Senin, 15 Desember 2014

CAKE PUTIH TELUR WARNA-WARNI





Dalam rangka memanfaatkan stok putih telur dalam frezer yang sudah mulai banyak, akhirnya saya buat cake kukus. Saya hanya membuat setengah resep saja, yaitu menggunakan 300 gram atau sekitar 7-8 butir putih telur tergantung besar atau kecilnya ukuran telur. Agar warna dan motif cakenya menarik adonan saya bagi menjadi 5 bagian dan diberi pewarna sesuai selera. Cara menuangkan adonan dalam loyang agar terbentuk motif zebra warna-warni yaitu dimulai dari tengah loyang, tuang 1 sendok makan adonan ditengah lalu ambil 1 sendok makan adonan yang beda warna tuang di tengah adonan yang pertama. Lakukan berselang-seling dengan menuang adonan yang berbeda warnanya sampai habis. Apabila ingin membuat motif yang lebih simple dan cepet, adonan dapat dibagi menjadi 2 atau 3 bagian saja dan tuang menggunakan sendok sayur/centong. Maka akan didapat motif zebra yang lebih besar. Kreasikan saja sesuai dengan selera  masing-masing, bisa juga menggunakan loyang bulat untuk menghasilkan motif yang berbeda.

Kalau ditanya soal rasa dan tekstur cake ini, hasilnya lumayan lembut dan enaklah untuk cake yang hanya menggunakan putih telur saja. Jadi jangan dibayangkan cake ini akan segurih, seenak dan teksturnya selembut cake yang  menggunakan kuning telur yaa. Namanya juga memberdayakan bahan yang ada, daripada kebuang gitu aja hehe. Selamat mencoba yaa....



Bahan :
300 gr  putih telur
1/2 sdt garam
1 sdt emulsifier
130 gr gula pasir
150 gr tepung protein sedang
20 gr susu bubuk
50 ml santan kental instan
30 ml mentega leleh
1/2 sdt vanila bubuk
Pasta/pewarna makanan secukupnya

Cara membuat :
  1. Kocok putih telur, garam dan emulsifier sampai setengah mengembang.
  2. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk dan vanili bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Tambahkan santan dan mentega cair sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  5. Bagi adonan menjadi lima, beri pewarna pink, hijau, kuning, ungu dan orange. Aduk rata.
  6. Tuang satu sendok makan adonan di tengah loyang yang sudah dialasi kertas roti tanpa dioles margarin. Lanjutkan lagi dengan menuang adonan warna lain di tengah adonan yang sebelumnya. Lakukan secara berselang-seling sampai adonan habis.
  7. Kukus 30 menit didalam kukusan yang sudah dipanaskan. Angkat, dinginkan.








Tidak ada komentar: