Jumat, 20 Desember 2013

AMERICAN RISOLES



Kalau biasanya makan risoles isiannya rogut atau sayuran, risol yang ini isiannya beda dan lain daripada yang lain. Konon kabarnya risoles ini asalnya dari Amerika, padahal di Amerika sendiri gak ada tuh yang namanya risoles hehe.... dikasih nama american risoles karena isiannya rada kebarat-baratan yaitu  terdiri dari smoked beef, keju, telur dan mayonaise kalau suka bisa ditambahkan daun selada. Baru pertama kali bikin american risoles ini, alhamdulillah komentarnya semua suka enak banget katanya, apalagi anak-anak doyan banget deh ditambah keju didalamnya.

Risoles yang saya buat ini satu resep jadinya 18 buah risoles karena saya buat kulitnya tipis dan saya cetak pakai wajan anti lengket yang ukuran kecil.  Agar kulitnya tidak mudah sobek dan lentur gunakan tepung terigu protein tinggi dan untuk isian bisa diganti sesuai selera seperti smoked beef bisa diganti dengan sosis tapi kalau ingin merasakan risoles yang ala amerika banget sih jangan ganti bahan yang lainnya yaa ntar jatuhnya malah jadi risolen isi rogut deh.







AMERICAN RISOLES

Bahan kulit :
100 gram terigu protein tinggi
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
  1 butir telur
300 ml susu cair
1/2 sdm margarin dilelehkan atau 1 sdm minyak goreng

Isi :
Smoked beef,  potong jadi 2
Keju cheddar, dipotong memanjang
Telur rebus, 1 butir potong jadi 6
Mayoinase


Pelapis :
2 butir telur, kocok lepas
Tepung panir/bread crumbs secukupnya

 
Pelengkap :
Saus tomat/Saus sambal

 
Cara membuat :
  • Ayak terigu dan taruh dalam wadah. Beri garam dan merica bubuk, aduk rata. Buat lubang di tengah terigu, masukkan telur, aduk dengan menggunakan hand whisk. 
  • Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan benar-benar mulus dan tidak ada yang bergerindil. Saring bila perlu. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
  •  Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil. Buat dadar tipis-tipis (sekitar 1 sendok sayur per 1 lembar). Masak sebentar hingga permukaannya tidak lengket. Angkat. Lakukan sampai habis.
  • Ambil selembar kulit, tata bahan isi, lipat dan gulung. Lakukan sampai habis.
  • Gulingkan ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir. Lakukan sampai habis.
  • Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan saus tomat dan saus sambal.


Kayaknya risoles ini bakalan jadi camilan favorit karena baru bikin udah di request lagi sama anak-anak, seneng banget kalau apa yang kita buat disukai keluarga di rumah. Ini jadi penghargaan yang bikin semangat buat nyoba resep-resep baru terus.  Kalau mau tidak sekaligus di goreng risoles ini bisa disimpan dalam wadah kedap udara di frezer, kalau mau disajikan sebelum digoreng didiamkan terlebih dahulu disuhu ruang sampai risoles tidak beku lagi. Met mencoba.... ^^




2 komentar:

melysa tisa mengatakan...

mbakkk hasil foto-foto mbakk kereeen...jadi tambah ngilerr ngeliat semua makanan di foto blog-nya mbak

Isna Sutanto mengatakan...

terima kasih mba, semoga dicoba yaa mba resep2nya dan cocok