Rabu, 26 Maret 2014

IKAN ASIN TERONG CABE HIJAU




Kalau buat saya sih daripada makan ayam goreng atau rendang daging sapi saya lebih memilih ikan asin. Apalagi kalau dimakan pake nasi hangat, lalapan plus sambel dan yang nggak boleh ketinggalan favorit saya banget yaitu tempe goreng, wuih... bisa-bisa nasi satu macig com abis tuh hehee. Dirumah yang suka ikan asin cuma saya, suami sih mau makan tapi masih suka pilih-pilih dan yang jadi kesukaannya cuma teri medan aja. Untuk membuat ikan asin cabe hijau ini bisa pakai ikan asin apa aja, bisa ikan asin sepat, teri, japuh, cumi asin dan sebagainya.

Kali ini saya menambahkan tempe yang diiris tipis lalu digoreng kering dan terong yang digoreng sebentar saja biar tidak blenyek jadi masih tetap cruncy teksturnya. Saya kurang tau ikan asin yang saya pakai ini namanya ikan asin apa, bentuknya seperti ikan asin sepat tapi ini tipis dan tidak terlalu asin. Karena disini susah cari cabe hijau keriting jadi saya pakai cabe hijau yang besar, dan cabe ini buat saya kurang pedas. Jadi saya tambahkan cabe rawit merah utuh saja, karena tidak punya cabe rawit hijau. Karena ada campuran tempenya alhamdulillah suami mau ikutan makan biarpun dikit. Kalau saya sih nggak usah ditanya ya suka banget, makannya ditambah potongan timun dan krupuk Alhamdulillah nikmat.






IKAN ASIN TERONG CABE HIJAU

Bahan :
 1 buah ikan asin, cuci di air keran sebentar saja, potong-potong lalu goreng kering.
1 papan tempe, potong tipis goreng kering.
8 buah terong bulat hijau, belah menjadi 4-6 bagian. Goreng setengah matang sampai berubah warna.
1 sdt air jeruk nipis
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
garam, secukupnya 
8 buah cabe rawit merah (saya tambahkan, biar pedesnya mantap)
3 sdm minyak untuk menumis

Bahan sambal hijau :
10 buah cabe hijau besar
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah tomat hijau sedang

Cara membuat :
- Ulek kasar bahan sambel hijau jangan sampai halus. 
- Tumis sambel hijau sampai harum dan cabe layu tambahkan daun salam, daun jeruk, gula pasir, merica dan garam
- Tambahkan perasan jeruk nipis bila suka ada rasa asem, masukan ikan asin, tempe dan terong. Aduk rata.
- Angkat. Sajikan

Selamat mencoba yaaa.... Happy cooking...







2 komentar:

Lina Herlina mengatakan...

Waduh Mbak Isnaaaaaaaaaaaaaaaa, jadi lapar di siang bolong di bulan puasa ini ha ha ha ha.
Alhamdulillah ada ikan asin di dapur, nanti mau buat seperti resep ini boleh yaaa.
Sehatttttttt dan selalu sukses yaaa.

Isna Sutanto mengatakan...

mba lina, jangan tergoda mba... ayo ditahan ampe magrib hehee.... ini emang menu simple tapi bisa ngabisin nasi nih mba :)