Jumat, 06 Desember 2013

KUE CUBIT



Tau dong kue cubit, kue yang imut-imut dan bentuknya lucu-lucu ini selalu bikin nagih yaa... enggak cukup kalau cuma makan satu aja pasti maunya nambah terus. Kue cubit termasuk dalam jajanan sederhana tapi cukup populer, banyak dijumpai di pasar tradisional atau pinggir jalan yang menjadi salah satu jajanan enak dan favorit. Kalau di si abang yang jual kue cubit biasanya kue cubitnya polos dan bisa request kalau mau dibuat setengah matang atau dibentuk jaring laba-laba yang lebar.

Saya enggak punya cetakan kue cubit jadi saya pakai holepan diameter 5cm aja yang adonannya saya masukin sedikit sekitar setengah tinggi lubang cetakannya. Untuk resep saya lihat di Majalah Femina tapi jumlah bahannya banyak yang saya modifikasi, seperti terigu yang saya kurangi dan margarin yang saya tambah jumlahnya, dalam resep asli menggunakan air disini saya ganti dengan susu cair.




KUE CUBIT

Bahan :
3 butir telur ayam
180 gr gula pasir 
100 gr margarine, lelehkan
1/8 sdt vanili bubuk
200 ml susu cair
1/4 sdt soda kue
250 gr tepung terigu serba guna
1/2 sdt garam

Topping :
coklat mesis/keju cheddar parut

Cara Membuat :
  • Ayak tepung terigu, soda kue dan garam dalam satu wadah, sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir hingga putih. Masukkan campuran tepung terigu sambil aduk perlahan hingga rata.
  • Tambahkan margarine leleh, vanili dan air, aduk rata. Diamkan selama 60 menit hingga berbuih, sisihkan.
  • Panaskan cetakan kue cubit diatas api kecil, olesi margarine hingga rata. Tuang adonan kedalam cetakan hingga 3/4 tinggi cetakan, tutup. 
  • Jika pinggiran sudah keliatan kering dan permukaan keluar gelembung taburi permukaan dengan mesis, tutup lagi masak hingga matang. Angkat. Sajikan.


Satu resep ini lumayan banyak loh jadinya.  Kemarin saya buat untuk camilan siang anak-anak dan setengah adonannya saya simpan dikulkas untuk besok paginya. Kaka Kay minta yang pakai taburan keju cheddar diatasnya buat bekal sekolah, sayang yang ini gak sempet dijepret karena emang gak bisa nyantai kalau pagi-pagi harus pegang kamera sih hihii...


Ade Khansa yang hobi banget ngemil...... 
Sambil nemenin mama yang lagi foto-fotoin kue cubit ade malah nyomotin kue cubitnya terus tuh.


5 komentar:

Desire 2 Eat mengatakan...

enak banget tuh keliatannya

Isna Sutanto mengatakan...

iya mba, imut2 nih sekali hap aja :D

Anonim mengatakan...

Saya dah coba resepnya mba, enak dan empuk. Saya kmrn bikin 2x resep mba, yg dipanggang pertama dan kedua bentuk kuenya bagus, yg berikutnya agak bantat. Mgkn krn adonannya kelamaan nunggu ya mba...gmn caranya biar gk bantat mba...?

Isna Sutanto mengatakan...

Halooo.....

Kalau adonan yg awal empuk tapi yg berikut bantat, bisa jadi mengaduk nya kurang rata jadi masih ada margarin cair dan terigu yang belum tercampur. Lebih baik sebelum di cetak kocok lagi aja adonan pakai wisksebentar untuk memastikan odonan licin n tercampur.

Anonim mengatakan...

Udh saya aduk mba biar rata, tp ttp beda hasil kue yg diawal adonan. Klo over mix saya takut tambah bantat....mba, kok jarang posting? Saya suka dgn hasil kue yg mba buat..