Sabtu, 19 September 2015

SAMBEL BAWANG CUMI ASIN



Bismillah.
Udah lama saya nggak ngeblog eh kok langsung sambel yang diposting. Huaaa... Bikin ngiler. Kok ngiler? Lah iya ini bikin nya udah lama, dan liat sambel ini kok perut langsung protes yaa krucuk-krucuk minta diisi hehee... 

Pastinya udah pada tahu dong sambel bawang ala bu Rudi yang fenomenal itu, sambel ini bikin pecinta pedas pada jatuh cinta termasuk saya. Pedesnya mantap... Kalau bikin ini gak pernah tahan lama, padahal niatnya pengen nyetok sambel buat persediaan tapi mana tahaaan. Membuat sambel bawang bisa juga dicampur dengan cumi asin, teri medan atau udang kering/ebi. Kebayang dong gimana maknyus nya ini sambel, wong cuma cabe sama bawang aja udah nagih kok ini ditambah cumi asin. Gleg... nelen ludah, lapaaarrr hihii... Kalau udah gini nggak perlutambahan lauk apa-apa lagi. cukup sambel dan nasi putih udah bikin timbangan badan jebol. Curcol!! 



Bahan :
250 gr bawang merah
250 gr cabe rawit (campur, ada yg hijau, oranye, dan merah)
1 sdt garam
1 sdt gula
1 sdm kaldu bubuk (optimal)
200ml  minyak goreng atau secukupnya
150 gr cumi asin
50 ml air

Cara Membuat :

- Rendam cumi asin dengan air panas selama 30 menit, tiriskan. Potong bulat.
- Kupas bawang merah. Cuci bersih cabe rawit dan bawang merah.
- Panaskan minyak. Masukkan bawang merah dan cabe rawit. Bawang dan cabenya utuh, gak perlu diiris atau dipotong. Goreng sampai baunya harum.
- Uleg atau haluskan bawang dan cabe rawit, tapi jangan terlalu halus asal hancur saja (saya pakai food procesor).
- Goreng lagi cabe yang sudah dihaluskan, tambahkan cumi asin aduk rata.
- Tambahkan garam, gula, bubuk kaldu dan sedikit air, aduk. Biarkan sampai air menyusut dan minyak berwarna kemerahan, angkat.

Selamat mencoba....



3 komentar:

Liya Aliycia mengatakan...

maknyus

linda salut mengatakan...

ngiler akuuuuu...padahal kemaren sore lihat sotong kering di toko,bingung mau bikin apa,ndak jadi beli dech.....thanks resepnya

berita terbaru mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.