Selasa, 11 Maret 2014

PUDING SUTRA ORANGE



Apa sih yang enak dimakan kalau udara panas dan gerah? pasti yang dingin-dingin dan seger yaaa. Udah beberapa hari ini udara di Denpasar panas banget, enaknya minum yang dingin-dingin kaya es buah atau es kelapa muda... tapi anak-anak lagi pada batuk pilek jadi menghindari dulu minuman yang pake es batu deh. Yaa sudah buat puding saja, puding sutra yang bikinnya simple dan enak.

Puding sutra atau ada juga yang bilang puding susu, puding putih atau puding tahu. Karena warnanya putih dan teksturnya lembut dibuat dari susu kental manis tanpa tambahan gula lagi. Biasanya kalau buat puding ini saya hanya menggunakan agar-agar saja tapi kali ini saya tambahkan nutrijel agar lebih kenyal, kokoh dan tidak terlalu lembek. Puding ini memang tidak ditambah gula pasir lagi karena nanti akan disiram dengan sirup, bisa menggunakan sirup squash orange, sirup mangga atau memakai buah kalengan. Setelah di beri sirup puding disimpan dalam kulkas sampai sirup meresap diseluruh permukaan puding, lebih lama akan lebih enak dan warna pudingnya jadi berwarna. Memang cocok banget deh udara panas makan puding dingin....sruputttttt.....nikmatnya *_^

 



PUDING SUTRA

Bahan :
1 bungkus agar-agar bubuk putih
1 kaleng susu kental manis
5-6 kaleng air (ukur menggunakan kaleng susu)
1/2 bungkus nutrijel plain

Toping :
Sirup ABC squash

Cara membuat :

- Aduk semua bahan, panaskan sampai mendidih. Angkat. Biarkan uap panas hilang.
- Masukan agar-agar dalam cetakan yang sudah dibasahi atau cetak dalam cup puding. Biarkan mengeras.
- Tuang setengah botol sirup sampai agar-agar terendam air sirup, diamkan dalam kulkas sampai sirup set (saya sampai semalaman).



1 komentar:

Anonim mengatakan...

mba saya mau tanya..

bisa gak kalo sirupnya dicampur langsung di puding yg baru diangkat dari kompor? jadi nanti sausnya saya mau pakai vla aja, bukan sirupnya. sedangkan sirupnya buat perasa si puding.

dan kalo pake pop ice bisa gak mba?

makasih mba -rika