Selasa, 27 Januari 2015

LUMPIA GORENG DENGAN LOCK&LOCK E-COOK DECO FRY PAN





Bismillah...
Akhir-akhir ini hampir setiap sore hujan, dan kalau musim hujan gini paling cocok ngemil yang hangat-hangat. Kalau dirumah favoritnya makan gorengan, apalagi kalau dimakannya waktu masih panas plus cabe rawit hmmm.... mantap banget deh. Setelah kemarin membuat Burger Homemade menggunakan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan, sekarang giliran membuat lumpia goreng. Biasanya kalau membuat lumpia goreng saya selelu membeli kulit lumpia siap pakai. Tapi karena sekarang sudah ada LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan ya mending buat kulit lumpia sendiri dong. Karena sebelum ada LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan urusan membuat kulit lumpia jadi masalah buat saya, sering kali adonan menempel pada dasar wajan dan adonan tidak menyebar merata keseluruh wajan. Kalau sekarang membuat kulit lumpia jadi mudah dan cepat, karena adonan tidak menempel di wajan dan panasnya pun merata ke seluruh permukaan wajan. Apalagi wajan yang digunakan cukup satu saja dan agar lapisan anti lengketnya tidak cepat rusak jangan mencuci wajan dalam keadaan panas. Jadi apabila wajan masih panas tapi mau digunakan lagi, untuk membersihkannya bisa dengan tissue yang dilap ke permukaan wajan. Setelah proses memasak selesai semua baru dinginkan dan cuci LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan.

Rencana ingin membuat lumpia Semarang yang memakai isian rebung, tapi karena rebungnya tidak ada  jadi saya skip saja rebungnya dan saya ganti sayurannya dengan wortel dan tauge. Kalau menurut saya yang menjadi isian lumpia ini enak yaitu penambahan ebi/udang kering nya. Rasanya jadi lebih gurih dan aromanya khas. Lumpia paling enak disajikan dengan saus dan irisan cabe rawit, ada juga yang membuat saus lumpia dengan tambahan petis.



Bahan kulit lumpia :
200 gr tepung terigu
1 butir putih telur
400 ml air
garam secukupnya

Cara membuat :
- Campur tepung terigu dan garam aduk rata. Masukkan putih telur.
- Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk menggunakan hand wisk sampai adonan tercampur rata dan licin.
- Diamkan adonan selama 30 menit.
- Ambil satu sendok sayur adonan, buat dadar tipis menggunakan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Lakukan sampai adonan habis.


Bahan Isian lumpia :
1 buah dada ayam fillet, cincang/digiling
4 siung bawang putih, dihaluskan
1 sdm ebi, disangrai, dihaluskan
150 gram rebung, dipotong korek api (saya nggak pakai)
1 buah wortel, dipotong korek api
50 gram taoge
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdm kecap ikan
1 batang daun bawang, diiris tipis
1 sdm minyak, untuk menumis



Cara membuat :
- Panaskan minyak dalam LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan.
- Tumis bawang putih dan ebi sampai harum.
- Masukkan ayam giling aduk sampai ayam berubah warna dan matang.
- Masukan rebung (saya gak pake) dan wortel. Aduk hingga setengah layu.
- Masukan tauge, garam, merica bubuk, kecap ikan. Aduk sampai bumbu meresap.
- Tambahkan daun bawang, aduk rata. Sisihkan.


Penyelesaian :
- Siapkan talenan, silicon mat, plastik atau daun pisang yang dioles sedikit minyak goreng.
- Ambil satu lembar kulit lumpia,  beri 1 sdm bahan isian lipat lalu gulung.
- Beri putih telur atau terigu yang diberi sedikit air sebagai lem.
- Oleskan pada ujung kulit lumpia, lakukan sampai habis.



Menggoreng lumpia :
- Sebelum dipakai untuk menggoreng bersihkan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan yang sebelumnya digunakan untuk menumis dengan tissue. 
- Panaskan minyak untuk menggoreng, tanda minyak sudah panas yaitu, apabila di celupkan sutil kayu maka di sekitar sutil kayu akan timbul gelembung kecil.
- Goreng lumpia sampai kuning kecoklatan dan kering. Angkat, tiriskan.




Menikmati lumpia paling enak dengan cocolan sausnya, saus yang saya buat ini cukup praktis dan simple. Kalau suka saus yang rasanya asem bisa tambahkan larutan asam jawa atau bisa juga memakai petis. Cara menyajikan lumpia bisa dengan memotong lumpia menjadi beberapa bagian, tuang saus dan taburan cabe rawit potong diatasnya. Oiya bisa juga loh menikmati lumpia goreng dengan acar ketimun, tapi kali ini saya enggak bikin karena kelupaan hehee.. tapi tanpa acar pun tidak mengurang nikmatnya makan lumpia goreng loh... gak percaya? Silahkan dicoba dan buktikan sendiri :)


SAUS LUMPIA

Bahan :
50 gram gula merah
1 sdm tepung kanji larutkan dengan sedikit air
200 ml air

Bumbu halus :
3 buah cabe rawit merah/ sesuai selera
2 buah cabe merah (saya gak pake)
2 siung bawang putih
garam secukupnya

Cara membuat :
Rebus bumbu halus, gula merah dan air sampai mendidih dan gula larut. Masukan larutan tepung kanji, aduk sampai tercampur dan saus menjadi kental. Setelah saus meletup-letup angkat. Siap disajikan bersama lumpia goreng.





Fitur utama LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan :

Colorful kitchen. 
Tampilan warna cerah dan desain yang stylish akan membuat tampilan dapur menjadi menarik dan aktivitas memasak menjadi menyenangkan. LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan terdiri dari beberapa warna seperti merah, kuning dan hijau.
Nyaman ketika digunakan.
Pelat aluminium yang padat serta silikon pada pegangannya akan membuat nyaman ketika digunakan saat memasak.
Tahan terhadap panas.
Pada bagian luar terdapat lapisan tahan panas yang akan mencegah masakan menjadi hangus. Panas yang merata akan dapat menghemat energi dan lebih nyaman ketika memasak.
Lapisan anti lengket.
Terdapat lapisan anti lengket yang hanya membutuhkan sedikit minyak ketika memasak sehingga masakan menjadi lebih sehat.
Mudah dibersihkan.
Makanan tidak akan menempel dan mudah untuk dibersihkan.


Tidak ada komentar: