Senin, 10 Maret 2014

MOIST OREO CHOCOLATE CUPCAKE



Waahh...ini sih namanya late post banget, buat cupcake ini udah hampir sebulan yang lalu  pas hari ulang tahunnya kaka Kayla 13 Februari bulan lalu. Permintaan kaka Kay waktu ditanya mau dibuatin apa cuma minta pengen ngehias cake pakai fondant sendiri kayak main play doh katanya. Alhamdulillah permintaannya simpel, tapi karena di rumah enggak ada yang suka cake pakai fondant akhirnya saya buat cupcake aja.

Kali ini lagi pengen buat cupcake yang moist, searching di google pakai kata kunci 'moist chocolate cupcake' langsung bermunculan banyak resep cupcake. Liat pic nya saya tertarik dengan resep dari foodess.com dalam resep ini menggunakan cream cheese frosting dan potongan oreo di atasnya, sedangkan kalau yang saya buat tidak memakai frosting hanya menambahkan potongan biskuit oreo di adonannya. Hasilnya cupcake ini beneran moist banget tekstur cakenya lembab sedikit padat dan ada aroma kopinya. Kalau mau rasa coklatnya lebih menonjol bisa ganti air kopi dengan susu coklat. Kalau buat saya oreo cupcake ini enak dimakan gini aja gak pakai apa-apa lagi tapi kalau mau lebih mantap bisa di tambah nutella loh, pasti tambah istimewa banget rasanya. Resep ini sudah saya terjemahkan sesuai kemampuan saya dan disesuaikan dengan bahan yang ada kalau mau liat resep aslinya bisa dilihat disini yaa.




MOIST OREO CHOCOLATE CUPCAKE 

Bahan :
1¾ cup terigu serbaguna
2 cup gula kastrol
¾ cup coklat bubuk
1½ sdt baking soda
¾ sdt garam
2 butir telur ukuran besar
1 cup buttermilk (1 cup susu uht ditambah 1 sdt cuka, diamkan 10-15 menit sampai sedikit kental)
½ cup butter/mentega leleh, saya pakai 110 gram
1 sdt vanilla bubuk
1 cup air kopi (2 sdt instant coffee ditambah 1 cup air panas)
Biskuit oreo, patahkan menjadi 4-6 bagian.

Cara membuat :
  1. Panaskan oven. Siapkan paper cup dalam loyang atau gunakan loyang muffins
  2. Ayak terigu, coklat bubuk, baking soda dan garam campur dalam satu wadah lalu tambahkan gula, aduk rata. 
  3. Campur jadi satu telur, buttermilk, mentega cair dan vanilli bubuk aduk rata. Tuang dalam campuran terigu lalu kocok dengan mixer sampai tercampur rata kira-kira 3 menit. Matikan mixer.
  4. Tambahkan kopi panas dan aduk dengan spatula sampai adonan tercampur. Adonan akan menjadi lebih basah dan cair.
  5. Tuang dalam paper cup, beri potongan oreo dan panggang sekitar 25-30 menit atau sampai permukaan kering dan elastis ketika di tekan.
  6. Angkat, dinginkan  dalam rak kawat.



Setelah oreo cupcake ini dingin, sekarang giliran kaka Kayla yang mau menghias cupcakenya sendiri dengan fondant. Ini beneran hasil karya kaka loh nyontek di buku 'Cupcake Hias', mama hanya bantu mewarnai fondannya dengan pewarna seadannya saja makannya warna figurinnya juga enggak nyambung tuh. Ada tiga cupcake yang kaka hias pakai fondant, dan cuma satu cupcake ini yang tersisa. Katanya yang ini sayang mau dimakan soalnya figurinnya mirip sama kaka Kay rambutnya kruwel-kruwel hehe...






6 komentar:

Bunda Nina mengatakan...

waaah kakak Kay sepertinya ada bakat buat dekor cake/cupcake nih. Dekornya keren lhooo...suka liatnya

Isna Sutanto mengatakan...

Kay suka banget main play doh bun, jadi seneng bentuk2an ^^

Abidah Fitriyah mengatakan...

Cantik fondant kakak kay *kayak nama putriku* minta hias cupcake juga. Ijin copas ya mbak

Isna Sutanto mengatakan...

Silahkan mba, Waahh...sama yaa, sebenarnya nama nya kayla dipanggilnya kay hehee

Mahirah Safira mengatakan...

mba, ukuran cupnya brp gram yaa?

Isna Sutanto mengatakan...

ini mba ukuran cup ke gram yang umum digunakan :
Tepung terigu 1 cup = 140 gram = 15 sdm
Gula pasir 1 cup = 225 gram = 17 sdm
Gula halus 1 cup = 160 gram
Gula palem 1 cup = 140 gram
Maizena 1 cup = 125 gram
Sagu/kanji 1 cup = 125 gram
Tepung beras 1 cup = 110 gram
Tepung roti 1 cup = 115 gram = 17 sdm
Almond bubuk 1 cup = 170 gram = 17 sdm
Kismis 1 cup = 190 gram = 12 sdm
Kenari cincang 1 cup = 150 gram = 10 sdm
Mete cincang 1 cup = 160 gram
Havermout 1 cup = 90 gram
Mentega/Margarine 1 cup = 200 gram
Minyak goreng 1 cup = 220 gram
Coklat bubuk 1 cup =112 gram

Semoga membantu yaa mba :)