Jumat, 31 Juli 2015

PENE PANGGANG KEJU, LEBIH PRAKTIS MENGGUNAKAN LOCK&LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE



Assalamualaikum wrwb.
Masih belum bisa move on dari males-malesan nih... soalnya bawaannya masih pengen mudik terus, masih kangen suasana ngumpul bareng keluarga dan jalan-jalannya hehee. Jadi postingannya pun masih sekitar makanan berbuka puasa beberapa minggu yang lalu. Buat pene panggang keju ini sudah jelas request nya anak-anak, mereka tuh pecinta pasta banget apalagi kalau pastanya dipakein keju... duuhh udah pasti favorit nya banget itu. Kebetulan saya punya stok saus bolognise atau saus dagingnya, jadi tinggal rebus pasta dan buat saus kejunya aja. Untuk pastanya bisa diganti dengan lasagna, spagheti atau makaroni, dan yang bikin lebih praktis karena manggangnya pake Lock&Lock Oven Glass Steam Hole. Ukurannya tidak terlalu besar dan pas buat ukuran keluarga kecil saya, apalagi ada tutup dan steam hole nya yang bikin makanan nggak gampang kering saat dipanaskan dalam microwave.



PENE PANGGANG KEJU

Bahan :
250 gram pasta pene
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
1 liter air

Saus daging :
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 siung bawang putih, cincang halus
1buah bawang bombay, cincang
500 gram daging sapi giling
5 buah sosis, potong bulat
500 gram tomat merah, kupas, haluskan
1 botol saus tomat
100 ml air
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk

2 sdt gula pasir
1 sdt oregano kering
1/2 sdt basil kering

Saus keju :
50 gram mentega/margarin
50 gram terigu
500 ml susu cair
125 gram keju cheddar parut
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Taburan :

50 gram keju cheddar parut
 

Cara membuat :
  1. Didihkan air, beri minyak goreng dan garam. Masukkan pasta pene. Rebus sampai aldente (kurleb 10 menit). Angkat. Tiriskan. 
  2. Saus daging : Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna, masukkan sosis aduk hingga layu. Tambahkan tomat, saus tomat dan air, didihkan. Bubuhi garam, merica bubuk, oregano, basil dan gula pasir. Masak dengan api kecil hingga mengental. Angkat. Sisihkan.
  3. Saus keju : Lelehkan mentega/margarin dengan api kecil. Masukkan terigu, aduk rata. Tuangi susu cair sambil terus diaduk di atas api kecil sampai halus dan lembut serta tidak menggumpal. Masukkan keju cheddar parut, merica bubuk dan pala bubuk. Angkat. Sisihkan.
  4. Olesi Lock&Lock Oven Glass Steam Hole  dengan margarin. Sisihkan.
  5. Campur pasta pene dengan saus daging aduk rata. Tuang campuran pene dan daging di Lock&Lock Oven Glass Steam Hole beri saus keju. Tuang lagi campuran pene dan saus keju, ulangi sampai habis. Akhiri dengan saus keju d bagian atas.
  6. Taburi dengan keju cheddar diatasnya. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 30-40 menit sampai bagian atasnya kuning sedikit kecoklatan dan matang.
  7. Keluarkan pene panggang dari oven, biarkan sebentar sekitar 10-15 menit agar pene sedikit set. Sajikan.



Keunggulan LOCK & LOCK OVEN GLASS STEAM HOLE  yaitu 
  1. Penampilannya ceria karena dilengkapi dengan tutup silicon yang warnanya cerah ditambah icon karakter yang lucu dan unik untuk steam holenya. 
  2. Ukuran  Lock&Lock Oven Glass Steam Hole pun kecil tidak terlalu besar jadi praktis buat dibawa pergi-pergi. 
  3. Material kaca Lock&Lock Oven Glass Steam Hole terbuat dari borosilicate yang aman digunakan dan tidak mudah pecah karena perubahan suhu panas.
  4. Tutupnya terbuat dari silicon yang aman dimasukan ke dalam microwave hingga suhu maximum 200'C. 
  5. Dibagian tutupnya terdapat steam hole (lubang udara) untuk sirkulasi udara pada saat dimasukkan ke dalam microwave, sehingga makanan tidak akan menjadi kering dan tidak menghilangkan cita rasa dari makanan.



Tidak ada komentar: