Sabtu, 06 Desember 2014

BRAIDED CHOCOLATE BREAD



 Sebelumnya saya pernah membuat roti seperti ini hanya beda bentuknya saja yaitu braided nutella star bread. Masih memakai resep yang sama, tapi karena stok terigu protein sedang tinggal sedikit akhirnya saya campur dengan terigu protein tinggi. Saya membuat satu setengah resep dengan pemakaian terigu protein tinggi lebih banyak yaitu 400 gram dan protein sedang 200 gram. Sebaiknya untuk membuat roti yang dibentuk seperti ini menggunakan terigu protein sedang, terigu protein sedang membuat roti mudah dibentuk dan hasilnya tidak terlalu mengembang. Karena saya menggunakan protein tinggi jadi ketika dipanggang roti menjadi besar dan mengembang. Sebetulnya pakai terigu yang protein tinggi atau sedang sama saja, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Intinya kalau terigu protein tinggi membuat roti elastis dan mengembang, sedangkan protein sedang membuat adonan mudah untuk digilas tipis, dibentuk dan roti lebih empuk. Oleh karena itu kebanyakan resep roti menggunakan campuran kedua terigu ini, tujuannya yaitu agar menghasilkan roti yang mengembang dan empuk.



Bahan :
- 400 gram tepung protein tinggi
- 200 gram terigu protein sedang
- 2 sdm susu bubuk
- 100 gram gula pasir
- 1 sachet ragi nstant
- 3 kuning telur
- 75 gram margarin
- 1/2 sdt garam
- 280-320 ml susu cair
- coklat spread/nutela/ceres, untuk filling
- Putih telur, untuk olesan

Cara membuat :
  1. Panaskan susu cair hangat-hangat kuku, jangan terlalu panas karena dapat merusak kerja ragi. Angkat. Tambahkan ragi aduk rata diamkan 15 menit.
  2. Campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula dan garam, aduk rata. Masukan mentega, kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Kalau dirasa sudah kalis hentikan penambahan susu. Uleni sampai kalis elastis. Saya menggunakan bread maker.
  3. Tutup dengan serbet bersih atau plastik wrap, diamkan sampai mengembang dua kali lipat sekitar 45-60 menit.
  4. Kempeskan adonan, bagi menjadi 2 bagian. 1 bagian saya simpan difrezer, 1 bagian lagi saya bagi 2 untuk dibuat braided chocolate bread ini. Karena saya ingin membuatnya dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Giling tipis adonan sampai berbentuk persegi empat

 Olesi permukaannya dengan coklat spread/nutella, beri jarak 1cm disetiap sisinya agar tidak keluar saat digulung


Gulung adonan sambil ditekan.


 Padatkan adonan, rapihkan kedua ujungnya agar tidak ada coklat yang keluar.


 Belah adonan memanjang menjadi dua bagian.


Silangkan bagian yang kanan kekiri dan sebaliknya seperti membuat kepang.


Diamkan adonan selama 30 menit. Olesi bagian atasnya dengan putih telur atau susu evaporated. Panggang dengan suhu 200'C selama 20-25 menit sampai bagian atasnya kecoklatan.



Selamat mencoba.....




4 komentar:

Anna dina mengatakan...

Cantik mba...berarti 1 adonan bisa jadi berapa roti, 4 ya?

Isna Sutanto mengatakan...

haloo Anna dina....

klo ukurannya seperti yg saya buat bisa jadi 4. kalau mau lebih besar juga bisa, sesuaikan selera saja.

Anonim mengatakan...

kak isna, sisa adonan yg di simpan di freezeer bisa di buat roti apa ya? apakah adonan nya mirip dgn No Knee bread?

makasih,
dea-semarang

Isna Sutanto mengatakan...

hai dea....

bisa dibuat roti apa saja, setelah adonan dalam frezer di thawing/didiamkan disuhu ruang adonan diulenin lagi sebentar baru bentuk. adonan ini lebih elastis dan tidak lengket beda dengan no knee bread.