Kamis, 20 Maret 2014

PUMPKIN PIE



Hasil dari bersih-bersih frezer menemukan banyak harta karun, ada labu kuning/pumpkin yang sudah dihaluskan, ubi merah halus, kelapa parut, daging sapi gilling, kulit lumpia, dan putih telur di plastik-plastik kecil. Wah sampai lupa udah dari kapan bahan-bahan itu nginep di frezer. Liat labu kuning langsung keinget pumpkin pie dan pernah bookmark resep pumpkin pie dari blog nya mba Hesti. Setelah melihat resepnya dan cek bahan-bahannya pun ada semua dirumah, langsung deh esekusi.

Karena labu kuning yang saya punya hanya 300 gram, akhirnya saya buat adonan fillingnya setengah resep saja dan adonan kulitnya tetap satu resep. Saya menggunakan loyang pie ukuran 18cm dan 3 buah loyang pie diameter 10cm. Alhamdulillah adonan kulit dan fillingnya bener-bener pas nggak ada yang nyisa. Kalau diresep aslinya menggunakan loyang pie ukuran 25 cm. Diresep mba Hesti menggunakan krim kental untuk adonan fillingnya, sedangkan saya hanya menggunakan susu cair saja. Rasa labu kuning fillingnya lembut banget, enak, dan susunya berasa. Perpaduan kulit pie yang renyah dan labu kuning yang lembut bener-bener cocok, dimakan dalam keadaan dingin juga enak. Berikut ini resepnya yaa...






PUMPKIN PIE
Jamie Oliver's recipe

Bahan kulit pie :
- 250 gr tepung protein tinggi
- 50 gr gula halus
- 150 gr mentega, dinginkan lalu potong-potong
- 1 butir telur, kocok lepas
- 1/4 sdt garam
- 1-2 sdm susu uht dingin

Bahan filling : 
- 250 gr labu kuning 
- 250 ml susu cair 
- 100 gr gula pasir
- 1 vanili pod, keruk isinya, bisa juga diganti dengan vanili bubuk
- 1 butir telur

Cara membuat :
  1. Kulit : Campur terigu, gula halus dan garam, aduk rata. Masukan mentega dingin, aduk dengan ujung-ujung jari atau menggunakan pisau pastri sampai berbentuk remahan. Tuang telur dan 1 sendok susu, aduk dengan sendok kayu sampai adonan menggumpal dan  tercampur rata.Bungkus dengan plastik wrap, simpan dalam kulkas selama 30 menit.
  2. Keluarkan adonan kulit, giling tipis kira-kira setengah senti lalu cetek dalam loyang pie (saya pakai loyang diameter 18 cm dan 3 buah loyang pie ukuran kecil). Tusuk-tusuk dengan garpu lalu simpan lagi dalam kulkas selama 30 menit.
  3. Filling : Campur jadi satu dalam panci, labu kuning, susu cair, gula pasir dan vanili masak dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih. Tutup panci jangan terlalu rapat, masak sampai labu benar-benar matang dan air nya menyusut. Angkat, dinginkan lalu blender sampai halus. Sisihkan.
  4. Sambil menunggu adonan filling dingin, Panggang kulit pie selama 10 menit atau sampai setengah matang. Jangan lupa alasi dasar kulit pie dengan kertas roti dan beri pemberat, bisa dengan kacang-kacangan agar ketika dipanggang dasar kulit tidak menggelembung. Ambil kertas roti dan pemberatnya panggang lagi selama 5 menit. Angkat, sisihkan.
  5. Kocok telur lalu tuang kedalan adonan filling yang sudah dingin, aduk menggunakan wish sampai tercampur.
  6. Tuang diatas kulit pie lalu panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan filling mengeras di bagian pinggirnya dan lembek di bagian tengah.
  7. Angkat, biarkan dingin sampai filling terlihat set. Potong dan sajikan.

Selamat mencoba, happy baking ...


6 komentar:

eva wahyu mengatakan...

wuah... mau mbak!!! pasti enak banget,kapan ya aku bisa eksekusi resep ini?? malesnya lg kumat.
jd ngingetin aku kalo banyak harta karun jg d frezeer. hehhehe...

Isna Sutanto mengatakan...

iya ini enak banget lohh..beneran gak boong (biar makin penasaran)hehe..
emang suka gitu yaa nimbun makanan di kulkas ampe gak ketauan, ayo mba segera diberdayakan harta karunnya ^^

Retno Kusuma Wardani mengatakan...

Wiih...fotonya bagus-bagus....pasti enak nih...

narendra keane mengatakan...

Mbaaa..saya mau tanya dong, itu di fillingnya kan di tambah telur 1 btir ya..nanti rasa pie nya amis ga??

Isna Sutanto mengatakan...

haii mba Narendra....

gak amis mba, karena ditambah vanila jadi hilang bau amisnya.

Alisa Boomby mengatakan...

Labu kuning dan kabocha kuning itu sama atau beda ya?