Rabu, 07 Oktober 2015

GULAI KAMBING



Bismillah.
Ini pertama kali nya saya olah gulai kambing sendiri, kalau masak daging kambing sendiri yaa setahun sekali aja pas Idul Adha. Kaya daging ini saya dapat waktu Idul Adha kemarin. Saya suka sekali makan sate dan sop kaki kambing, apalagi kakak Kay paling hobby deh kalau diajak makan sop kambing dan pernah minta mamanya buat bikin sendiri. Tapi kok kalau untuk masak sendiri kadang bau daging kambing yang khas itu masih kecium yaa, makanya saya lebih sering makan diluar daripada ngolah sendiri dan cari tempat makan yang dagingnya tidak menyengat, bersih dan pastinya enak dong.

Waktu dapat bagian daging kambing, si ayah udah request minta dibikinin gulai kambing. Sebetulnya saya males loh bikin macem-macem dan niatnya mau buat sate aja yang simple, tapi karena udah direquest yaa gimana lagi hehee... gak mungkin nolak kan.

Ini saya pakai resep gulai kambingnya NCC, ada beberapa yang saya skip dan saya ganti karena menyesuaikan stok bumbu di dapur. Resep aslinya bisa dicek disini yaa dan untuk hasilnya  saya puas banget sama resep ini. Karena yang saya khawatirkan yaitu masalah bau khas si daging alhamdulillah loh gak kecium, kuahnya pun gurih dan aroma rempahnya kuat. Ternyata tips nya yaitu rebus air sampai benar-benar mendidih  baru masukkan daging kambingnya, cara seperti ini untuk menghindari aroma kambing yang tajam. Ditambah rempah daun-daunan dan rempah bumbu yang lengkap akan menghasilkan gulai sedap dengan aroma wangi yang menggugah selera.





Bahan :
2 kg daging kambing campur tulang
4 ltr air

5 sdm   minyak sayur.
1 bh bawang Bombay, iris tipis (saya skip)
4 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
2 btg sereh, digeprek
5 cm kayu manis
4 btr cengkeh
250ml santan kental
1 sdt lada bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Bumbu halus :
3 sdm ketumbar disangrai
1 sdt  jinten putih disangrai
1 sdt kelabet (saya gak pakai)
5 btr kapulaga
8 btr bawang putih
12 bh bawang merah
3 cm jahe
5 cm lengkuas
3 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Didihkan air, masukkan daging kambing, biarkan sampai mendidih lagi. Beri daun jeruk, daun salam, kayu manis, dan cengkeh.
  2. Panaskan minyak sayur dalam wajan, masukkan sereh, goreng sebentar hingga wangi. Masukkan bawang bombay, tumis hingga layu. Masukkan bumbu halus, tumis hingga wangi dan matang. Beri sedikit kuah daging, aduk-aduk.
  3. Tuang bumbu kedalam panci daging tambahkan lada bubuk dan pala bubuk, rebus terus hingga daging empuk. Tuang santan kental, didihkan sekali lagi. Angkat.
  4. Sajikan dengan bawang goreng dan pelengkap acar sesuai selera.


Selamat mencoba....





2 komentar:

Juls Julie80 mengatakan...

Assalam Sis..

sedapnya sis... boleh dicuba ni resepi dari Indonesia.. :)

julie.

Miranti Sagita mengatakan...

alasnya cakep mbak, aku cari2 alas foto model pintu susah amet