Jumat, 27 Februari 2015

PANDAN CHIFFON CAKE



Bismilahirohmanirohim.
Alhamdulillah bisa buat chiffon cake lagi.... sudah lama kepengen makan chiffon pandan tapi belum terlaksana, karena loyang chiffonnya penyok dan bentuk nya jadi gak beraturan. Akhirnya nemu loyang chiffon pas lagi belanja bulanan, ngincernya sih loyang yang dari bahan teflon tapi kemaren adanya yang biasa... yo wes lah ra popo... daripada gak kesampean ngemil chiffon pandan cake.  Masih setia dengan resep nya NCC karena buat saya resep ini sudah pas manis nya, lembut dan enak. Dari resep ini saya memakai 7 butir putih telur dan 8 kuning telur, semua tergantung ukuran besar kecilnya telur. Agar adonan putih telur yang dikocok soft peak pilih telur yang masih segar dan baru, jangan telur yang sudah disimpan dalam kulkas. Saya tidak memakai cream of tartar dan saya ganti dengan 1 sendok teh air jeruk nipis, penambahan ini bertujuan untuk membuat putih telur mengembang putih dan kental atau apabila wisk mixer diangkat akan terbentuk ujung adonan yang tumpul.



Pandan Chiffon Cake
Resep : Fatmah Bahalwan

Adonan Pasta
50 gr Gula pasir
20 gr Susu bubuk full cream
20 gr Tepung maizena
140 gr Tepung terigu
1 sdt BPDA
100 ml minyak sayur
100 ml santan sedang
140 gr kuning telur
1 sdt pasta pandan

Adonan Putih Telur
300 ml Putih telur
150 gr Gula pasir
½ sdt Garam halus
1 sdt Cream of tartar (optional)

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven 150 derajat Celsius.
  2. Adonan pasta: Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena , tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
  3. Adonan putih telur: Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar (jika pakai) hingga puncak tumpul (soft peak).
  4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
  5. Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm tanpa dioles apa-apa. Panggang kurang lebih 90 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
  6. Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
  7. Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue.
  8. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji.


Selamat mencoba..... *_^






Tidak ada komentar: