Selasa, 14 Oktober 2014

KUIH KASWIH GULA MERAH



Kuih kaswih adalah kue tradisional negara tetangga kita yaitu Malaysia. Ini kedua kalinya saya buat jajanan atau camilannya upin ipin hehee. Maksudnya camilan dari negara si upin ipin ini tinggal, sebelumnya saya pernah buat karipap pusing. Sebenernya saya buat kue ini karena ingin berpartisipasi dalam tantangan Masak bareng yang temanya adalah Kuliner Malaysia. Makanya saya jadi rajin searching resep-resep kue atau masakan dari Malaysia. Dari banyak resep yang saya lihat, saya paling tertarik dengan resep kuih kaswih. Kuih kaswih ini ada yang menggunakan gula merah dan ada juga yang memakai pandan, atau memadukan keduanya sehingga ada dua lapisan coklat dan hijau.

Kuih kaswih yang saya buat yaitu kaswih gula merah, resepnya saya lihat dari blog Dapur Tanpa Sepadan. Untuk menghasilkan kue kaswih yang kenyal penggunaan air kapur jangan di hilangkan, karena ini yang membuat rasa kue kaswih original. Bila ingin warna kue yang gelap bisa dengan menambahkan pewarna makanan warna coklat. Selain dicetakan dalam cetakan talam kue kaswih juga bisa di kukus menggunakan loyang ukuran besar, yang sebelumnya dioles minyak atau di lapisi plastik agar tidak lengkat. Setelah dingin potong-potong lalu taburi dengan kelapa kukus atau balut seluruh permukaan kue dengan kelapa. Menurut saya rasa kue kaswih ini mirip dengan ongol-ongol, teksturnya kenyal dan rasanya manis gurih.





KUIH KASWIH GULA MERAH

Bahan A :
1/2 cup gula pasir
3/4 cup gula merah 
250 ml air
1/2 sendok teh garam
1 lembar daun pandan, disimpul

Bahan B :
3/4 cup tepung beras
3/4 cup tepung tapioka
1/4 cup tepung maizena
400 ml santan
1 sendok makan air kapur

Taburan :

Kelapa parut, secukupnya
Sedikit garam halus
1 lembar daun pandan, diikat
*Campur semua bahan lalu kukus selama 15 menit

Cara membuat :
  1. Masak semua bahan A sampai gula larut, biarkan dingin, kemudian saring. Sisihkan.
  2. Panaskan kukusan, balut tutup kukusan dengan lap bersih. Olesi cetakan kue talam atau loyang ukuran besar dengan sedikit minyak. Sisihkan.
  3. Dalam mangkuk besar, satukan tepung beras, tapioka dan maizena , aduk rata. Tuang air gula, aduk rata dengan whisk. 
  4. Masukkan santan dan air kapur. Aduk rata dan saring.
  5. Tuang dalam cetakan talam, kukus selama 25-30 menit dengan api sedang. Angkat, dinginkan.
  6. Keluar kue dari cetakan, taburi kelapa parut. Sajikan.


Selamat mencoba....






2 komentar:

Unknown mengatakan...

Pengen nyoba buat tapi ga ada air kapurnya. Foto2nya cantik, Mba.

Juls Julie80 mengatakan...

Assalammualaikum Sis..

Salam Ziarah dari Malaysia ;)