Jumat, 07 Maret 2014

SAMBEL GORENG UDANG BUNCIS





Pasti semua sudah pada tahu yaa menu yang satu ini. Ini adalah salah satu menu yang paling sering saya buat, selain buatnya yang cepat dan praktis, menu sambel goreng udang ini jadi kesukaanya hubby. Dan pastinya semua juga sudah tahu cara membuatnya yaa, dan ini saya share menu  sambel goreng ala saya. Sambel goreng udang ini bisa dibuat sesuai selera, bisa juga ditambahkan tempe, tahu, terong atau kentang.

Udang yang saya gunakan ukurannya lumayan besar, dan ini stok udang terakhir yang saya punya. Karena sudah hampir satu setengah bulan ini saya tidak pernah belanja udang, alhamdulillah dapet subsidi dari tetangga yang punya tambak udang hehe... rejeki gak kemana yaa. Berikut ini resepnya :

SAMBEL GORENG UDANG BUNCIS

Bahan :
- 500 gram udang, kupas kulit dan kepalanya sisakan ekornya
- 200 gram buncis, potong kira-kira 5cm
- 15 buah telor puyuh rebus
- 2 buah daun salam
- 1 batang sereh
- lengkuas
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- bumbu penyedap (optimal)
- 2 sdm minyak goreng

Bumbu halus :
- 4 buah cabe merah
- 6 buah cabe rawit merah
- 8 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Goreng udang setengah matang sampai berubah warna. Angkat, sisihkan.
  2. Gunakan minyak sisa menggoreng udang untuk menumis bumbu sampai harum. Masukan daun salam, lengkuas dan sereh.
  3. Beri garam, gula pasir dan penyedap bila suka, aduk rata masukan buncis. 
  4. Tambahkan sedikit air, masukan udang dan telur puyuh rebus aduk dan biarkan sampai bumbu meresap .
  5. Cicipi rasanya, kalau sudah pas angkat dan siap disajikan.


Tidak ada komentar: