kenari yang stok nya abis. Hasilnya memang lebih moist dan lembab teksturnya, ditambah lagi aroma gula arennya yang wangi. Berikut ini resepnya.






CRUNCY APPLE BANANA OATS MUFFIN

Bahan-bahan :
120 gr tepung terigu serbaguna
80 gr Oatmeal 
60 gr gula pasir
60 gr gula aren bubuk
1 sdt baking powder
½ sdt baking soda
¼ sdt garam
125 gr yogurt tawar
100 ml susu cair
2 butir telur
100 gr minyak zaitun
¼ sdt vanili bubuk
2 buah apel, potong dadu kecil
2 buah pisang, haluskan
50 gram kismis

Cara membuat :
  1. Panaskan oven pada suhu 200'C. siapkan loyang muffin, alasi semua lubang dengan paper cup, sisihkan. 
  2. Dalam mangkok besar, campur tepung terigu, oatmeal, gula pasir, gula aren, baking powder, baking soda dan garam aduk rata, sisihkan. 
  3. Campur yogurt, susu cair, telur, minyak, dan vanili dalam mangkuk lain, kocok dengan menggunakan wisk. 
  4. Tuang campuran yogurt kedalam mangkuk berisi campuran tepung, aduk asal campur menggunakan sendok kayu/spatula. 
  5. Tambahkan pisang yang telah dihaluskan, potong apel dan kismis, aduk rata.
  6. Tuang adonan kedalam cetakan muffin ¾ penuh. Masukkan ke dalam oven, panggang selama 25-30 menit hingga matang. 
  7. Keluarkan muffin dari oven, diamkan selama 5 menit, keluarkan muffin dari loyang, pindahkan ke atas rak kawat. Sajikan.





Tidak ada komentar: