Selasa, 02 September 2014

APPLE TURNOVERS





Apple turnover adalah pie yang diberi filling apple dan dilipat sehingga membentuk persegi panjang, segitiga atau bisa juga dibentuk seperti pastel. Bahan dan cara membuatnya sama dengan cara membuat apple pie pada umumnya, bedanya hanya pada bentuknya saja. Apple turnover ini lebih praktis disajikan secara personal, tidak perlu dipotong terlebih dahulu seperti kalau dibuat dalam loyang pie yang besar.

Untuk kulit pienya biasa diganti dengan puff pastry, sehingga hasilnya kulit lebih renyah dan berlapis. Selain dibuat turnover pie, sisa adonan crust dan fillingnya saya panggang menggunakan pinggan yang sebelumya dioles margarin. Jangan lupa memberikan lubang dibagian atasnya agar uap panasnya keluar dan kulit pie matang sampai bagian dalam.



Bahan crust/kulit :
250 gram terigu all pupose
2 sdm gula bubuk
175 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu
1/2 sdt garam
5 sdm air es 


Bahan filling :
3 buah apel granny smith
1 sdt air jeruk lemon
50-80 gula pasir halus/sesuai selera
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt pala bubuk
Sejumput garam
1 sdm maizena/terigu
25 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu kecil

Olesan :
1 kuning telur+1 sdm susu cair, kocok lepas

 
Cara membuat : 
  1. Kulit pie/crust.Campur terigu, gula bubuk dan garam. Aduk rata. Masukkan margarin/butter beku, proses dengan menggunakan pisau pastry (atau ujung-ujung jari) hingga adonan berbutir-butir. Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis. Hentikan penambahan air jika adonan dirasa sudah cukup kalis, atau tambahkan jika dirasa masih kering. Bungkus dengan plastik wrap. Istirahatkan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.
  2. Filling. Cuci bersih apel potong dadu kecil. Campur dengan air jeruk lemon. Aduk rata. Masukkan gula pasir halus, kayu manis bubuk, dan garam. Aduk rata. Simpan dalam lemari es minimal 30 menit hingga apel berair. Keluarkan dari lemari es. Taburi maizena dan aduk rata. Panaskan apel bersama juicenya di atas api hingga mengental dan apel agak lunak. Angkat. Sisihkan. Setelah filling dingin masukkan margarin/butter aduk rata.
  3. Ambil adonan, gilas tipis setebal kira-kira 0,5cm, potong persegi ukuran 8x8cm. Beri isian ditengahnya. Tangkup membentuk persegi panjang. Letakan dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti. beri lubang bagian atasnya. Rapatkan pinggirannya dengan garpuh, lalu olesi permukaannya dengan kuning telur.
  4. Panggang dengan suhu 170'C selama 20-30 menit atau sampai bagian permukaan kuning kecoklatan.
  5. Angkat, dinginkan dalam rak kawat. Boleh juga diberi taburan gula halus diatasnya.





Kami sekeluarga termasuk Pie Lover, baik itu pie yang dibuat asin atau yang manis-manis seperti apple pie ini. Semua suka pake bangeeettt.... dan pie dengan filling apel ini termasuk pie favorit keluarga saya. Silahkan dicoba yaaa.... semoga resep ini cocok untuk teman-teman dan keluarga ^^.





2 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

hadeuh... enaknya.... *ngeces* :)

Isna Sutanto mengatakan...

ayo bikin mba santi ;)