Senin, 12 Januari 2015

HOMEMADE BURGER BUNS & PATTY WITH MUSHROOM SAUCE, WITH LOCK&LOCK E-COOK DECO FRY PAN



Assalamualaikum.....

Idfb bersama Lock&Lock mengadakan challenge "Who is the best chef blogger?" challenge ini diadakan dalam rangka memperkenalkan produk baru dari Lock&Lock yaitu LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Lock&Lock adalah perusahaan Korea yang memproduksi peralatan rumah tangga dan dapur yang berdiri sejak 1978 dan penjualannya sudah ada di 15 negara. Selain storage container dari bahan plastic, Lock&Lock juga memproduksi peralatan rumah tangga dan dapur yang terbuat dari stainless steel, aluminium and glasswares. Saya yakin teman-teman semua sudah tahu tentang Lock&Lock. Merk yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kwalitasnya karena memproduksi produk-produk berupa wadah makanan atau minuman yang higienis, berkualitas dan terjangkau harganya.


Idfb diberikan kepercayaan dari Lock&Lock untuk mereview  LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan dan10 orang food blogger mendapat kehormatan untuk mencoba produk terbaru ini. Alhamdulillah saya termasuk dari salah seorang yang beruntung mencoba kemampuan  LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan ini. 

Burger homemade ini saya pilih untuk menguji kehebatan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Siapa bilang burger termasuk junk food atau  makanan sampah? Hamburger atau burger adalah makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty/daging, sayuran seperti selada, tomat, bombay dan ketimun dengan tambahan saus burger seperti mayones, saus tomat, saus sambal dan mustard. Ada juga yang menambahkan keju atau asinan untuk isian burgernya. Nah melihat isian burger yang lengkap akan gizi ini kayaknya predikat junk food tidak pas yaa disematkan pada burger. Apalagi kalau burger nya dibuat sendiri, seperti rotinya, patty dan sausnya,  pasti lebih higienis dan bahan-bahan yang digunakan pun berkualitas baik. Untuk mengerjakan semua tahapan yang panjang ini untungnya saya dibantu LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan, yang membuat memasak lebih menyenangkan dan hemat waktu karena tidak banyak peralatan dapur yang kotor. Dari memanggang daging, memanggang roti dan membuat saus jamur saya hanya menggunakan satu wajan saja, dan untuk membersihkannya pun cukup dilap menggunakan tisue atau serbet saja. Hemat waktu dan tenaga kan....





Tampilan warna cerah dan desain yang stylish akan membuat tampilan dapur menjadi menarik dan aktivitas memasak menjadi menyenangkan. LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan terdiri dari beberapa warna seperti merah, kuning dan hijau seperti yangg saya gunakan ini.



Terdapat lapisan anti lengket yang hanya membutuhkan sedikit minyak ketika memasak sehingga masakan menjadi lebih sehat. Makanan tidak akan menempel dan mudah untuk dibersihkan.



Pada bagian luat terdapat lapisan tahan panas yang akan mencegah masakan menjadi hangus. Panas yang merata akan dapat menghemat energi dan lebih nyaman ketika memasak



Pelat aluminium yang padat serta silikon pada pegangannya akan membuat nyaman ketika digunakan saat memasak, jadi tidak perlu lagi menggunakan lap/serbet untuk melapisi gagang fry pan ini saat terkena panas.



ROTI BURGER

200 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein sedang
6 gr atau 1/2 sachet ragi instant
1 sdm susu bubuk
25 gr gula pasir
1 butir telur
125-150 ml susu dingin
1/2 sdt garam
30 gr margarin

Olesan :
1 butir kuning telur
1 sdm susu cair
wijen untuk taburan

Cara membuat :
  1. Campur jadi satu terigu, ragi, susu bubuk, gula dan garam, aduk rata. Masukan telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Kalau dirasa sudah kalis hentikan penambahan susu. 
  2. Tambahkan margarin, uleni lagi sampai kalis elastis. Saya menggunakan bread maker.
  3. Tutup dengan serbet bersih atau plastik wrap, diamkan sampai mengembang dua kali lipat sekitar 45-60 menit. 
  4. Kempeskan adonan, uleni sebentar lalu bagi menjadi 8 bagian. Bulatkan adonan tata dalam loyang yang sudah dioles margarin atau dialasi silpat. Diamkan 30 menit.
  5. Oles dengan campuran kuning telur dan susu cair, taburi wijen. Panggang pada suhu 190-200'C selama 15 menit atau sampai kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.



Daging burger/patty ini saya buat dengan menambahkan wortel parut, karena akhir-akhir ini anak-anak lagi anti makan sayuran. Untuk lebih mudah dan praktis bisa juga menggunakan food procesor  untuk menghaluskan wortel. Panggang patty sampai kedua sisinya kecoklatan dengan api sedang. Apabila ingin disimpan untuk persedian, simpan daging yang sudah dipanggang dalam wadah tertutup lalu simpan difrezer. Jika ingin digunakan thawing patty disuhu ruang
 lalu panaskan diatas wajan tanpa minyak.

DAGING BURGER/PATTY

350 gr daging sapi giling
1 buah bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih
1/2 buah wortel ukuran besar, parut halus
1 butir telur
80 gr tepung panir
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt gula pasir
garam secukupnya

Campur daging sapi dengan semua bahan bumbu jadi satu, aduk rata. Bagi menjadi 9 buah bulatan lalu pipihkan. Panggang menggunakan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan tanpa minyak hingga matang dan kecoklatan.

SAUS JAMUR

1 sdm mentega
1/2 buah bawang bombay, cincang
100 gr jamur kancing, iris tipis
1 sdm tepung terigu
250 ml susu segar
50 gr keju cheddar parut
½ sdt merica
1 sdt garam


Cara membuat:
Tumis bawang bombay menggunakan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan hingga layu.
Masukkan jamur, aduk hingga kecokelatan.
Taburi tepung terigu, aduk hingga rata.
Tuangi susu dan keju parut sambil diaduk hingga kental.
Tambahkan merica, gula pasir dan garam, aduk hingga mendidih lalu angkat.

Karena menggunakan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan membuat saus jamur jadi mudah, saus tidak menempel di fry pan dan tidak cepat gosong. Karena bagian luat terdapat lapisan tahan panas yang akan mencegah masakan menjadi hangus. Panasnya pun merata keseluruh fry pan jadi dapat menghemat energi dan lebih nyaman ketika memasak.





Untuk membersihkan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan setelah membuat saus jamur cukup dengan menggunakan tisue yang dilap dipermukaan fry pan, setelah itu baru gunakan untuk memanggang roti burger. LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan mudah dibersihkan karena terdapat lapisan anti lengket yang membuat kegiatan memasak menjadi lebih cepat dan hemat waktu tanpa harus mencuci fry pan. Dalam sekali memasak saya hanya menggunakan satu wajan saja, padahal dalam membuat burger ini saya sudah tiga kali menggunakan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan tanpa harus dicuci setiap saya mau menggunakannya. 

Sedikit tips agar lapisan anti lengket pada LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan tetap terjaga dan tidak mudah tergores yaitu sebaiknya fry pan tidak dicuci dalam keadaan masih panas. Setelah selesai digunakan biarkan fry pan dingin terlebih dahulu. Baru setelah itu cuci fry pan dengan spon yang lembut lalu bilas.



Setelah daging burger dan saus jamur siap, panaskan satu sendok teh margarin dalam LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan untuk memanggang roti burger. Tidak menggunakan margarin pun bisa, ini sengaja saya tambahkan margarine agar roti menjadi gurih. Panggang ke dua sisi roti sampai kecoklatan, angkat. 

Penyelesaian :  Ambil roti burger yang sudah diiris, beri saus tomat/saus sambel/mayonaise, tambahkan daun selada, tomat, dan ketimun. Beri daging burger, saus jamur dan mustard bila suka. Tumpuk roti, sajikan dengan kentang goreng atau salad.


Alhamdulillah..... puas rasanya menikmati burger yang dibuat sendiri, dari rotinya, daging burger sampai sausnya. Dan yang paling membahagiakan adalah anak-anak suka banget dan komentar kakak Kayla "enak burger buatan mama dari pada yang biasanya beli.... mama hebat banget sih bisa bikin burger sendiri". Hati ibu mana coba yang gak meleleh.. langsung terbang kelangit ketujuh kalau dapet komentar gitu hehee... lebay banget sih *_^



Who is The Best Chef Blogger Challenge dapat dilihat di website IDFB yaitu www. indonesianfoodblogger.com





9 komentar:

andrianykh mengatakan...

Beli pannya d mn bu? N harga berapa.? Mau beli jg hehe..

Monica Rampo mengatakan...

mba Isna,
salam kenal..mba mau tanya..pakai ragi kan mba? ragi instannya pakai berapa banyak ya?
makasih ya..

ivonie zahra mengatakan...

Wah warna pan kita sama mbak isna ^_^
Burgernya menggoda sangat hehehe

Wulan mengatakan...

Mbaaaa....keren bangetttt.....pasti rasanya seyummmeh tampilannya nih...aku mo nyomot satu yaaa...ngiler mbaaaa......

Isna Sutanto mengatakan...

Haloo Andrianykh....
pan bisa didapat di lazada or supermarket, sekitar 250rb.

Isna Sutanto mengatakan...

Hai Monica.....
Pakai ragi 6 gram atau setengah sachet, resep udah di ralat mba... maap kelupaan.

Isna Sutanto mengatakan...

halo mba ivonie...

Asyiiikkkk samaan.... jadi semangat masak yaa pake pan keceh hihiii...

andriany firdaus mengatakan...

Sdh coba burgerx mbak.. tp sy tdk pake daun selada jdx kurang seger tp terbantu rasax dg ketimun sm tomat seger.. thx mbak resepnya..

Isna Sutanto mengatakan...

haii andriany....

makasih sudah coba resepnya, semoga suka yaa mba :)timun n tomat juga seger tuh mba...