Jumat, 11 Oktober 2013

GETUK GULUNG



Ikut-ikutan bikin getuk nih karena sempet jadi booming banget di group, getuk yang dibuat unik dengan penampilan beda karena dicetak pakai cetakan yang bentuknya mawar dan dibuat warna-warni jadi hasilnya cantik dan full color. Sudah hunting cetakan mawarnya karena niat mau buat juga seperti punya temen-temen di group tapi kok pada prakteknya males ya mau nyetak getuk satu-satu. Keinget deh sama postingan "Dapur 3D" yang buat getuk digulung, sip deh laksanakan. Buatnya jadi lebih cepat tinggal bagi dua adonan singkong beri pewarna yang satunya, giling lalu tumpuk dan gulung, siap dipotong. Simple hemat waktu deh.



Getuk (gethuk) adalah makanan berupa kue jajanan pasar yang terbuat dari bahan utama ketela atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian dikukus, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan kelapa.

Getuk yang dikenal/yang ada di pasaran yang saya tahu ada dua macam, yaitu getuk yang ditaburi potongan kecil gula jawa pada singkong kukus yang masih panas lalu ditumbuk kasar sehingga berwarna coklat tidak merata . Ada juga getuk lindri, yaitu singkong kukus yang dihaluskan dengan gula pasir, diberi pewarna makanan, vanili dan setelah itu dicetak kecil-kecil atau disusun memanjang dan dirapatkan. Ada juga getuk pisang dan getuk goreng yang merupakan modifikasi dari getuk. Biasanya getuk yang dijual di pasar tradisional  di jawa dibungkus dengan daun pisang atau daun jati, sedangkan kalau sekarang lebih sering melihat getuk dibungkus plastik ya.






GETUK GULUNG

Bahan-bahan :
1 kg singkong , cuci bersih potong potang dan kukus sampai matang
2 sdm  Margarine
90 gr gula pasir/sesuai selera
1/4 sdt vanilli bubuk optional
Pewarna makanan/pasta (pandan, strawberry atau moca sesuai selera) secukupnya

Taburan :
1/2 buah Kelapa setengah tua, bersihkan parut memanjang
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan
kukus semua bahan jadi satu

Cara membuat :
  1. Haluskan singkong yang sudah di kukus dalam keadaan masih hangat, kemudian masukkan margarine, gula dan vanilla, aduk sampai tercampur rata.
  2. Bagi menjadi 2 bagian, beri pasta strawberry/pewarna makanan salah satu bagian, aduk rata.
  3. Siapkan loyang kemudian alasi dengan plastik yang cukup besarnya kemudian ratakan adonan yang putih tekan-tekan.
  4. Kemudian tambahkan adonan yang sudah dicampur pasta diatas adonan putih lalu ratakan dengan sedikit ditekan tekan agar padat.
  5. Keluarkan adonan dari loyang dengan mengangkat plastik yang menjadi alas loyang lalu gulung sambil ditekan tekan agar padat.
  6. Diamkan sebentar dalam suhu ruang, potong, sajikan dengan kelapa parut.


Awalnya saya haluskan singkongnya dengan menumbuknya pakai ulekan yang dilapisi plastik. Wah lama banget enggak halus-halus pegelnya.... eh kok yaa enggak kepikiran yaa pake food procesor, langsung deh saya halusin pake FP tau gitukan dari awal aja ya.  Sayang banget nih kelapa parut yang saya pakai muda banget jadi waktu dikukus tambah nempel jadi jelek yaa penampilannya. Getuk ini dimakan sepotong aja udah bikin kenyang, padet tapi lembut teksturnya. Enak dimakan bareng teh hanget nih. selamat mencoba.

Tidak ada komentar: