Rabu, 19 Maret 2014

BROWNIES KUKUS PISANG



Untuk kali ini saya buat brownies pisang yang versi kukus, memang resep aslinya dikukus dan waktu itu saya coba  buat brownies ini tapi dipanggang bisa dilihat disini. Buat brownies pisang ini karena memberdayakan pisang ambon yang sudah masak banget, kulitnya hitam dan sedikit blenyek, yang sudah saya simpan dikulkas 2 hari. Karena kalau weekend dapur memang tutup produksi, soalnya pegawainya mau jalan-jalan dulu hehe... Masih memakai resep punya mba Endang, hanya saja karena stok dcc/coklat blok cuma punya 100 gram maka saya tambahkan susu kental manis/SKM coklat sebagai penggantinya sebanyak 60 gram.

Saya suka banget dengan resep brownies ini karena mudah dan cepat membuatnya. Saya buat brownies ini sore-sore karena baru keinget sama si pisang bleyek ini, dan gak sampe berlama-lama di dapur alhamdulillah langsung jadi nih brownies pisang. Baru aja mau dijepret ehh anak-anak sudah antri minta dipotong, yaa sudah akhirnya foto seadanya saja deh soalnya mamanya juga udah nggak sabar pengen nyicipin hehe. Hampir sama dengan brownies pisang yang dipanggang rasa brownies kukus ini moist dan lembut juga, malah teksturnya lebih lembab jadi moistnya lebih berasa. Mau di panggang atau di kukus buat saya brownies pisang ini tetep enak, thanks buat mba Endang yang udah mau berbagi resep ini yaa.
Met mencoba, happy baking ^^.






BROWNIES PISANG KUKUS

Bahan :
- 100 gram dark cooking chocolate/coklat blok
- 60 gram susu kental manis coklat
- 125 gram gula pasir  
- 3 sdm mentega
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 300 gram pisang ambon/cavendish/raja, haluskan dengan garpuh
- 2 btr telur ukuran besar, kocok lepas
- 100 gram terigu protein sedang
- 1/2 sdt baking powder
- 20 gram coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik  
- 1/2 sdt garam
 
Cara membuat :
  • Siapkan loyang ukuran bulat diameter 18cm olesi dengan mentega dan alasi bagian dasarnya dengan kertas roti. Sisihkan.
  • Siapkan mangkuk, ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata. Sisihkan. 
  • Siapkan mangkuk tahan panas (kaca atau alumunium), letakkan mangkuk diatas panci berisi air mendidih. Masukkan coklat blok ke mangkuk dan panaskan dengan api kecil menggunakan teknik double-boiler (tim) hingga coklat meleleh. Angkat dari api.
  • Aduk coklat dengan spatula balon hingga smooth, tambahkan gula pasir, mentega/margarine, dan vanilla ekstrak, aduk hingga semua bahan larut dan menjadi halus. Jika terlalu kental panaskan sebentar di panci berisi air mendidih hingga menjadi agak lumer.
  • Tuangkan coklat leleh dan susu coklat ke dalam mangkuk yang agak besar, masukkan puree pisang ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan telur kocok, pastikan coklat tidak panas saat menambahkan telur agar telur tidak matang. Aduk hingga adonan halus.
  • Masukkan tepung dalam tiga tahapan, aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. 
  • Kukus dalam dandang yang air nya sudah mendidih lalu kecilkan apinya, kukus selama 35-40 menit atau sampai brownies matang, lakukan tes tusuk. Angkat, dinginkan dalam rak kawat.


 

4 komentar:

Perusahaan O.D.A.P mengatakan...

BLog Anda Sangat Bagusss...

Kesempatan Kerja Sampingan Gaji Hingga 15 Juta/bln

1. Karyawan tetap, gaji pokok 2 jt/bln.
2. Segala jurusan SMU, SMK, D1, S1 dll..
3. Tugas pekerjaan dapat dikerjakan melalui HP, warnet, Rumah, Sekolah dll (dengan system online) tanpa mengganggu rutinitas anda sehari-hari.
4. Tugas pekerjaan: Mengentry data (memasukkan data) secara online melalui web perusahaan.
5. Gaji : Per entry data Anda dibayar 10rb rupiah, Bila sehari anda sanggup mengentry 50 data maka GAJI Anda 10rbX50Data=500rb rupiah/hari, Bila dalam 1 bln maka 500rbX30hari=15Juta/bln.
6. Kesempatan terbatas untuk 200 orang.
7. Pendaftaran: Kunjungi "WEBSITE" kami dibawah iklan ini, daftarkan nama lengkap dan email anda untuk verifikasi keanggotaan.

http://newkerjaonline2014.blogspot.com/

Ika Luriwulandari mengatakan...

salam kreatif & inovatif mba...keren deh resepnya..klo bikin brownies tapi ga pake coklat bisa ga? trus ditambah rasa pandan. aq pernah nyoba tapi bantat..hiks...hiks...klo bisa share resepnya yaaahh....

Isna Sutanto mengatakan...

halo mba ika...
bisa aja mba ika, tapi namanya bukan brownies lagi tapi jadi cake pisang kukus :)

Lutfi Halifah mengatakan...

halo mba isna. mau tanya, pisang yang dipakai itu pisang yg bagaimana ya mba? uda mateng atau yg mau mateng gitu? makasih